4 Tips Ampuh Mengatur Keuangan Untuk Anda yang Bergaji Kecil

4 Tips Ampuh Mengatur Keuangan Untuk Anda yang Bergaji Kecil

Banyak orang yang kondisi keuangannya morat-marit berdalih kalau gajinya yang kecil merupakan biang keladi dari permasalahan keuangan yang ia hadapi. Padahal, terkadang masalah justru timbul karena kesalahan dalam mengelola keuangan. Gaji yang kecil sekalipun, masih bisa diotak-atik sedemikian rupa agar bisa memenuhi kebutuhan Anda, bahkan bisa digunakan untuk berinvestasi. Kuncinya ialah disiplin dalam mengatur keuangan.

Selain disiplin dalam mengatur keuangan, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit tips cerdas untuk mengatur keuangan khususnya bagi Anda yang bergaji kecil. Meskipun Anda tentunya tidak menginginkan memiliki gaji kecil terus selamanya, tapi hitung-hitung menjadi bahan belajar agar lebih bijak dalam mengatur keuangan jika kelak sudah bergaji besar. Apa saja tipsnya? Simak ulasan di bawah ini!

  1. Buatlah Rencana Keuangan

Untuk mempermudah dalam mengatur gaji, Anda harus membuat rencana keuangan setiap bulan. Cantumkanlah anggaran belanja bulanan, konsumsi, transportasi, dan sumbangan seperti anggaran kondangan pernikahan kerabat. Anda juga bisa menganggarkan dana kesehatan  dan refreshing jika memang diperlukan. Anda juga harus tetap menyishkan gaji untuk tabungan meskipun kecil. Sesuaikan anggaran dengan gaji yang Anda miliki.
Cara mengatur gaji bulanan yang kecil
Cara mengatur gaji bulanan yang kecil



  1. Patuhi Rencana Keuangan yang Telah Dibuat

Rencana keuangan sebagus apapun yang telah Anda buat, akan jadi percuma jika tidak dipatuhi. Berusahalah semaksimal mungkin untuk mematuhinya. Tahan keinginan Anda sementara waktu. Jika ada sisa dari setiap pos anggaran, jangan digunakan untuk berfoya-foya. Tabunglah uang sisa bulanan tersebut dan bedakan tempat penyimpanan untuk setiap posnya. Dana ini bisa Anda gunakan jika ada kebutuhan yang sangat mendesak. Ingat, kebutuhan mendesak. Bukan keinginan.

  1. Berhemat Dengan Trik

Anda harus menggunakan trik agar bisa berhemat dalam segala bidang. Sebagai contoh, untuk hemat pulsa dan paket data, selalu gunakanlah wifi di tempat-tempat yang menyediakannya dimanapun berada. Dalam hal belanja bulanan, Anda dapat memilih toko  grosiran atau memanfaatkan promo-promo dan diskon pada minimarket atau swalayan di sekitar Anda. Untuk makanan, Anda bisa memasak sendiri agar lebih hemat. Jadi, mulai sekarang pintar-pintarlah memanfaatkan peluang.

  1. Cobalah untuk Memulai Investasi

Jika Anda masih berfikiran tidak mungkin untuk berinvestasi dengan gaji Anda yang kecil, rubahlah pola pikir tersebut mulai sekarang. Anda tentu tidak lupa menyisihkan dana tabungan dari gaji bulanan Anda bukan? Jika kira-kira dana yang terkumpul sudah cukup untuk berinvestasi maka ambillah dana tersebut. Anda juga bisa menggunakan dana sisa setiap bulan untuk menambah kekurangan modal investasi Anda. Jangan terlalu lama membiarkan uang Anda mengendap dalam tabungan Bank. Mengapa demikian? Karena, meskipun Anda mendapat bunga namun juga terdapat potongan administrasi. Kalaupun tidak ada potongan administrasi, namun bunga yang diberikan Bank terhitung sangat kecil dibandingkan nilai inflasi per tahunnya. Untuk itu, segeralah untuk berinvestasi.

Demikianlah sedikit tips mengatur keuangan untuk Anda yang bergaji kecil. Tentunya sembari belajar mengatur keuangan dengan lebih bagus, Anda juga sebaiknya terus berusaha untuk meningkatkan penghasilan Anda. Salam
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar