4 Cara Menghemat Biaya Listrik di Rumah

4 Cara Menghemat Biaya Listrik di Rumah

Biasanya hal ini dialami para ibu yang bingung mengatur keuangan yang sering membengkak akibat tagihan listrik di luar budget. Penggunaan listrik yang tidak terkontrol membuat konsumsi listrik rumah tangga meningkat tajam.

Mengingat bahwa ketersediaan energi listrik yang disediakan Pemerintah jumlahnya terbatas, sementara kebutuhan kita dalam mengonsumsi listrik tidak pernah selesai, maka untuk meminimalisir bengkaknya tagihan listrik harus disiasati dengan pola hidup hemat energi. Terutama untuk energi listrik. Kerap kali kita memiliki kebiasaan yang buruk dengan menggunakan listrik seperti lampu yang menyala pada saat siang hari atau saat kita tidur. Efeknya terasa setelah diakumulasi pada akhir bulan saat kita mendapat tagihan biaya listrik.


Untuk menghindari hal tersebut, beberapa cara dan tips untuk menghemat listrik ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari :

4 Cara menghemat listrik rumah tangga


1. Gunakan Alat Elektonik Seperlunya.

Gunakan alat elektronik seperlunya seperti lampu, handphone, televisi, radio, rice cooker, dispenser, water heater (pemanas air), pompa air, setrika, mesin cuci, charger baterai recharge atau handphone, komputer, oven listrik, kompor listrik, CCTV, DVD  dan sebagainya. Matikan alat tersebut bila sudah tidak digunakan.
2. Pilihlah Alat Elektronik yang Hemat Energi.

Alat elektronik yang hemat energi dengan watt lebih kecil tentunya mengurangi konsumsi dan biaya listrik yang dikeluarkan.
3. Gunakan Listrik Sistem Pulsa

Bila anda termasuk konsumtif atau tidak terbiasa mengatur penghematan energi, anda dapat melakukan pemasangan listrik dengan pola prabayar dengan sistem pulsa. Isilah setiap bulan pulsa listrik anda dan selalu cek sisa saldo. Kurangi pemakaian listrik yang terlihat menguras pulsa listrik anda. Bila anda sudah harus mengisi kembali pulsa sebelum batas waktu dari budget anda, kurangi atau hentikan beberapa konsumsi tertier seperti AC, kulkas, komputer, atau televisi.

4. Gunakan / Manfaatkan Energi Terbarukan

Teknologi Energi Terbarukan yang membantu menghemat biaya listrik yang disediakan Pemerintah. Bila anda memiliki sumber energi di sekitar anda yang dapat diolah menjadi sumber energi listrik. Beberapa jenis instalasi yang dapat anda lakukan dan banyak anda jumpai ialah menggunakan panel surya di atap rumah anda untuk mendapatkan energi listrik gratis. Atau bila terdapat sungai atau air terjun di sekitar rumah anda dapat menyambungkan pada kincir dan generator sebagai pembangkit tenaga listrik yang bebas dari tagihan listrik. Anda juga dapat memanfaatkan energi panas bumi, energi es, energi sampah atau hal lainnya yang dapat dirubah menjadi sumber energi listrik.

Cara di atas merupakan beberapa alternatif yang bisa diterapkan dalam tujuannya menghemat penggunaan listrik dan menghemat biaya tagihan listrik. Mengingat bumi kita juga sudah cukup tua dan isu-isu energi yang sedang gencar disuarakan, tidak ada salahnya kita turut berpartisipasi dalam penghematan penggunaan energi listrik. Selain untuk kepentingan anak cucu kita nantinya supaya bisa menggunakan energi-energi ini, kita juga dibebaskan dari biaya tagihan yang membengkak dan bisa mengalokasikan dana untuk kepentingan lain yang masuk dalam daftar prioritas kebutuhan harian Anda. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar