3 Tips Menghafal yang Menyenangkan

3 Tips Menghafal yang Menyenangkan

Saudara- saudari terntunya memiliki banyak kegiatan yang menuntut otak untuk melakukan berbagai kegiatan. Namun seringkali karena terlalu banyak kesibukan akhirnya kita lupa dengan beberapa janji dan kegiatan. Atau untuk adik-adik yang wajib menghafal pelajaran sekolah, tentunya harus memiliki trik menghafal cepat dan mudah diingat. Bila tidak nilai ujian tentu tidak akan memuaskan bahkan harus mengulang. Padahal belum tentu ada kesempatan kedua bila kita mengalami gagal dalam ujian.

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips untuk mengingat dengan lebih mudah hal penting, jadwal, janji, rumus, nama dan tempat.
Cara menghafal dengan cepat dan mudah diingat
Cara menghafal dengan cepat dan mudah diingat

  1. Tulis semua janji di gadget anda dan set alarm, bila tempat janji dekat rumah kita set 1 jam sebelum waktu janji.
    Untuk janji yang membutuhkan persiapan seperti meeting dengan klien, pidato atau kesepakatan, buatlah pengingat/ reminder untuk mempersiapkan presentasi, naskah pidato dan kontrak kerja. Jangan lupa buat juga reminder untuk menyiapkan baju, kendaraan dan hal lainnya yang harus disiapkan. Misal : anda memiliki janji meeting dengan client tanggal 1 September jam 3 sore. Buatlah reminder/ alarm pukul 12 siang untuk mandi, persiapkan baju dan aksesoris dan kendaraan. Jam 1 reminder dokumen yang akan dibawa harus sudah siap. Jam 2 anda siap melaju ke tempat meeting dengan kendaraan yang sudah disiapkan.

  2. Untuk mengingat nama orang, rumus, tempat, hafalan gunakan kata-kata lucu atau singkatan yang mudah diingat.
    Misal : Nama Pelangi kita singkat Mejikuhibiniu (Merah Jingga Kuning Hijau Biru Nila Ungu).

  3. Untuk hafalan yang panjang, bisa dihafal dengan mengganti lirik lagu kesukaan anda dengan hal yang ingin kita ingat.
    Misal : lagu bang jali refrennya di ganti dengan Nama-nama Presiden, Soekarno, Soeharto, Habibie, Megawati... Sby dan Jokowi presiden Indonesia. Nah, trik ini tentunya sangat membantu untuk adik-adik yang harus banyak menghafal rumus dan sejarah.
Dijamin dengan cara menghafal seperti di atas, semoga anda terbantu untuk mengingat.(SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar