10 Tips Bebaskan Balita dari Cacingan

10 Tips Bebaskan Balita dari Cacingan

Bunda, menjaga kesehatan balita kita merupakan salah satu tugas penting kita sebagai ibu. Tentunya kita mensiasatinya dengan selalu memberi makanan bergizi dan  kegiatan positif pada balita kita, agar putera-puteri bunda tumbuh sehat dan cerdas.
Tetapi, bagaimana bila ternyata balita kita terkena cacingan? Cacingan dapat mengakibatkan balita tidak nafsu makan dan tentunya menghambat pertumbuhan badan dan mengurangi tingkat kecerdasannya.

Untuk mengatasi cacingan pada balita, bunda dapat lakukan beberapa tips berikut ini :

1. Perhatikan Lingkungan dan Tempat Bermain Balita


Balita tentu senang sekali meniru berbagai hal menarik baik positif atau negatif karena 0-5 tahun merupakan masa anak mencoba segala sesuatu. Sebaiknya kita selalu memperhatikan kebersihan tempat balita kita bermain. Kebiasaan seperti memasukkan jari ke mulut, memegang mainan kotor dan tidak membasuh tangan saat makan merupakan faktor utama penyebab cacingan. Ada juga hal lain seperti balita yang senang meniru hewan peliharaan, misalnya makan makanan yang sudah jatuh ke lantai atau tanah. Untuk itu, berikan arahan dan jauhkan balita kita dari perilaku lingkungan yang membahayakan kesehatannya.

[caption id="attachment_1911" align="aligncenter" width="635"]Cacingan pada anak Cacingan pada anak (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

2. Berikan Obat Cacing


Bila sudah yakin terkena cacingan, segera berikan Obat Cacing dengan dosis sesuai usianya. Berikan Obat Cacing hingga sembuh bila memang balita kita belum terbebas dari cacingan (konsultasikan dosis dengan dokter). Untuk pencegahan, berikan obat cacing mulai usia 1 tahun setiap 6 bulan sekali.

3. Berikan Curcuma dan Vitamin


Curcuma dan Vitamin merupakan penambah nafsu makan yang dapat membantu balita lebih kuat dan pertumbuhannya tidak terhambat.

4. Konsumsi Bawang Putih, Sayur Wortel dan Kelapa


Berikan irisan bawang putih pada menu makanan balita karena bawang putih bersifat alami mampu membasmi telur cacing yang ada di dalam perut. Selain itu, rajinlah memberi sayuran wortel berkuah santan kelapa untuk balita, karena dapat membantu mengeluarkan cacing pada tubuh.

5. Pisahkan Pakaian Balita yang Cacingan


Cucilah pakaian balita yang terkena cacingan secara menyeluruh dan terpisah dari pakaian orang sehat. Anda dapat merendamnya terlebih dahulu  dengan air mendidih agar telur cacing yang menempel pada pakaian balita anda dapat mati.

6. Cuci seluruh mainan balita dengan sabun dan rendam dengan air panas.
7. Bersihkan tempat tidur dan tempat main balita.


Ganti dan cuci sprei kasur anak secara rutin. Rendamlah terlebih dulu dengan air panas kemudian dicuci dengan sabun, lalu dibilas hingga bersih. Jemurlah bantal dan kasur agar terbebas dari telur cacing yang menempel. Jangan lupa membersihkan lantai rumah dan kamar mandi.

8. Memakai Alas Kaki dan Mencuci Tangan


Ajarkan kebiasaan pada balita agar mengenakan alas kaki saat di luar rumah. Biasakan pula setiap kali selesai bermain, sebelum dan sesudah makan mencuci tangan terlebih dahulu.

9. Bunda pun dapat memeriksa spons pencuci piring dan alat makan.


Rajinlah merendam dengan air panas atau mengganti spons pencuci piring. Karena jutaan bakteri dari sisa makanan bisa menempel pada spons dan berakibat buruk pada kita yang menggunakan alat makan dari hasil mencuci dengan spons yang terkena bakteri.

10. Cuci bersih tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan.


Semoga tips ini dapat membantu bunda memulihkan balitanya hingga terbebas dari cacingan. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar