Tips Merawat Lantai Rumah

Tips Merawat Lantai Rumah

Apa kabar bunda?
Tentunya kesibukan sehari-hari di rumah tidak jauh dari kegiatan mengurus anak, merapikan dan membersihkan rumah di rumah. Kegiatan harian ini lumayan menyita waktu kita. Terutama anda yang memiliki anak balita. Rumah kita harus tetap terlihat rapi dan bersih. Kebersihan sangat penting karena balita biasanya senang bermain di lantai.

Untuk lantai yang berbahan keramik kita, bisa menggunakan pembersih lantai yang mengandung antiseptik (pembasmi bakteri/ kuman). Seminggu sekali ada baiknya kita membersihkan nat dan lantai keramik kita dengan pembersih khusus porselen. Bila kotoran sudah sangat menempel gunakan sikat gigi untuk celah keramik (nat). Untuk noda kuning yang membandel kita bisa gunakan sabut pencuci piring yang agak kasar. Gunakan bersama dengan pembersih keramik. Bila kotoran sudah membandel siram permukaan lantai yang bernoda, diamkan dulu beberapa menit lalu sikat dengan sabut cuci piring bergantian dengan alat pengorek cat dinding, gunakan hati-hati jangan terlalu keras karena bisa menggores lantai keramik.

[caption id="attachment_1658" align="aligncenter" width="535"]Tips merawat lantai Tips merawat lantai (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Tidak hanya lantai keramik, tips ini juga berguna untuk lantai kamar mandi dan bak mandi dari bahan keramik. Bila nat keramik sudah tipis, gunakan semen warna sesuai dengan warna keramik, harganya terjangkau dapat dibeli di toko bahan bangunan terdekat.

Untuk lantai yang terbuat dari bahan kayu, gunakan lap pel dengan pembersih kayu. Setiap 6 bulan sekali bila lantai terlihat kusam, gunakan pernis untuk mengkilapkan lantai sehingga selain untuk keindahan juga menghindari rayap. Bila ada tumpahan air segera lap kering agar warna kayu tetap dan tidak mudah lapuk.

Untuk lantai yang dilapisi plastik, baiknya dijaga dari benda panas dan gesekan keras karena bisa merusak lapis plastik. Gunakan selotip bening lebar untuk bagian lapis lantai plastik yang sobek agar kotoran tidak mudah terselip. Biasanya bagian bawah plastik dan permukaan tanah bila dibuka akan terlihat basah. Bila lama tidak dibersihkan akan berwarna putih (jamur). Angkatlah dan cuci dengan sabun. Keringkan dan gunakan kembali sebagai alas lantai rumah anda.

Rumah yang terawat membuat penghuninya betah di rumah. Juga tamu yang berkunjung lebih merasa nyaman dan senang bertamu di rumah anda.

Semoga berguna dan selamat mencoba. (SRH)




Sumber: Pengalaman Pribadi
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar