Kulit Kusam Karena Polusi Udara? Atasi Dengan 4 Tips Ini

Kulit Kusam Karena Polusi Udara? Atasi Dengan 4 Tips Ini

Polusi, khususnya polusi udara memang menjadi masalah serius terutama di kota-kota besar. Tidak hanya menyebabkan gangguan kesehatan, polusi udara juga menyebabkan kulit menjadi kusam. Padahal, sulit sekali menghindari polusi jenis ini dengan berdiam diri di rumah sementara Anda memiliki segudang aktivitas di luar sana. Namun jangan takut. Anda akan terhindar dari kulit kusam asal rutin melakukan 4 hal ini. Penasaran? Simak ulasan di bawah ini.

  1. Gunakan Masker Ketika Terpaksa keluar Di Jam-Jam Sibuk


Anda memang sebaiknya tidak keluar rumah pada jam-jam sibuk, yakni pada jam-jam berangkat bekerja atau pulang kerja. Pada saat ini, polusi sedang tinggi-tingginya. Namun terkadang, Anda dituntut untuk keluar pada jam-jam tersebut. Sebagai solusnya, gunakanlah masker. Meskipun tidak menjamin 100 % bahwa tidak ada polusi yang menempel di wajah Anda, namun penggunaan masker akan meminimalisir partikel polusi yang hinggap di wajah.

[caption id="attachment_1642" align="aligncenter" width="635"]Cara mengatasi wajah kusam Cara mengatasi wajah kusam (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Jangan Malas Membersihkan wajah


Hal pertama yang harus Anda lakukan usai beraktivitas di luar ialah membersihkan wajah. Bersihkan wajah Anda dengan toner atau make up remover terlebih dahulu. Setelah itu barulah cuci wajah Anda dengan sabun khusus wajah. Tidak hanya cukup mencuci wajah, Anda juga perlu rajin-rajin scrubing paling tidak 2 kali seminggu. Hal ini berfungsi untuk merontokkan sel kulit mati yang tentunya sangat banyak karena sering terpapar polusi. Sel kulit mati yang menumpuk membuat kulit wajah Anda terlihat kusam.

  1. Gunakan Pelembab dan Masker Yang Kaya Antioksidan


Jika Anda sering terpapar polusi udara, maka sebaiknya pilihlah pelembab yang kaya antioksidan. Pelembab-pelembab yang mengandung sari buah, biasanya kayak akan antioksidan. Anda juga perlu sesekali mengguanakan masker alami dari buah-buahan misalnya jeruk nipis, mentimun, pepaya, dan buah-buahan lain dengan kandungan vitamin C tinggi. Langkah ini berguna untuk merelaksasi dan menutrisi kulit wajah Anda sehingga tetap cerah bersinar dan sehat.

  1. Pastikan Kulit Terhidrasi Dengan Baik


Tidak hanya merawatnya dari luar, kecantikan kulit juga harus dirawat dari dalam. Terutama bagi Anda yang sering terpapar polusi udara, maka pastikan Anda minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Banyak mengonsumsi buah-buahan berair dan bervitamin C tinggi juga sangat dianjurkan agar kulit terhidrasi dengan baik. Dengan adanya hidrasi yang baik, kulit tidak akan mudah menjadi kering, kusam, dan keriput. Oleh sebab itu, perhatikan asupan cairan dan buah-buahan agar kulit Anda jauh dari kata kusam.

Polusi udara tidak mungkin bisa Anda hindari sepenuhnya. Yang bisa dilakukan hanyalah meminimalisir persentase paparan dan sebisa mungkin menetralisir efek-efek yang ditimbulkan.

Semoga 4 tips mencegah kulit kusam yang disebabkan oleh polusi udara ini bermanfaat. Salam
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar