8 Tips Merawat Koleksi Buku/DVD /CD Anda

8 Tips Merawat Koleksi Buku/DVD /CD Anda

Saudara sekalian terutama para Bapak yang senang atau hobi membaca, menonton tentu senang mengoleksi buku/ DVD/ CD. Terkadang kita menyimpannya atau meminjamkannya pada teman kita. Sewaktu-waktu kita membutuhkan buku/DVD/ CD tersebut sebagai referensi, ternyata kita sudah lupa ada entah dimana. Nah, untuk menghindari hal tersebut, ada cara praktis untuk anda mengingat letak koleksi anda di rumah.

Tahapannya ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Setiap membeli buku tulis nama penulis dan judul buku, atau judul film/ album untuk DVD / CD koleksi Anda.

    [caption id="attachment_1683" align="aligncenter" width="635"]Tips Merawat Koleksi Buku/DVD /CD Anda Tips Merawat Koleksi Buku/DVD /CD Anda (Ilusatrasi/pixabay)[/caption]

  2. Urutkan pencatatan nama buku sesuai abjad (A-Z). Penyimpanan di dus/ lemari/ tas/ rak juga sebaiknya tersusun sesuai abjad untuk mempermudah pencarian.

  3. Kelompokkan nama buku, DVD /CD dan tulis di mana anda meletakkan buku tersebut. Misal anda simpan di gudang, di dus, di lemari, di rak atau case DVD/ CD bahkan bila dipinjamkan.

  4. Semua catatan di atas bisa anda simpan di file komputer/laptop/gadget anda dan juga anda print di kertas agar orang di rumah bisa membaca dengan mudah bila membutuhkan buku koleksi anda. Jangan lupa meng-update data bila ada koleksi baru atau perubahan letak penyimpanan.

  5. Beri Label dan Nama Anda Pada Buku, DVD/ CD Anda. Tempelkan di setiap sudut cover atau sampul buku anda atau pada casing DVD/ CD.

  6. Jika buku anda tersimpan di dalam beberapa dus, beri kode nama pada dus agar tidak tertukar saat mengambil dan menyimpan kembali buku anda.

  7. Kalau jumlah koleksi anda banyak dan anda kerepotan untuk mem-filling / merapihkan, anda bisa ajak anggota keluarga dan mengisi waktu luang bersama. Atau bila tidak ada rekan anda bisa lakukan bertahap di waktu luang.

  8. Ternyata tidak disangka setelah semua tertata rapi, anda sudah seperti seorang pustakawan yang memiliki perpustakaan koleksi pribadi. (SRH)


Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar