6 Tips Merawat Tas Agar Tetap Awet

6 Tips Merawat Tas Agar Tetap Awet

Bunda dan remaja puteri tentu memiliki koleksi kesayangan di rumah. Salah satunya yang sedang trend saat ini ialah mengoleksi tas. Mungkin jumlah tas kita tidak sebanyak dan semahal tas yang dimiliki para artis yang sering tampil di layar kaca. Tapi tentunya kita harus merawat tas kita agar tetap bersih dan awet.

Ada perbedaan perawatan dalam merawat tas. Tergantung pada bahan tas itu sendiri. Untuk jelasnya kita simak bahasan kali ini.

1. Perawatan Tas Kulit


Bahan tas yang terbuat dari kulit, biasakan menyimpan tas di dalam tas kain yang sudah disediakan pada saat kita membeli. Setiap minggu/ bulan bila tas tidak dipakai, sebaiknya dikeluarkan dari tas bungkusnya lalu dijemur. Bila tas kita terlihat berdebu, lap dengan lap kering, usap perlahan lalu bungkus kembali. Bila tas kulit terkena noda, jangan dicuci dengan sabun, karena akan merusak bahan kulit. Gunakan minyak kayu putih pada bagian kotor atau kusam, diamkan sesaat lalu lap kembali dengan lap lembut kering.

[caption id="attachment_1667" align="aligncenter" width="525"]Tips Merawat Tas Agar Tetap Awet Tips Merawat Tas Agar Tetap Awet (Ilustrasi/pexels)[/caption]

2. Perawatan Tas Berbahan Lapis Latex


Bila tas tidak digunakan sebaiknya disimpan dalam lemari tertutup. Bila memiliki bungkus kain baiknya digunakan. Tas berbahan biasanya tahan air. Tapi ingat, bila tas kotor, kita jangan menyikat terlalu keras bagian dalam kain yang terbuat latex agar lapis anti bocor tidak sobek. Cucilah dengan sabun bagian luar tas bila kotor, bilas dan jemur hingga seluruh tas kering pada bagian luar dan dalam. Lalu bisa dibungkus tas kain dan disimpan rapi.

3. Cara Merawat Tas Berbahan Bludru dan Wol


Waw, tas bahan ini merupakan tas yang butuh perhatian extra. Karena debu yang menempel biasanya meninggalkan noda. Pakailah sikat lembut berbahan silk untuk membersihkan noda di tas. Gunakan tas plastik bening bila kita hendak menyimpan tas berbahan bludru.

4. Cara Merawat  Tas berbahan Plastik


Tas ini paling mudah perawatannya. Cukup disimpan di dalam lemari bila tidak digunakan. Bila anda menggunakan tas ini hindari dari benda tajam dan bila menyimpan gunting, pensil di dalamnya, pakailah kotak alat tulis terlebih dulu agar tidak menusuk atau merobek bagian tas anda. Perawatannya bisa dengan lap basah pada bagian kotor bisa sedikit menggunakan sabun.

5. Cara Merawat Tas Hias Bernanik-manik ( Berbahan Plastik).
Bila tas jenis ini kotor, rendamlah dalam air detergen tas tersebut. Lalu kucek bagian kotor perlahan jangan menggunakan mesin cuci karena akan merusak bahan dan hiasan, cukup dengan tangan. Bilas dengan air bersih, keringkan di panas matahari sedang lalu simpan.

6. Cara Merawat Tas Berbahan Kayu / Rotan (Anyam)


Tas ini perawatannya cukup rajin dijemur / diangin-anginkan agar tidak lembab karena akan membuat tas mudah lapuk. Jaga agar tidak basah, segera lap dan keringkan bagian basah.

Demikian bunda dan remaja puteri cara merawat tas agar tetap awet. Semoga bermanfaat. (SRH)




Sumber: Pengalaman pribadi
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar