6 Tips Merawat Kuku Kaki dan Tangan

6 Tips Merawat Kuku Kaki dan Tangan

Kebersihan pangkal kesehatan. Slogan ini tentunya setiap kita mengetahuinya. Kebersihan dimulai dari rajin mandi, menggunakan air bersih, menggunakan baju bersih, dan sebagainya. Namun kadang ada hal kecil yang kita lupakan. Apakah itu?

Sudahkah anda merawat kuku kaki dan tangan anda? Pedicure dan Manicure itu istilah trend-nya saat ini. Biasanya kita pergi ke salon kecantikan untuk merawat kesehatan kuku. Sebenarnya hal ini bisa kita lakukan di rumah. Atau juga bisa jadi ide kecil bila senang merawat kuku, kita bisa membuat salon kuku sendiri. Tapi sebelumnya simak tips merawat kuku di bawah ini.

  1. Potong kuku kaki dan tangan setiap 7-14 hari sekali.
    Balita biasanya memiliki pertumbuhan kuku yang lebih cepat. Jadi rajinlah memeriksa kuku anda. Bila anda yang menyukai kuku panjang rajinlah membersihkan bagian kuku dalam karena biasanya menempel kotoran yang merubah warna kuku. Bentuklah/rapihkan kuku agar tetap indah dilihat.

    [caption id="attachment_1688" align="aligncenter" width="635"]Tips Merawat Kuku Kaki dan Tangan Tips Merawat Kuku Kaki dan Tangan (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  2. Ayo, perhatikan adakah kotoran di sela kuku?
    Bersihkan dengan tusuk gigi atau sejenisnya. Pada jari yang dibiarkan kotoran terselip biasanya membawa kuman ke mulut saat kita makan dan minum.

  3. Ada kuku yang strukturnya tipis dan mudah patah.
    Rajinlah menggosok bawang putih perlahan pada permukaan kuku.

  4. Bila anda senang mengecat kuku, gunakan cat yang bahannya aman digunakan dan tidak  menimbulkan alergi.
    Bila ingin mengganti warna cat kuku, gunakan eraser nail polish (pembersih kuku), jangan mengelupas cat dengan benda tajam karena bisa merusak kuku.

  5. Bila kuku anda terlihat kuning, tandanya ada bakteri & jamur tumbuh.
    Rajinlah mencuci kaki dan tangan dengan sabun antiseptic. Sekarang di apotik sudah tersedia obat pembasmi kuman di kuku kaki dan tangan. Gunakan sampai kuku kembali putih dan sehat.

  6. Bila menggunakan kaus kaki rajinlah mengganti/mencuci.
    Agar kuku kaki anda tidak kotor dan mengeluarkan bau tak sedap.


Kalau kuku anda sudah cantik dan sehat tentunya menambah kepercayaan diri anda, kan? (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar