6 Tips Agar Tetap Bersemangat Bekerja di Depan Layar Komputer

6 Tips Agar Tetap Bersemangat Bekerja di Depan Layar Komputer

Menjadi seorang pekerja kantoran sering menjadi sebuah kebanggaan. Terlebih jika perusahaan tempat Anda bekerja merupakan perusahaan ternama yang diidamkan oleh banyak orang. Namun demikian, tentunya Anda pernah merasa jenuh dengan rutinitas tersebut. Duduk sambil menatap layar monitor selama 8 jam setiap harinya. Berhadapan dengan angka-angka dan huruf. Tenang Sobat, rasa bosan itu manusiawi. Ketika rasa bosan itu datang menyergap, silakan terapkan tips ringan ini agar ia segera pergi menjauh. Apa saja tipsnya? Simak ulasan di bawah ini!

  1. Menyadari Bahwa Pekerjaan Ini Yang Menghidupi Anda


Ketika Anda mulai merasa bosan, cobalah sejenak berfikir mengenai kehidupan Anda. Dari mana selama ini biaya yang digunakan untuk makan, membeli baju baru, cek kesehatan. Atau jika Anda sudah berkeluarga, bukankah dari pekerjaan ini Anda bisa memenuhi kebutuhan keluarga Anda. Bahkan tak hanya itu saja, bukankah dari pekerjaan ini Anda bisa menonton konser musik kesukaan, liburan ke tempat-tempat yang Anda inginkan, membeli barang-barang brand? Tidak ada yang gratis di dunia ini. Wajar bila Anda sedikit bersusah payah. Dan Anda patut bersyukur karena memiliki pekerjaan yang dapat menjamin kehidupan Anda.

[caption id="attachment_1614" align="aligncenter" width="635"]Tips Agar Tetap Bersemangat Bekerja di Depan Layar Komputer Tips Agar Tetap Bersemangat Bekerja di Depan Layar Komputer (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Foto Orang Terkasih atau Pajangan Lucu di Meja Kerja


Anda bisa menghiasi meja kerja Anda dengan memajang foto orang yang dikasihi, foto lucu anak Anda, atau foto orang tua Anda. Ketika Anda merasa bosan, dengan melihat senyum mereka melalui foto, maka Anda akan merasa seperti disemangati sehingga Anda menjadi terpacu lagi untuk bekerja. Tak hanya foto, pajangan lucu seperti miniatur anjing, kucing, atau boneka lainnya dapat menjadi pemandangan menyenangkan yang akan meredakan kebosanan Anda.

  1. Sesekali Mengobrol Dengan Teman Kerja


Ketika memasuki kantor dan duduk di depan meja kerja, bukan berarti akses komunikasi dengan orang lain terputus seketika. Anda bisa sesekali mengobrol dengan teman yang memiliki meja kerja terdekat dengan Anda sambil mengerjakan tugas-tugas yang diberikan si Bos. Cobalah untuk mengobrolkan hal-hal santai seperti pertandingan bola semalam, film atau lagu yang sedang hits, tempat travelling yang bagus, dan topik-topik ringan lainnya. Yang terpenting, jangan mengobrol tentang kejelekan rekan kerja Anda yang lain apalagi kejelekan si Bos. Bisa bahaya kalau sampai ketahuan. Hehehe

  1. Sesekali Meninggalkan Ruang Kerja


Meskipun pekerjaan Anda di depan komputer, bukan berarti selama 8 jam Anda harus terus-terusan duduk menatap layar monitor. Ada baiknya jika Anda meninggalkan ruang kerja sekitar 5 sampai 10 menit untuk mengambil minum, mengambil cemilan, ke kamar mandi, atau menyerahkan berkas ke rekan Anda. Lakukan hal ini setiap 2 atau 3 jam sekali untuk menekan kadar kebosanan Anda di depan monitor. Tidak hanya baik untuk mencegah kebosanan, cara ini juga baik untuk mencegah rasa sakit pada punggung akibat terlalu lama duduk.

  1. Mendengarkan Lagu-lagu Kesukaan


Bekerja sambil mendengarkan musik dinilai dapat mengurangi tekanan yang ditimbulkan oleh pekerjaan Anda. Dengan mendengarkan lagu-lagu kesayangan, maka Anda akan merasa lebih rileks. Hal tersebut justru akan meningkatkan kecepatan kerja Anda terutama jika pekerjaan Anda cukup monoton seperti entering data. Pilihlah lagu-lagu dengan musik yang santai dan lirik yang ceria. Pastikan Anda tidak memilih lagu-lagu sedih apalagi lagu-lagu kenangan bersama mantan. Bukannya meningkatkan kecepatan kerja, Anda malah akan galau seharian.

  1. Patuhi Jam Istirahat


Sebanyak apapun deadline dan sebesar apapun target yang ingin Anda capai, janganlah pernah mengabaikan hak istirahat tubuh Anda. Jika memang saatnya istirahat, maka pergunakanlah waktu yang diberikan dengan baik. Memaksakan untuk tetap bekerja justru membuat tekanan yang ada di otak Anda menjadi semakin besar. Dengan tekanan yang membesar membuat Anda tidak bisa rileks dan cepat menjadi bosan. Hal ini sangat buruk untuk kondisi psikologis dan produktivitas kerja yang Anda miliki.

Bagaimana Sobat? Tidak sulit  bukan untuk tetap bersemangat bekerja di depan layar komputer? Selamat Mencoba!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar