4 Tips Sederhana Agar Kerasan Di Perantauan

4 Tips Sederhana Agar Kerasan Di Perantauan

Mungkin hampir sebagian besar orang akan melewati fase ini, merantau. Entah untuk melanjutkan studi, bekerja, atau kepentingan lainnya. Meninggalkan keluarga terkasih dengan segala kenyamanannya memang akan menjadi beban yang sangat berat terutama bagi Anda yang baru pertama kali merantau. Namun Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar kerasan di tanah rantau dan terbebas dari homesick. Apa saja tipsnya? Simak ulasan di bawah ini!

  1. Kuatkan Tekad


Hal pertama yang harus dilakukan ialah memantapkan tekad bahwa kepergian Anda meninggalkan orang terkasih ialah demi kehidupan yang lebih baik. Yakinlah bahwa perpisahan ini justru akan membuat diri Anda lebih berkembang dan menjadi sosok yang mandiri. Toh perpisahan ini bukan untuk selamanya. Anda pasti akan memiliki kesempatan untuk pulang dan bertemu dengan keluarga terkasih. Terlebih dengan perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih akan membuat Anda senantiasa dekat dengan keluarga.

[caption id="attachment_1650" align="aligncenter" width="635"]Tips Sederhana Agar Kerasan Di Perantauan Tips Sederhana Agar Kerasan Di Perantauan (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Menguasai Skill Dasar Seperti Memasak, Mencuci, dan Menyetrika


Hidup di perantauan menuntut Anda untuk mengurus semua  keperluan seorang diri. Tidak ada Ibu atau Bibik (red : asisten rumah tangga) yang akan menyiapkan sarapan buat Anda. Tidak ada yang akan mencucikan dan menyetrika baju Anda. Semuanya harus Anda urus sendiri. Memang banyak tempat makan dengan berbagai variasi harga yang cocok untuk kantong Anda. Banyak pula jasa Laundry yang akan meng-handle pakaian-pakaian kotor Anda. Tapi apakah Anda selamanya akan bergantung pada warung makan? Masa’ iya seluruh pakaian sampai pakaian dalam Anda dicuci di Laundry? Mulai sekarang, kuasai teknik memasak makanan yang sederhana saja, misalnya telur dadar, mie atau nasi goreng. Anda juga perlu belajar mencuci setidaknya beberapa potong pakaian saja. Tidak perlu seluruhnya jika masih terasa berat.

  1. Jalinlah Pertemanan Yang Akrab Dengan Teman-Teman Satu Kost


Sama-sama jauh dari keluarga bisa jadi membuat pertemanan Anda dan teman-teman satu kost awet sampai tua. Untuk itu, Anda wajib bersikap ramah pada seluruh penghuni kost, karena merekalah yang akan Anda temui setiap hari. Mereka merupakan orang terdekat yang akan menolong jika Anda dalam kesulitan. Maka dari itu, jangan sungkan meluangkan waktu untuk mengobrol bersama mereka untuk semakin mendekatkan diri. Terlalu sering mengurung diri di kamar justru akan membuat teman-teman Anda segan mengenal Anda lebih dekat.

  1. Bergabung Dengan Komunitas-Komunitas Seru di Tanah Rantau


Kegiatan perkuliahan atau pekerjaan kadang membuat Anda bosan. Ketika Anda bosan, tak pelak homesick akan datang menyergap. Untuk itu, bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang ada di tanah rantau yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Selain menambah teman baru dan menghilangkan rasa bosan, Anda juga dapat mengasah skill dalam bidang-bidang tertentu seperti fotografi, kepenulisan, jurnalistik, dan sebagainya.

Bayangan tentang kerasnya hidup di perantauan mungkin sering menghantui Anda yang akan merantau untuk pertama kalinya. Namun percayalah, masa-masa sulit itu hanya akan Anda alami di satu bulan pertama saja. Selebihnya, Anda akan kerasan dan menikmati kehidupan sebagai anak rantau. Selamat Merantau!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar