4 Tips Mengisi Waktu Luang di Masa Liburan Semester Bagi Mahasiswa

4 Tips Mengisi Waktu Luang di Masa Liburan Semester Bagi Mahasiswa

Bagi anda yang masih berstatus sebagai mahasiswa, moment liburan panjang di akhir semester rasanya selalu menjadi waktu yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu. Setelah kurang lebih enam bulan lamanya raga dan pikiran anda tersita dengan padatnya jadwal kuliah dan menumpuknya tugas-tugas dari pada dosen, akhirnya anda bisa menghela nafas sejenak dan mengistirahatkan badan serta pikiran anda. Masa libur semester yang biasanya cukup panjang ini dimanfaatkan oleh para mahasiswa dengan beragam cara. Jika anda cukup bijak, sebenarnya ada beberapa kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang di masa liburan semester anda, seperti beberapa tips berikut ini.

  1. Menghabiskan waktu bersama orang tua dan keluarga


Aktivitas mahasiswa yang cukup padat biasanya membuat anda tidak bisa memiliki waktu untuk orang-orang terdekat anda, seperti orang tua dan para sanak saudara. Terlebih bagi para mahasiswa yang hidup di perantauan dan tinggal jauh dari orang tua. Moment liburan semester seperti ini merupakan moment yang tepat bagi anda untuk mengunjungi rumah orang tua dan berkumpul bersama mereka. Manfaatkan waktu libur yang panjang untuk melepas rasa rindu kepada mereka. Sehingga anda akan kembali bersemangat untuk menyambut awal semester yang baru.

[caption id="attachment_1671" align="aligncenter" width="635"]Tips Mengisi Waktu Luang di Masa Liburan Semester Bagi Mahasiswa Tips Mengisi Waktu Luang di Masa Liburan Semester Bagi Mahasiswa (Ilustrasi/publicdomainpictures.net)[/caption]

  1. Berkemah bersama teman-teman


Rutinitas kuliah anda sehari-hari tentu membuat anda sedikit jenuh. Ditambah lagi dengan semrawutnya kawasan perkotaan di lingkungan kampus anda yang cukup membuat stres. Di masa liburan semester ini, tidak ada salahnya anda mengisinya dengan pergi berkemah bersama teman-teman anda. Dengan berkemah anda bisa menghirup suasana alam yang masih segar dan asri. Hal ini bisa merefresh badan dan pikiran anda supaya kembali segar dan semangat. Berkemah bersama teman-teman juga bisa mempererat keakraban tali persahabatan anda.

  1. Mencari pekerjaan paruh waktu


Bagi seorang mahasiswa, dapat menghasilkan uang dari hasil kerja keras sendiri tentulah amat membanggakan. Namun, padatnya jadwal kuliah sering membuat anda tidak bisa berbuat apa-apa untuk mewujudkan hal ini. Di masa-masa liburan semester inilah waktunya anda untuk bisa menambah penghasilan sendiri. Daripada waktu anda terbuang sia-sia hanya untuk bermalas–malasan di rumah, lebih baik anda mengisinya dengan mencari pekerjaan paruh waktu. Cobalah mencari pekerjaan-pekerjaan freelance yang tidak terikat kontrak sehingga anda bisa melakukannya hanya selama masa liburan anda. Setelah liburan selesai, anda bisa kembali berkuliah dan saldo tabungan andapun bisa bertambah.

  1. Mengasah dan melatih bakat anda


Hal positif lainnya yang bisa anda lakukan selama masa liburan semester yang cukup panjang ialah mengasah dan melatih bakat anda. Mungkin anda memiliki bakat-bakat seperti menulis, bermain piano, memasak, atau bakat-bakat lainnya namun tidak terasah karena padatnya jadwal kegiatan anda sebagai mahasiswa selama ini. Nah, masa liburan ini menjadi waktu yang tepat bagi anda untuk lebih melatih bakat-bakat anda yang mungkin akan berguna suatu hari nanti.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar