4 Kebiasaan Sederhana Agar Tidak Menjadi Pelupa

4 Kebiasaan Sederhana Agar Tidak Menjadi Pelupa

Pelupa memang salah satu sifat yang sangat dihindari oleh setiap orang. Namun, pelupa merupakan penyakit degeneratif yang bisa ditimbulkan oleh usia yang semakin menua akibat menurunnya fungsi sel-sel otak. Meskipun demikian, Anda bisa mencegah penyakit mudah lupa tersebut dengan beberapa kebiasaan sehat dan sederhana. Ingin tahu apa saja kebiasaan baik tersebut? Silahkan simak artikel di bawah ini!

  1. Selalu Sarapan Pagi


Jangan pernah menyepelekan kebiasaan baik yang satu ini. Sarapan dengan makan-makanan sehat yang mengandung protein dan omega 3 baik untuk kesehatan sel-sel otak sehingga dapat mencegah kepikunan yang disebabkan karena usia. Contoh makanan yang mengandung protein tinggi dan omega 3 yaitu sandwich isi telur, yoghurt, atau alpukat.

  1. Tidur Dengan Nyenyak


Banyak penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kurang tidur atau bahkan tidak tidur sama sekali akan menyebabkan seseorang gagal dalam mengerjakan tugas komputer. Tidur yang cukup dan nyenyak sangat diperlukan untuk merefresh otak dan pikiran Anda. Selain itu, dengan tidur yang cukup dan nyenyak akan membuat Anda menjadi lebih fokus.

[caption id="attachment_1692" align="aligncenter" width="635"]Kebiasaan Sederhana Agar Tidak Menjadi Pelupa Kebiasaan Sederhana Agar Tidak Menjadi Pelupa (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Rajin Berolahraga


Sesibuk-sibuknya Anda, sempatkanlah untuk berolahraga paling tidak seminggu sekali. Olahragapun juga tidak perlu yang muluk-muluk. Cukup yang murah meriah dan sederhana, misalnya jogging, jalan-jalan sore, atau senam di dalam rumah. Olahraga penting dilakukan untuk mencegah kepikunan karena kegiatan tersebut dapat melancarkan sirkulasi darah kaya oksigen menuju otak. Dengan demikian, kondisi sel-sel otak akan tetap sehat dan baik. Dan Anda terhindar dari penyakit pikun yang disebabkan karena faktor usia.

  1. Menghindari  Permen Karet


Banyak orang yang beranggapan bahwa mengonsumsi permen karet akan membuat seseorang menjadi lebih mudah berkonsentrasi. Dengan mengunyah permen karet, Anda memang akan menjadi lebih rilex. Namun, bukan berarti akan meningkatkan konsentrasi Anda. Bahkan, penelitian salah satu Universitas di Inggris menyatakan bahwa mengunyah permen karet akan merusak memori jangka pendek Anda. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama, maka Anda justru akan menjadi pelupa. Kandungan gula yang tinggi dan bahan pengawet dalam permen karet juga tidak bagus untuk kesehatan Anda. Maka dari itu, sebaiknya ganti permen karet dengan makanan sehat lainnya seperti buah-buahan segar dan camilan sayur.

Cukup mudah bukan kebiasaan-kebiasaan sederhana yang bisa Anda lakukan agar tidak menjadi pelupa? Selamat mencoba!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar