Hujan Meteor Spektakuler Agustus 2016

Hujan Meteor Spektakuler Agustus 2016

Saya cukup yakin tidak ada orang yang ingin melewatkan fenomena alam yang bisa dibilang sangat langka, yaitu hujan meteor. Hujan meteor akan terasa lebih istimewa jika ditemani orang tercinta atau keluarga tersayang. Karena itu, jangan sampai Anda melewatkan event langka pada bulan Agustus 2016 ini.

Perseids, salah satu hujan meteor yang terkenal tahun ini, akan menghujani bumi kita pada bulan depan. Namun, untuk melihat bintang–bintang yang berjatuhan Anda tidak harus menunggu sampai bulan depan karena pada tanggal 28 – 29 Juli kita akan bisa melihat hujan meteor Delta Aquarids yang telah mencapai puncaknya. Kemunculan hujan meteor Delta Aquarids sudah dimulai sejak tanggal 12 Juli lalu.

[caption id="attachment_1601" align="aligncenter" width="635"]Hujan meteor Perseid Hujan meteor Perseid panjang di sebelah kiri Bima sakti (tahun 2009)/Wikipedia[/caption]

Jika kita tinggal di bumi bagian selatan kita akan lebih leluasa untuk menikmati hujan meteor ini karena akan lebih banyak terlihat daripada di belahan bumi bagian utara. Namun, bagi Anda yang tinggal di belahan bumi bagian utara tidak perlu kecewa karena setidaknya Anda bisa melihat 20 meteor berjatuhan setiap jamnya.
Setelah puncaknya pada 28 Juli, Delta Aquarids diperkirakan akan hadir kembali pada tanggal 23 Agustus, bersamaan dengan hujan meteor Perseids yang puncaknya pada pertengahan Agustus.

Waktu yang paling baik untuk mengamati bintang jatuh ialah pada waktu malam menuju pagi sekitar pukul 2 atau 3 pagi karena matahari belum bersinar sehingga cahaya dari bintang–bintang yang berjatuhan terlihat dengan jelas. Karena meteor–meteor Delta Aquarids cukup kecil untuk dilihat, penting untuk melihat mereka dalam keadaan yang sangat gelap tanpa cahaya bulan atau cahaya apapun. Puncak dari Delta Aquarids akan nampak lebih indah karena dibarengi dengan munculnya bulan sabit yang membuat langit menjadi lebih gelap dan meteor–meteor terlihat lebih jelas.

Jangan khawatir bila pada saat hari H terjadi hujan meteor terhalang oleh cuaca buruk atau ada cahaya yang mengganggu penglihatan Anda terhadap penampakan meteor karena observatori online yang bernama Slooh akan menyiarkan secara langsung hujan meteor dari observatori yang ada di pulau Canary.

Selama siaran berlangsung, para ilmuwan akan berdiskusi tentang fenomena alam ini dan menjawab rasa penasaran publik terhadap fenomena ini.

Perbedaan Delta Aquarids dan Perseids

Untuk mengetahui apakah yang Anda lihat itu hujan meteor Delta Aquarids ataukah Perseids, akan saya berikan tips untuk Anda.

Karena sekarang kita berada di belahan bumi bagian selatan, kita akan melihat Delta Aquarids muncul dari selatan dekat bintang Skat atau Delta Aquarii yang berada di konstelasi Aquarius Beruang Air. Sedangkan, pancaran Perseids akan muncul dari timur laut atau utara yang berasal dari konstelasi Perseus.

Kemudian, Delta Aquarids akan muncul lebih ke atas, sedangkan hujan meteor Perseids akan muncul dari langit bagian utara.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar