Cara Membuat Kue Cubit Sederhana

Cara Membuat Kue Cubit Sederhana

Saya yakin pasti pembaca di rumah sudah tidak asing lagi dengan dessert imut nan lezat ini. Yak! Kue cubit. Kalo kita lagi jalan–jalan di mall atau pun di pinggir jalan kita pasti pernah lihat abang–abang atau mbak–mbak yang lagi jualan kue cubit. Yak, kue yang satu ini memang lagi hits di kalangan anak–anak, remaja, sampai orangtua. Kue imut ini memang dapat menggugah minat dan selera kita ketika kita cium aroma kue yang baru selesai dibuat atau melihat bentuknya yang kecil–kecil gitu sehingga kita gemes ingin mencicipinya.

Kue cubit yang dijual pun bermacam–macam rasanya, ada rasa original, green tea, taro, redvelvet, dan chococreamy. Harga yang ditawarkan juga berbeda-beda. Dan biasanya disertai topping di atasnya, seperti potongan–potongan kitkat, nutella, oreo, dan taburan keju. Namun, kali ini saya hanya akan membahas cara membuat kue cubit yang sederhana saja karena untuk menambahkan rasa dan toppingnya sangat mudah dan bisa Anda coba sendiri di rumah dengan kreasi Anda.

[caption id="attachment_1580" align="aligncenter" width="320"]Cara membuat kue cubit Cara membuat kue cubit (Gambar: Wikipedia)[/caption]

Alat yang kita perlukan untuk membuat kue cubit:

  1. Mixer atau kalau tidak ada bisa pakai alat pengaduk yang lainnya.

  2. Wadah

  3. Cetakan kue

  4. Sendok

  5. Alat untuk mengambil kue dari cetakan

  6. Alat pengoles minyak


Bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat kue cubit:

  • 2 butir telur

  • 300 gram gula pasir

  • 300 gram tepung terigu

  • 100 gram mentega yang telah dicairkan

  • 2 sendok teh ekstrak vanila

  • 1 sendok teh baking powder

  • 100 ml air


Cara membuat kue cubit :

  1. Masukkan 2 butir telur + 300 gr gula pasir ke dalam wadah. Lalu kocok sampai adonan mengembang dan berwarna pucat

  2.  Masukkan 300 gr tepung terigu + 1 sdt baking powder + 1 sdt baking soda + 2 sdt ekstrak vanila + 100 gr mentega cair ke dalam adonan tadi. Lalu kocok sambil memasukkan 100 ml air ke dalam adonan.

  3. Sebelum digunakan, panaskan dulu cetakan kuenya, dengan api yang paling kecil agar panasnya merata, sambil diolesi mentega atau minyak.

  4. Setelah dirasa cukup panas, tuang adonan kue dengan tinggi 3/4 karena nantinya kue akan sedikit mengembang.

  5. Setelah matang, angkat kue dengan hati–hati karena kecil dan mudah pecah. Kemudian sajikan di atas piring. Berikan hiasan–hiasan kecil untuk mempercantik kue cubit Anda.

  6. Kue siap dinikmati.


Nah, gimana.. mudah kan bikinnya. Setelah Anda bisa membuat kue cubit yang paling sederhana ini, Anda bisa mengkreasikannya dengan berbagai rasa dan topping yang berbeda.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar