8 Tips sederhana untuk hidup bahagia

8 Tips sederhana untuk hidup bahagia

Hidup bahagia memanglah sebuah dambaan setiap kita yang hidup di atas bumi yang berporos seperti roda. kaya, siapa yang tak menginginkan kekayaan, punya rumah mewah, uang berlimpah, mobil mewah, ladang dan sawah yang luas, akan tetapi menjadi kaya bukanlah sebuah jaminan untuk hidup yang bahagia. Langkahi sejenak tentang harapan untuk menjadi kaya, karna mereka yang kaya pun banyak yang justru menderita karena mengkhawatirkan kekayaan yang mereka pikir itu merupakan kebahagiaan mereka.

Sebagai contoh sebuah kekayaan yang malah menjadi petaka, lihat di televisi, radio dan kabar berita tentang korupsi, mereka mungkin menganggap dengan mereka menjadi kaya mereka akan bahagia sehingga mereka menjalankan berbagai cara agar mereka menjadi kaya dengan sesegera mungkin, namun nyatanya, batin mereka tidaklah tenang karena selalu khawatir mereka akan terjaring dan dibui karena data keuangan mereka yang tak jelas asal usulnya, apalagi sampai tertangkap dan dibui, sungguh itu sebuah penderitaan yang sangat teramat berat.

[caption id="attachment_1561" align="aligncenter" width="635"]Tips sederhana untuk hidup bahagia Tips sederhana untuk hidup bahagia (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Bahagia itu sebenarnya sederhana saja, ini tips cara untuk mendapatkan hidup yang bahagia dan barokah.

1.  Senantiasa bersyukur


Memanglah untuk bersyukur itu sangat sulit, apalagi jika yang kita dapatkan sesuatu yang bukan kita inginkan, di situ terkadang kita merasa Tuhan tidak adil terhadap kita. Tapi hal yang harus kita semua tahu ialah keadilan tak harus sama rata karena apa yang kita inginkan belum tentu itu terbaik untuk kita di mata Tuhan dan Tuhan memberikan apa yang terbaik untuk kita, karena Tuhan Maha Mengetahui atas setiap makhluknya.

2. Sabar


Ya, sabar, sabar merupakan kunci dasar dari setiap apa yang ingin kita raih, dengan bersabar kita akan terus berjuang, berjuang dan berjuang, apapun yang kita dambakan haruslah diperjuangkan, dan perjuangan membutuhkan kunci, salah satu kunci utama dalam berjuang ialah kesabaran, dengan kita bersabar kita akan mendapatkan banyak jalan menuju kebahagiaan kita, jika kita terburu-buru atau tidak sabar dalam berjuang, kita hanya akan mendapati keputusasaan dalam perjalanan menuju hidup yang bahagia karna orang yang bahagia ialah orang yang mampu bersabar.

3. Tersenyum


Tersenyum dengan senyuman yang tulus, itu akan membuat kita lupa akan apa yang sedang anda rasakan, silahkan anda bercermin, tatap wajah indah anda dalam cermin itu, lalu tersenyumlah dengan tulus, secara langsung ketulusan anda saat tersenyum itu memberikan sugesti positif terhadap mental anda sendiri, bahkan dapat memancarkan sugesti positif kepada orang-orang di sekitar anda secara tidak langsung.

4. Ikhlas


Ketika kita mampu bersabar, kita akan melangkah ke jenjang yang lebih membahagiakan, yakni ikhlas, ketika kita sudah dapat mengikhlaskan sesuatu kita akan merasa tenang dan tidak terlalu memperdulikan apa yang telah hilang dari kita dan dengan keikhlasan kita, kita akan merasa sangat bahagia karena kita merasa, kita telah semakin dekat kepada suatu pemikiran yang di situ tidak terpaku kepada rasa ingin memiliki.

5. Selalu berpikir positif


Selalu berpikir positif atas apa yang Tuhan berikan kepada kita, apakah itu cobaan, ataupun itu sebuah bencana yang melanda sekitar kita, karena di setiap yang Tuhan turunkan, semua memiliki kebaikan di sisi yang lain, salah satunya ialah kebaikan atas peringatan untuk apa yang telah kita tidak syukuri selama ini.

6. Melihat sekitar kita dengan memandang ke bawah


Lihat yang kita miliki dan yang kita nikmati, bandingkan dengan mereka yang hidup serba pas pasan, jika harus mengeluh terus menerus, merekalah yang seharusnya lebih pantas untuk mengeluh setiap saat karena jangankan mengisi kuota untuk membaca artikel ini, untuk sekadar mencukupi kebutuhan perut mereka saja sudah kewalahan.

7. Menikmati apa yang sudah kita miliki


Nikmati saja hidup ini, karna masih hidup merupakan sebuah kebahagiaan yang tak terhingga, dengan masih diizinkanya kita bernafas gratis oleh Tuhan, sungguh sangat bahagia, bayangkan saja betapa susahnya saudara kita yang harus bernafas dengan alat bantu, mereka kehilangan kebebasan bergerak karena jika mereka banyak bergerak akan membuat mereka merasakan dadanya sangat sesak, sedangkan kita masih dapat terus berlari bebas, dan dapat terus berkerja keras.

8. Hidup kita tergantung pemikiran kita


Ini hidup kita, semua yang kita inginkan tercapai atau tidaknya tergantung kita, begitu pula dengan perasaan kita, bahagianya kita bukan karena orang lain, tetapi karena apa yang kita pikirkan tentang bahagia itu menurut kita, jika kita berpikiran hidup kita bahagia, bermodalkan kuota data 1GB kita akan merasa bahagia jika kita memikirkan apa saja kebahagiaan yang dapat kita tuai hanya dengan sesederhana kuota 1GB. Jika kita berfikir hidup kita tak pernah bahagia, dengan uang berjuta pun tak ada gunanya jika kita tidak berfikir kita dapat berbahagia dengan uang berjuta-juta itu.

Jadi, kesimpulan bahagia dalam hidup kita bukanlah terletak pada harta yang berlimpah, dengan sesuatu yang sederhana saja kita dapat berbahagia menikmati hidup kita jika kita senantiasa merenungkan setiap kebahagiaan atas apa yang sudah Tuhan berikan kepada kita.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar