6 Tips Mendapatkan Buku Gratis untuk Pelajar dan Mahasiswa

6 Tips Mendapatkan Buku Gratis untuk Pelajar dan Mahasiswa

Siapa yang tidak mau buku gratis? Bagi pelajar dan mahasiswa, buku merupakan salah satu hal yang penting. Buku menjadi sumber pengetahuan dan sangat membantu dalam proses belajar. Buku-buku berkualitas akan meningkatkan intelektualitas kita. Terkadang buku-buku tersebut dibanderol dengan harga yang tidak murah. Kantong seorang pelajar tentu tidak selalu bisa membeli semua buku yang kita inginkan. Nah, jika kamu ingin mendapatkan berbagai jenis buku dengan gratis, simaklah tips berikut ini!

  1. Ikut seminar


Jika kamu seorang pelajar atau mahasiswa, kamu tidak akan asing dengan berbagai seminar yang diselenggarakan di sekitar tempatmu menuntut ilmu. Acara-acara seminar tersebut biasanya akan diumumkan melalui brosur atau spanduk yang bisa kamu temui di papan informasi yang tersebar di sekitar area kampus atau sekolah. Kamu harus lebih jeli dalam menemukan informasi tentang seminar khususnya yang berhadiah buku. Pasti di antara seminar-seminar yang menjamur ada yang memberikan buku sebagai hadiah atau bahkan diberikan cuma-cuma bagi semua pesertanya. Pastikan bahwa kamu hadir lebih awal agar tidak kehabisan ya!

[caption id="attachment_1555" align="aligncenter" width="561"]Tips Mendapatkan Buku Gratis untuk Pelajar dan Mahasiswa Tips Mendapatkan Buku Gratis untuk Pelajar dan Mahasiswa (Ilustrasi/pexels)[/caption]

  1. Ikut kuis buku


Saat ini, perkembangan teknologi telah maju pesat. Kamu tentu punya akun media sosial yang sedang hits seperti Facebook, Twitter, atau Instagram kan? Nah, di media-media sosial tersebut sering diadakan kuis yang berhadiah buku gratis. Kamu tinggal follow dan berteman dengan akun-akun yang berkaitan untuk dapat berpartisipasi. Terkadang, pertanyaan atau syarat yang diberikan untuk bisa memenangkan buku gratis tersebut unik dan menarik. Sebagai contohnya, ada akun yang mengharuskan peserta untuk posting foto selfie dengan kriteria tertentu. Kuis-kuis tersebut membutuhkan daya kreatifitasmu. Jadi, jangan ragu untuk mencoba ya!

  1. Ikut lomba


Selain kuis singkat, banyak pihak-pihak seperti penerbit maupun perusahaan yang sering mengadakan lomba. Kamu bisa menemukan informasi mengenai lomba tersebut dengan searching menggunakan mesin pencari. Bermodal koneksi internet yang lancar, kamu bisa berburu informasi mengenai aneka macam lomba yang sedang digelar. Tidak jarang lomba-lomba tersebut memberikan hadiah berupa paket buku dan bahkan dengan tambahan uang yang lumayan. Dengan ikut lomba, kamu juga bisa mengukur seberapa kemampuanmu dalam bidang tersebut. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pengalaman yang baru.

  1. Ikut pelatihan menulis


Banyak penulis, penerbit, maupun komunitas yang sering mengadakan pelatihan menulis. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Kamu bisa memilih mengikuti pelatihan yang mana. Bahkan beberapa penerbit telah menjadikan pelatihan menulis sebagai agenda rutin mereka. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan bibit-bibit penulis baru yang bisa memajukan dunia literasi kita. Beberapa pelatihan kepenulisan ini sering memberikan hadiah berupa paket buku yang tidak tanggung-tanggung jumlahnya. Jadi, jika kamu ingin mendapatkan buku gratis sekaligus meningkatkan keterampilan menulismu, jangan ragu untuk berpartisipasi dalam pelatihan-pelatihan menulis tersebut. Jika tulisanmu bagus, bukan tidak mungkin pihak penerbit akan melirikmu. Kesempatan mengembangkan diri pun terbuka lebar!

  1. Berpastisipasi dalam penelitian


Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, kamu pasti tidak asing dengan berbagai penelitian yang dilakukan di sekitarmu. Libatkanlah dirimu dalam penelitian-penelitian tersebut. Jika kamu beruntung, sebagai seorang partisipan, kamu akan mendapatkan imbalan. Nah, imbalan tersebut salah satunya berupa buku. Meski ada imbalan yang berupa barang lain atau bahkan uang, namun mendapatkan buku dari ikut dalam penelitian bukanlah hal yang mustahil. Tipsnya, kamu harus lebih mencermati penjelasan yang diberikan oleh pihak penyelenggara penelitian mengenai imbalannya sebelum berpartisipasi. Jika pihak peneliti menjanjikan imbalan berupa buku, maka jangan ragu berpartisipasi.

  1. Membuat review buku


Beberapa media massa seperti koran dan majalah membuka rubrik resensi atau review buku yang bisa diisi oleh siapa saja. Kamu bisa mendapatkan tips menulis resensi buku yang baik dari mana saja. Pastikan bahwa buku yang kamu review merupakan buku baru atau yang terbit tidak lebih dari satu tahun. Kamu juga harus cermat melihat buku-buku yang sekiranya diminati oleh banyak orang. Tulislah resensi buku yang sesuai dengan isi buku, bukan melebih-lebihkan. Tentunya kamu harus terlebih dahulu membaca buku yang akan kamu review agar kamu memahami keseluruhan isi dari buku tersebut. Beberapa media massa akan memberikan hadiah berupa buku-buku baru jika resensimu berhasil dimuat.

Nah, itulah 6 tips mendapatkan buku gratis bagi kamu seorang pelajar atau mahasiswa yang jeli melihat peluang. Selamat berburu buku gratis!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar