4 Cara Memotivasi Diri

4 Cara Memotivasi Diri

Hidup memang penuh dengan lika-liku. Apapun pekerjaan dan jabatan Anda, pasti dalam hidup ini ada banyak sekali hambatan. Seberapapun berpengalamannya Anda, pasti Anda pernah merasa jenuh dan lelah. Saat itulah Anda membutuhkan hal yang dapat memotivasi Anda, sehingga dapat bangkit kembali. Jika Anda ingin mengetahui hal apa saja yang dapat memotivasi diri silahkan simak tips-tips di bawah ini.

1. Buat List Terhadap Hal-Hal Yang Dapat Membuatmu Bahagia


Di saat Anda memiliki waktu luang, ada baiknya jika Anda membuat list terhadap setiap peristiwa maupun hal-hal yang dapat membuat Anda tersenyum bahagia. Anda bisa saja membuat list tersebut di handphone maupun laptop Anda. Setiap kali Anda merasa down, Anda perlu untuk membuka list tersebut kembali. Ingat-ingat kejadian yang dapat membuat Anda selalu tersenyum penuh kebahagiaan. Tambahkan list setiap kali ada kejadian baru yang lucu. Contoh dari kejadian-kejadian yang penuh dengan kebahagiaan ialah peristiwa dimana teman sekantor merayakan ulang tahun Anda, hari dimana Anda pergi berlibur ke tempat yang mengasyikkan, atau hari dimana Anda pertama kali berhasil mendapatkan pekerjaan.

[caption id="attachment_1545" align="aligncenter" width="635"]Cara memotivasi diri Cara memotivasi diri (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

2. Ingat-Ingat dan Catat Apa Yang Menjadi Cita-Cita Anda


Cita–cita Anda perlu untuk Anda tulis, agar menjadi jelas langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mencapainya. Tulis juga mengenai alasan mengapa Anda menjadikan suatu hal sebagai cita-cita Anda. Cara ini benar-benar akan membantu memotivasi otak Anda dengan melihat kembali apa yang Anda cita-citakan. Setiap langkah yang Anda kerjakan sekarang sudah pasti akan semakin mendekatkan Anda dengan cita-cita Anda. Setiap langkah yang Anda lakukan sekarang selalu bermakna dan tidak ada yang sia-sia. Maka dari itu ingat-ingat dan catat apa yang menjadi cita-cita Anda.

3. Melihat Tayangan Yang Memberi Anda Inspirasi dan Motivasi


Ketika kedua cara tersebut sudah tidak bisa digunakan untuk menambahkan motivasi Anda, Anda hanya perlu untuk melihat tayangan yang penuh dengan inspirasi dan motivasi. Terkadang Anda dapat melihat orang dengan kisah-kisah inspiratif yang ada di televisi. Alternatif lain jika televisi hari itu sedang tidak menayangkan kisah inspiratif, Anda dapat melihat melalui Youtube. Anda bisa saja menonton dari seminar-seminar yang memberikan motivasi. Dengan duduk, diam, dan sambil mendengarkan apa yang dikatakan para motivator Anda, tanpa sadar Anda pasti akan langsung menjadi lebih semangat.

4. Beri Penghargaan Kepada Diri Sendiri


Hidup itu membutuhkan keseimbangan. Terkadang Anda tidak perlu untuk selalu memaksakan diri melakukan berbagai hal yang tidak Anda sukai. Setelah pulang dari kantor, Anda perlu untuk berhenti sejenak dan melakukan hal yang menjadi hobi Anda. Tidak baik untuk selalu memaksakan hal-hal yang tidak kita sukai dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, Anda perlu untuk melakukan hobi. Melakukan hobi dapat membuat otak menjadi fresh kembali, sehingga Anda bisa siap menyelesaikan masalah kantor esok harinya.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar