9 Kiat Untuk Menjadi Orang yang Tegas

9 Kiat Untuk Menjadi Orang yang Tegas

Ketegasan merupakan kemampuan untuk mengekspresikan diri dengan mantap dan positif. Anda bisa mengatakan kepada orang lain dengan jelas dan langsung tentang pendapat dan perasaan Anda tanpa harus menyinggung perasaan orang lain. Bersikap tegas memang sulit, sebab itu dibutuhkan nyali dan keberanian untuk tegas.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali orang yang tidak bisa bersikap tegas. Mereka cenderung tidak bisa menolak permintaan orang lain walaupun mereka harus mengorbankan kepentingannya. Mereka membiarkan orang lain mengatur hidup mereka, bahkan mereka bungkam dan membiarkan orang lain mengambil keputusan atas hidup mereka. Orang seperti ini dikenal dengan sebutan “yes-man” atau orang yang tidak bisa mengatakan tidak.

[caption id="attachment_1507" align="aligncenter" width="300"]Kiat Menjadi Orang Yang Tegas Kiat Menjadi Orang Yang Tegas (Ilustrasi/flickr)[/caption]

Dalam diri mereka, mungkin ada keinginan untuk menolak permintaan orang lain. Akan tetapi, orang yang “yes-man” takut menyakiti perasaan orang lain. Mereka selalu berpikir, ketika mereka menolak permintaan orang lain, maka mereka tidak akan diterima di lingkungan itu. Perasaan malu, rendah diri, dan takut tidak diterima itulah yang membuat orang yang “yes-man” membiarkan orang lain mengambil alih kendali dalam kehidupan mereka.

Orang yang berada di sekitar si “yes-man” akan selalu terbiasa melakukan sesuatu sesuai keinginan mereka. Padahal ketika si “yes-man” bisa bersikap tegas, itu akan melatih orang-orang di sekitarnya untuk tidak melakukan sesuatu sesuai kehendaknya. Sikap si “yes-man” malah membuat mereka menjadi orang yang semena-mena, sehingga si “yes-man” cenderung menjadi pesuruh.

Anda termasuk ke dalam golongan “yes-man”? Sepertinya Anda perlu instrospeksi diri bahwa sikap seperti itu tidak baik untuk Anda dan orang yang berada di sekitar Anda. Terkadang Anda memang harus mengiyakan sesuatu, tapi Anda perlu belajar untuk tegas mengatakan tidak jika Anda memang tidak bisa memenuhi permintaan orang lain.

Jika Anda bisa bersikap tegas maka orang lain akan menghargai Anda. Tindakan tegas bisa membantu Anda untuk mengekspresikan diri Anda secara langsung dan jujur, sehingga orang di sekitar Anda juga bisa mengerti diri Anda. Bersikap tegas akan membantu Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan tanpa harus menyakiti orang lain. Berikut ini beberapa kiat yang perlu Anda lakukan untuk bersikap tegas :

  1. Pelajarilah cara memulai percakapan.
    Anda harus mengumpulkan keberanian untuk memulai percakapan dengan orang lain. Memulai percakapan menunjukkan bahwa Anda memiliki kepercayaan diri yang besar. Ketika Anda merasa sangat percaya diri, maka Anda akan dengan mudah bersikap tegas.

  2. Tataplah orang lain ketika Anda sedang berbicara.
    Kontak mata Anda dengan orang lain menunjukkan bahwa Anda yakin dan percaya diri. Namun, jangan melihat wajah orang lain secara terus-menerus karena itu akan membuat mereka merasa tidak nyaman.

  3. Belajarlah berbicara lantang dengan penuh keyakinan.
    Anda tidak perlu merasa malu untuk mengungkapkan pendapat Anda, tapi Anda juga jangan memaksakan kehendak. Orang lain akan menilai Anda sebagai orang yang otoriter jika Anda memaksakan kehendak.

  4. Buat pernyataan “aku”.
    Anda seharusnya berani bertanggung jawab atas perasaan dan tindakan Anda. Jika Anda ingin berlatih bersikap tegas, beranikan diri Anda mengatakan, “menurutku…” lalu katakan apa pendapat Anda. Jika perlu, katakan tidak pada sesuatu yang memang tidak bisa Anda lakukan. Akan tetapi jangan mengatakan “menurutku…” sepanjang hari, sebab bisa jadi Anda akan menjadi egois dan tidak mau lagi mendengar pendapat orang lain. Pilihlah saat yang tepat kapan Anda harus bersikap tegas dan jangan memaksakan pendapat Anda pada orang lain.

  5. Gunakan keterampilan bicara yang sesuai.
    Anda harus mengetahui apa dan bagaimana Anda menyampaikan pendapat. Gunakan intonasi bicara yang sesuai untuk mengungkapkan perasaan Anda. Hal ini dapat membantu Anda mengurangi rasa gugup ataupun marah. Cobalah untuk mempraktekkan keterampilan berbicara ini untuk lebih meningkatkan rasa percaya diri Anda.

  6. Selain keterampilan bicara yang sesuai, Anda juga perlu menggunakan bahasa tubuh yang sesuai.
    Ketika Anda berbicara dengan orang lain, berdirilah atau duduklah cukup dekat dengan lawan bicara Anda agar Anda merasa nyaman. Dengan demikian, Anda bisa mengungkapkan apa yang ingin Anda bicarakan dengan mudah. Akan tetapi, Anda tidak boleh melanggar batas “wilayah” orang lain. Hal ini akan membuat orang tersebut merasa tidak nyaman dengan Anda.

  7. Gunakan ekspresi wajah yang sesuai.
    Ekspresi wajah Anda akan menunjukkan pesan dari apa yang ingin Anda sampaikan kepada orang lain. Jika Anda memuji seseorang dengan ekspresi wajah marah, maka orang tersebut tidak akan mempercayai pujian Anda. Jika Anda memarahi seseorang dengan ekspresi wajah tersenyum, maka orang lain tidak akan mempercayai kalau Anda sedang marah. Gunakan ekspresi wajah yang sesuai ketika Anda berbicara pada orang lain. Cobalah berdiri di depan cermin lalu perhatikan ekspresi wajah Anda sambil berbicara. Pastikan ekspresi wajah Anda sesuai dengan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada lawan bicara Anda.

  8. Beranikan diri Anda untuk mengatakan ‘tidak’ pada orang lain jika memang Anda tidak mampu memenuhi permintaannya.
    Katakan maaf sebelum Anda mengatakan ‘tidak’ dan beri alasan yang tepat pada orang tersebut agar dia dapat mengerti keadaan Anda.

  9. Pujilah teman-teman dan keluarga Anda atas bantuan yang diberikan kepada Anda.
    Katakan kalau Anda sangat menghargai bantuan mereka. Ucapkanlah terima kasih dengan tulus. Memberi tahu orang lain bahwa Anda peduli pada mereka juga merupakan suatu langkah penting menuju ketegasan.


Mulailah bersikap tegas sekarang juga. Jangan biarkan diri Anda dikuasai keraguan. Kumpulkan keberanian dan lakukan. Belajarlah agar bisa menjadi lebih tegas maka kehidupan Anda akan bahagia.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar