10 Tips dan trik dalam belajar bahasa asing

10 Tips dan trik dalam belajar bahasa asing

Dunia modern sekarang ini yang seakan tidak ada batasan lagi menuntut kita untuk meningkatkan kualitas diri, baik itu menjadi lebih baik dalam hal kemampuan yang sudah kita kuasai atau dalam mempelajari kemampuan baru, misalnya menguasai bahasa asing. Berikut ini beberapa tips dan trik untuk membantu anda dalam menguasai bahasa asing.

  1. Pahami kenapa anda ingin menguasainya


Jika anda tidak memiliki alasan untuk belajar suatu bahasa asing, anda tidak akan terus termotivasi untuk mempelajarinya dalam jangka panjang. Misalnya anda ingin menguasai bahasa Jerman karena anda sedang berbisnis dengan orang Jerman. Tidak masalah apa alasan anda, setelah anda memutuskan untuk mempelajari bahasa asing tertentu, sangat krusial untuk memiliki komitmen: “OK, saya ingin mempelajarinya dan oleh karenanya saya akan melakukan yang terbaik yang saya bisa untuk menguasainya.”

[caption id="attachment_1503" align="aligncenter" width="635"]Tips belajar bahasa asing Tips belajar bahasa asing[/caption]

  1. Cari partner


Akan selalu ada orang di luar sana yang juga sedang belajar bahasa asing yang sama dengan anda. Cari mereka dan jadikan salah satu dari mereka sebagai partner anda dalam belajar bersama. Itu akan memungkinkan anda untuk saling mendukung dan meningkatkan kemampuan satu sama lain. Dengan memiliki seorang partner, anda memiliki seseorang untuk anda ajak berlatih berbicara bahasa asing tersebut secara langsung. Apalagi sekarang sosial media sedang menjadi tren, tentu akan sangat mudah sekali untuk menemukan seseorang yang juga sedang memiliki misi yang sama dengan anda.

  1. Bicara kepada diri anda sendiri


Jika anda tidak memiliki seseorang untuk anda ajak bicara, tidak ada salahnya anda berbicara kepada diri sendiri. Mungkin terdengar sangat aneh, tapi berbicara kepada diri anda sendiri dalam suatu bahasa asing merupakan cara yang luar biasa untuk berlatih jika anda tidak bisa menggunakan bahasa tersebut sepanjang waktu. Ini akan melatih kata dan frase baru serta membangun kepercayaan diri anda jika suatu saat anda berbicara kepada seseorang menggunakan bahasa tersebut.

  1. Jaga tetap relevan


Berbicara kepada orang lain akan menjaga proses belajar tetap relevan. Anda belajar suatu bahasa agar anda bisa menggunakannya. Anda tidak menggunakannya untuk bicara kepada diri anda sendiri. Sisi kreatifnya ialah benar-benar mampu untuk menempatkan bahasa yang anda pelajari kepada situasi yang sebenarnya, apakah itu untuk menulis artikel, berbincang dengan orang lain, atau menggunakannya saat anda ke luar negeri. Tapi anda tidak perlu pergi ke luar negeri untuk mempraktekkannya, anda bisa mengunjungi restoran Jepang dan memesan makanan dalam bahasa Jepang.

  1. Bersenang-senanglah dengannya


Menggunakan bahasa baru dalam kesempatan apa saja merupakan suatu tindakan kreatif. Pikirkan tentang cara yang menyenangkan untuk melatih bahasa baru anda, misalnya menulis cerita pendek, menulis puisi, atau menggunakannya kepada siapa saja yang bisa anda ajak bicara. Jika anda tidak bisa menemukan cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa asing, maka anda akan merasa cepat bosan. Ingatlah kembali bahwa proses belajar yang harus anda lalui akan sangat panjang, maka hiasilah ia dengan cara-cara yang kreatif dan menyenangkan.

  1. Bertingkahlah seperti anak kecil


Anak kecil seringkali bertingkah sesukanya dan tidak peduli keadaan sekitar. Tirulah itu. Tapi itu tidak berarti bahwa anda harus melakukan hal-hal yang memalukan seperti misalnya melempar-lempar makanan saat berada di restoran. Idenya ialah untuk meniru kecenderungan perilaku anak-anak kecil: misalnya, hasrat untuk bermain-main dengan bahasa asing tersebut atau kemauan untuk tidak takut melakukan kesalahan.

Kita belajar dengan membuat kesalahan. Sebagai anak kecil, kita tentu akan dimaklumi jika berbuat kesalahan, tapi sebagai orang dewasa, berbuat salah adalah tabu. Berbuat salah -  tabu secara sosial, tapi sesuatu yang tidak membebani anak-anak kecil. Saat bicara soal belajar bahasa asing, mengakui bahwa anda tidak mengetahui segalanya (dan merasa baik-baik saja dengan hal tersebut) merupakan kunci untuk bertumbuh dan belajar. Jangan biarkan batasan-batasan sebagai orang dewasa menghalangi proses belajar anda.

  1. Tinggalkan zona nyaman anda


Kemauan untuk mengambil risiko berbuat salah berarti anda sudah siap untuk menempatkan diri anda pada situasi yang memalukan. Ini bisa menjadi sesuatu yang menakutkan, tapi itulah satu-satunya cara untuk berkembang dan meningkatkan diri. Tidak peduli seberapa banyak anda belajar, anda tidak akan mampu menguasainya tanpa menempatkan diri sendiri pada situasi seperti: mengunjungi tempat berkumpulnya orang-orang asing tersebut, dan bicara kepada mereka. Semakin sering anda melakukan ini, zona tidak nyaman anda akan semakin terasa nyaman dan anda akan semakin mampu dalam mengatasi situasi-situasi yang baru dalam misi untuk menguasai bahasa asing.

  1. Mendengarkan


Anda harus belajar mendengarkan sebelum anda bisa bicara. Setiap bahasa asing akan terdengar aneh sewaktu pertama kali anda mendengarnya, tapi semakin sering anda mendengarkannya, semakin anda akan menjadi terbiasa, dan akan semakin mudah untuk mempraktekkannya dalam pembicaraan.

Pada dasarnya kita mampu belajar bahasa apapun, hanya saja pada awalnya kita belum terbiasa dengan bahasa tersebut. Dengan secara intensif mendengarkan suatu bahasa asing diucapkan, kita akan terbiasa dengannya, dengan bagaimana ia terdengar, dengan bagaimana ia diucapkan, dan lain sebagainya. Karena setiap bahasa memiliki aturan pengucapan yang berbeda-beda. Apa yang tertulis di dalam tulisan belum tentu sama dengan apa yang kita dengar. Oleh karena itu, belajar untuk mendengarkannya secara seksama merupakan cara belajar yang paling efektif untuk mengawali penguasaan suatu bahasa asing.


  1. Perhatikan orang-orang berbicara


Bahasa yang berbeda menuntut permintaan yang berbeda di dalam lidah, bibir dan tenggorokan anda. Pengucapan suatu bahasa memiliki aspek fisik yang kental. Jika anda tidak bisa melihat dan meniru seorang asing berbicara bahasanya secara langsung, tontonlah film berbahasa asing untuk belajar mempelajari bagaimana gerak-gerik fisiknya saat berbicara bahasa tersebut.

  1. Menyelaminya lebih dalam


Tidak peduli bagaimana cara anda dalam belajar, sangat krusial untuk mempraktekkan bahasa baru anda setiap harinya. Jika anda benar-benar ingin menguasainya, komitmen anda harus total dan mencoba untuk menggunakannya setiap hari. Setiap harinya, cobalah untuk melakukan kegiatan-kegiatan dengan memanfaatkan bahasa tersebut, misalnya saat berpikir, menulis buku harian, atau bahkan saat berbicara kepada diri sendiri saat tidak menemukan teman untuk berbincang. Itu semua tentang menempatkan semua yang telah anda pelajari ke dalam suatu praktek. Bisa juga anda melakukannya dalam hal-hal kecil seperti mendengar musik berbahasa asing, menonton acara TV berbahasa asing, atau berkenalan dan chatting dengan orang asing melalui sosial media.

Ingatlah bahwa kesempatan belajar yang terbaik dalam berbicara bahasa asing ialah dengan memiliki seorang sebagai teman berbincang-bincang menggunakan bahasa tersebut. Memiliki kesempatan sejenis itu sangat berharga untuk kemajuan kemampuan anda. Hal itu akan membuat anda tetap termotivasi dan terus berlatih. Dan jangan khawatir, mereka tidak akan merasa terganggu dengan banyaknya kekurangan penguasaan bahasa asing yang anda miliki. Jika anda mengatakan kepada mereka bahwa anda sedang belajar dan berlatih menggunakan bahasa mereka, mereka akan bersabar, memaklumi, mendukung dan senang hati dalam membantu anda. Justru mereka akan merasa bangga karena bahasa negaranya diminati oleh orang dari negara lain. Jadi, tidak perlu takut untuk mendekati orang asing dan mencoba berbicara kepada mereka jika anda menemukan kesempatan tersebut.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar