8 Langkah Brilian Untuk Meningkatkan IQ

8 Langkah Brilian Untuk Meningkatkan IQ

Sebagian besar orang mempercayai hasil riset yang mengatakan bahwa IQ merupakan bawaan dari lahir. Memang ada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa DNA atau genetis berkontribusi besar terhadap IQ antara 40-80%. Namun kenyataannya otak dapat ditingkatkan kemampuannya dengan langkah–langkah yang tepat. Langkah–langkah tersebut sudah pasti berkaitan dengan semua kegiatan yang mengasah dan mendukung kinerja otak Anda. Percayalah jika Anda berusaha untuk terus mengasahnya Anda pasti bisa meningkatkan kemampuan otak Anda. Ingat bahwa penelitian tersebut ada 20% dimana IQ tidak dipengaruhi oleh genetis. Kesempatan 20% itu sangat berharga dan beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan otak dapat Anda lihat sebagai berikut.

[caption id="attachment_1409" align="aligncenter" width="635"]Cara meningkatkan IQ Cara meningkatkan IQ (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Olahraga secara rutin


Dr. John Medina yang merupakan seorang biologis molekular berkata bahwa otak memiliki aturannnya sendiri. Untuk membuat otak Anda bekerja secara efisien, Anda butuh berolahraga secara rutin. Olahraga secara rutin akan mengaktifkan protein yang disebut dengan BDNF. Protein ini bertugas untuk membangun dan menutrisi sirkuit sel otak. Dr. John Medina menegaskan bahwa BDNF diproduksi oleh tubuh saat Anda aktif bergerak. Maka dari itu Anda perlu menyadari bahwa protein BDNF memang berfungsi seperti pupuk bagi otak. Dr. Medina menjelaskan bahwa sudah ada penelitian yang berkaitan dengan produksi protein ini. Studi tersebut membuat sekelompok karyawan yang mengetik dengan berjalan di atas treadmill. Teknologi meja sekaligus treadmill ini memang didesain khusus untuk orang yang bekerja agar senantiasa selalu berolahraga. Kemudian kelompok karyawan tersebut dibandingkan dengan karyawan yang tidak melakukan olahraga. Hasilnya ialah karyawan yang tidak berolahraga berisiko untuk mengalami demensia, susah untuk mengingat dalam waktu jangka panjang, kurang konsentrasi untuk memperhatikan apa yang dijelaskan dalam rapat, dan lebih susah berpikir untuk mencari pemecahan masalah.

2. Biasakan untuk Sarapan Pagi


Meskipun Anda sangat tergesa–gesa setiap pagi untuk berangkat kerja, Anda tidak boleh lupa untuk sarapan pagi. Jika Anda seringkali sangat sibuk dan tidak ada waktu untuk membuat sarapan, sebaiknya Anda membeli beberapa roti maupun snack berprotein untuk dikonsumsi sebagai sarapan. Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian dimana sarapan pagi dapat meningkatkan konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, penampilan, memori, dan mood. Sarapan merupakan kesempatan pertama bagi tubuh untuk mengisi ulang energi maupun level glukosa setelah 12 jam tidak makan. Glukosa juga merupakan salah satu energi yang dibutuhkan otak agar mampu bekerja dengan baik.

3. Tidurlah Saat Otak Anda Lelah


Memang orang yang bekerja pasti dibanjiri dengan segudang tugas yang tidak akan selesai apabila hanya dikerjakan di kantor. Sudah pasti setelah Anda sampai di rumah, Anda pasti akan melanjutkannya. Saat tugas belum selesai, orang seringkali memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi kopi untuk menahan kantuk. Kemudian baru akan tidur setelah semua pekerjaan selesai. Namun kebanyakan orang lupa untuk beristirahat yang cukup. Setelah sibuk lembur bahkan ada orang yang hanya bisa tidur selama 3 jam. Saat hal tersebut terulang secara rutin, hal itu tentu saja akan berdampak pada tubuh dan otak Anda. Penting untuk mengerti bahwa saat Anda sudah merasakan kepala pusing karena lembur, itu merupakan pertanda dari tubuh bahwa tubuh sudah sangat kekurangan istirahat. Ingat tidur bukanlah berarti Anda malas untuk menyelesaikan tugas, akan tetapi itu merupakan salah satu langkah bijak untuk memelihara kinerja otak Anda keesokannya.

4. Konsumsi Antioksidan dan Berbagai Suplemen


Alangkah baiknya jika Anda bisa makan dengan gizi yang lengkap, karena gizi yang lengkap merupakan motor penggerak untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan kinerja otak. Namun jika Anda sangat sibuk, hal itu membuat Anda lupa untuk mengonsumsi makanan dengan gizi yang lengkap atau hanya malah mengonsumsi makanan cepat saji. Mengonsumsi makanan cepat saji secara rutin akan berdampak negatif bagi tubuh. Jika Anda memang tidak memiliki waktu untuk menyiapkan makanan dengan gizi lengkap, Anda bisa saja berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mendapat resep suplemen yang tepat untuk Anda. Penelitian sudah membuktikan bahwa suplemen dari bahan yang alami lebih aman dikonsumsi. Suplemen tersebut biasanya mengandung beberapa zat seperti Omega-3, antioksidan, maupun berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Lakukan Senam Otak


Gerakan merupakan salah satu kunci penting untuk meningkatkan kemampuan otak. Gerakan tersebut sudah pasti melibatkan otak kanan dan kiri. Dengan menyeimbangkan kinerja antar kedua bagian otak tersebut, Anda dapat mengembangkan kemampuan otak yang berkaitan dengan konsentrasi, berpikir, dan memori. Contoh gerakan senam otak yang sering dilakukan yaitu lakukan gerakan yang berbeda pada tangan kanan dan kiri Anda. Tangan kanan Anda melakukan gerakan seperti menggosok, sedangkan tangan kiri Anda melakukan gerakan seperti memukul. Gerakkan kedua tangan Anda dengan gerakan yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Setelah Anda melakukannya selama satu menit, Anda dapat memindahkan gerakan memukul dilakukan oleh tangan kanan dan menggosok dilakukan oleh tangan kiri Anda. Hal tersebut sangat efisien untuk mengoptimalkan kerja otak bagian kanan dan kiri Anda.

6. Banyak Membaca


Tentu saja yang dimaksud dengan banyak membaca bukanlah banyak membaca status teman Anda di sosmed. Banyak membaca yang dimaksudkan ialah membaca untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang lebih luas. Di era modern ini Anda sudah tidak perlu membawa berbagai macam buku yang berat untuk dibaca pada saat Anda sedang bersantai, karena Anda dapat membaca melalui tablet maupun handphone Anda. Topik yang dibaca bisa saja mengenai politik, sains, matematika, bisnis, maupun topik–topik menarik lainnya. Perlu untuk dipahami bahwa selain dari genetis, IQ dapat ditingkatkan melalui pendidikan. Semakin banyak Anda membaca, maka otak Anda akan semakin terlatih. Dengan banyak membaca, Anda juga dapat memperoleh berbagai informasi yang dapat menjadi solusi bagi pekerjaan Anda dengan proses analisa berbagai informasi dari bacaan.

7. Bermain Game yang Membutuhkan Kemampuan Berpikir


Bermain game tidak selalu memberikan dampak yang negatif. Tentu saja hal itu bergantung pada game yang Anda pilih untuk Anda mainkan. Game yang baik untuk melatih kinerja otak ialah game yang membutuhkan kemampuan berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Beberapa game yang dapat meningkatkan kerja otak dan dapat Anda download dari handphone seperti Puzzle, Lumosity, What Saying, dan Quiz Up. Saat Anda sedang bersantai gunakanlah untuk bermain game yang dapat meningkatkan kecepatan kinerja otak Anda. Hal tersebut juga dapat mencegah otak mengalami demensia, karena semakin tua seseorang akan semakin besar terkena risiko penyakit demensia.

8. Eksplorasi Hal Baru


Mencoba hal baru itu penting. Saat Anda melakukan hal yang sama berulang kali, hal itu akan menjadi otomatis bagi otak. Hal yang sering Anda lakukan berulang kali dan Anda lakukan secara otomatis seperti pulang dan berangkat kantor melalui jalan yang sama. Saat seseorang melewati jalan yang sama tiap hari, Anda bisa saja secara otomatis melewati simpangan–simpangan tiap jalan menuju ke kantor tanpa perlu sadar 100%. Bagaimana dengan mengubah kebiasaan ini, Anda bisa saja pulang melalui jalan yang berbeda dari jalan yang biasa Anda lalui untuk pulang ke rumah. Saat Anda melalui jalan yang berbeda, hal tersebut akan membuat otak Anda bekerja lebih optimal untuk mengetahui simpangan mana yang harus Anda lewati untuk bisa sampai ke rumah. Contoh lain dari mengasah otak dengan eksplorasi hal baru yaitu dengan cara mengunjungi kawasan wisata baru atau mencoba restauran berbeda saat berlibur. Tentu saja mengunjungi kawasan wisata yang baru dan restauran yang berbeda juga dapat menstimulasi kinerja otak.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar