7 Tips Hemat Ala Anak Kost

7 Tips Hemat Ala Anak Kost

Print tugas, makan, beli buku, ongkos untuk penelitian, belum lagi ibu kost yang setiap bulan menagih bayaran, seakan menjadi hantu menakutkan bagi mahasiswa yang kebetulan kost, seperti saya tentunya. Untuk mengamankan isi dompet agar tidak habis di tanggal tua, seorang anak kost seperti saya punya banyak cara yang terbukti ampuh, mengendalikan keuangan setiap bulannya.

[caption id="attachment_1419" align="aligncenter" width="480"]Tips hemat ala anak kost Tips hemat ala anak kost (Ilustrasi/youtube)[/caption]

Saya akan mencoba membagikan sedikit tips bagaimana cara berhemat ala anak kost, untuk itu bagi anda yang kebetulan sedang kuliah dan pusing dengan kebutuhan yang banyak sebagai anak kost, wajib menerapkan beberapa tips yang akan saya berikan, tapi jangan terlalu mempercayai ini, tetaplah percaya bahwa Tuhan lah yang mengatur rezeki kita, dan tugas kita hanya membuat rezeki itu dimanfaatkan sebaik-baiknya :D , berikut tipsnya :

1. Membeli apa yang anda butuhkan, bukan yang anda inginkan.


Cobalah untuk lebih bijak dalam berbelanja atau membeli sesuatu, kadang kita sering belanja seenaknya saja, tanpa memikirkan apa sebenarnya yang kita butuhkan, sebagai contoh, saya lebih memilih untuk membeli sabun dan alat-alat mandi, dibandingkan membeli mobil, karena memang mahal wkwkwk.

2. Melakukan Riset terhadap harga tempat makan di sekitar.


Anak kost memang kerap kali makan di luar, karena lebih murah dan efisiensi waktu, dibandingkan harus masak berjam-jam di dapur, saya biasanya makan di warteg sekitaran kampus, dan inilah yang sering dilakukan saya dan teman kost lainnya, yaitu memilih warteg idaman yang porsi makanannya banyak dan murah tentunya.

3. Puasa


Jika memang uang kita terlanjur menipis untuk beli makanan, cobalah untuk berPuasa, karena selain baik untuk kesehatan, anda juga akan mendapat pahala.

4. Rajinlah Bertamu


Strategi untuk menghemat kembali uang makan ialah Bertamu ke rumah teman yang kebetulan tidak kost, biasanya akan muncul perkataan dari ibu teman anda “Mari, makan dulu dek ?..” , itulah sesungguhnya rezeki yang harus kita ambil dan jangan disia-siakan, tapi jangan terlalu sering bertamu kepada satu orang teman saja, karena akan menimbulkan kecurigaan dari sang pemilik rumah, carilah teman yang lain yang belum dikunjungi ha ha ha.

5. Cucilah baju dengan tangan sendiri.


Laundry (cuci baju) di sekitaran tempat kost memang banyak sekali, namun akan menguras kocek tentunya, maka dari itu hindarilah mencuci baju menggunakan jasa laundry jika tidak ingin kehabisan uang bulanan. Cobalah untuk mandiri dengan mencuci baju sendiri, yaa.. itung-itung olahraga lahh hehe.

6. Jadilah fakir Wi-fi.


Tidak usah malu menjadi seorang fakir Wi-fi, jika ada yang gratis ngapain harus bayar, benar kan..?. Biasanya untuk kebutuhan browsing tugas dan hal lainnya, saya akan pergi ke sumber wi-fi terdekat , daripada harus ke warnet.

7. Buatlah jadwal untuk mengambil uang bulanan.


Agar lebih teratur pada saat mengambil uang bulanan, cobalah membuat sebuah jadwal mengenai hari dan setiap tanggal berapa anda harus mengambil uang bulanan, untuk kemudian uang itu dipakai. Jika anda tidak teratur dalam pengambilan uang bulanan, bisa jadi anda lupa dan menghabiskan jatah uang bulanan untuk 2 bulan ke depan, kan ga lucu yaa kalo harus puasa selama dua bulan wkwkwk.

Oke cukup sekian tips dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi para penghuni kost di manapun anda berada, Terima kasih…!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar