5 Tips Sukses Mendapatkan Beasiswa

5 Tips Sukses Mendapatkan Beasiswa

“Tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina”. Peribahasa lama ini menunjukkan betapa pentingnya ilmu dan pendidikan dalam hidup bermasyarakat. Para anak bangsa yang cerdas, berprestasi, dan memiliki wawasan luas bagaikan tonggak sebuah negara untuk menghadapi persaingan global. Visi mencerdaskan kehidupan bangsa ini juga didukung oleh banyak pihak melalui pemberian beasiswa-beasiswa pendidikan bagi para pelajar dan mahasiswa yang berprestasi dan memiliki semangat belajar yang tinggi. Mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tentulah menjadi impian semua orang. Namun, langkah untuk mendapatkan beasiswa ini juga tidak bisa dianggap mudah. Anda juga harus bersaing dengan ribuan orang lainnya di luar sana. Berikut ada beberapa tips yang bisa anda coba supaya bisa sukses mendapatkan beasiswa yang anda inginkan.

[caption id="attachment_1458" align="aligncenter" width="500"]Tips sukses mendapatkan beasiswa Tips sukses mendapatkan beasiswa (Ilustrasi/flickr)[/caption]

1. Melatih dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris


Bahasa inggris merupakan bahasa universal di dunia global. Hampir semua beasiswa pendidikan menuliskan syarat minimal IELTS atau TOEFL. Itu artinya, anda harus memiliki kemampuan berbahasa inggris baik aktif maupun pasif. Cobalah untuk selalu melatih dan meningkatkan kemampuan bahasa inggris anda setiap hari dengan cara-cara sederhana seperti membaca buku atau menonton film berbahasa inggris. Lebih baik lagi jika anda mengikuti les khusus Bahasa Inggris.

2. Aktif berorganisasi


Beberapa beasiswa juga lebih memilih para pelajar yang aktif dalam kegiatan organisasi. Maka dari itu, ada baiknya anda mulai aktif dalam organisasi-organisasi yang ada di kampus atau sekolah anda. Lagipula, berorganisasi dapat melatih jiwa sosial anda. Siapa tahu anda juga bisa mendapat informasi-informasi mengenai beasiswa yang cocok untuk anda dari organisasi tersebut.

3. Rajin mencari info beasiswa terbaru


Jangan sampai anda menyesal karena baru saja melewatkan sebuah kesempatan beasiswa hanya karena anda terlambat mendaftar. Oleh karena itu, anda harus rajin update mengenai info-info beasiswa terbaru. Dengan kemajuan internet anda bisa dengan mudah mencari info beasiswa melalui situs-situs yang tersedia di internet. Selain itu, info mengenai beasiswa juga bisa anda dapatkan dari sekolah atau bahkan teman anda.

4. Jangan malas mengurus persyaratan


Persyaratan untuk mendaftar beasiswa biasanya memang cukup rumit. Banyak berkas-berkas yang harus anda penuhi seperti transkrip nilai, surat rekomendasi, motivation letter, curriculum vitae, dan sertifikat-sertifikat lainnya. Namun, jangan sampai hal ini membuat anda menyerah. Jangan biarkan rasa malas mengalahkan semangat anda untuk meraih beasiswa tersebut. Justru sebaliknya, semakin rumit berkas yang harus dipenuhi, maka kesempatan anda mendapatkan beasiswa tersebut semakin besar karena bisa jadi semakin sedikit pesaing yang mendaftar.

5. Buatlah CV dan motivation letter yang menarik


Apabila salah satu persyaratan beasiswa itu ialah anda harus mengirimkan CV ataupun motivation letter mengenai diri anda, maka cobalah buat yang menarik, baik dari segi tampilannya maupun isi tulisan di dalamnya. Anda bisa berkreasi untuk membuat desain yang unik bagi CV dan motivation letter anda. Buatlah yayasan pemberi beasiswa tersebut yakin bahwa andalah orang yang tepat untuk mendapatkan beasiswa tersebut.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar