4 Tips Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

4 Tips Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Buku merupakan jendela dunia. Maka membaca menjadi kunci untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Namun sayangnya, minat baca masyarakat Indonesia saat ini masih terbilang rendah. Mengingat banyaknya pengetahuan yang bisa kita dapatkan dari sebuah buku, maka sudah seharusnya kita menumbuhkan minat untuk gemar membaca, terutama untuk para generasi muda. Mulailah dari hal kecil dengan menularkan hobi membaca pada anak anak kita sendiri. Menumbuhkan minat baca pada anak juga terkadang menimbulkan tantangan tersendiri. Banyak anak-anak terutama di era modern saat ini yang tidak terlalu suka untuk membaca buku dan lebih memilih untuk bermain games dengan gadgetnya. Nah, untuk mulai menumbuhkan minat baca pada anak sejak dini, berikut ada beberapa tips yang dapat anda praktekkan.

[caption id="attachment_1448" align="aligncenter" width="635"]Tips menumbuhkan minat baca pada anak Tips menumbuhkan minat baca pada anak (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

1. Mulailah dengan buku-buku bergambar dan penuh warna


Anak-anak akan lebih tertarik dengan sesuatu yang mencolok dan menarik perhatian. Maka, jangan harap mereka akan antusias jika anda memberinya sebuah buku tebal yang hanya berisi kata-kata. Mulailah dengan bacaan-bacaan ringan yang dipenuhi gambar dan berwarna-warni. Anda bisa memilihkan buku-buku cerita yang berkisah mengenai cerita rakyat atau buku cerita lain yang mengandung nilai edukasi bagi anak-anak. Dengan cara ini, si kecil akan mendapat pengetahuan tanpa kehilangan waktu bermainnya kan.

2. Ajaklah si kecil mengunjungi perpustakaan yang nyaman


Kebanyakan anak-anak tidak suka membaca karena berpikir bahwa membaca merupakan pekerjaan membosankan. Begitu pula dengan perpustakaan yang dianggap sebagai tempat yang tidak menarik. Maka, cobalah sekali-kali mengganti jadwal bepergian anda dan si kecil dengan berkunjung ke perpustakaan. Perpustakaan bukan lagi tempat yang menjemukan kok. Saat ini sudah banyak perpustakaan-perpustakaan kota yang memiliki tempat yang begitu nyaman dan memanjakan para pengunjungnya. Anda dan si kecil bisa refreshing sekaligus menambah wawasan. Menyenangkan bukan!

3. Bacakanlah untuk mereka


Mungkin anda tidak bisa memaksa si kecil untuk seketika hobi membaca buku. Maka, anda bisa memulai dengan membacakannya pada mereka. Luangkanlah sedikit waktu anda setiap harinya untuk membacakan sebuah buku pada mereka, misalnya membacakan buku dongeng sebelum mereka tidur. Dengan cara ini, lambat laun si kecil akan memiliki minat terhadap buku hingga akhirnya mereka tertarik untuk membaca bukunya sendiri

4. Berikan hadiah buku secara berkala


Sebagai orang tua, anda pasti sering membelikan si kecil berbagai hadiah. Daripada anda hanya memberi mainan-mainan sebagai hadiah, cobalah untuk memberikannya hadiah yang bermanfaat, contohnya buku. Jadikanlah buku sebagai hadiah yang anda berikan secara berkala. Dengan cara ini, si kecil tidak akan menganggap buku sebagai sesuatu yang membosankan, melainkan sebagai hadiah yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu dari orang tuanya.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar