3 Cara Membuat Anak Mencintai Tanaman Di Lingkungan Sekitar

3 Cara Membuat Anak Mencintai Tanaman Di Lingkungan Sekitar

Pemanasan global bukan hanya lagi berupa isu saja. Harus ada tindakan nyata dari seluruh pihak masyarakat dunia untuk turut melestarikan pohon ataupun tumbuhan. Di era ini sudah banyak sekali lingkungan yang memiliki kadar polusi di udara yang tinggi. Akibatnya semakin banyak anak yang terkena infeksi saluran pernapasan. Selain itu dampak dari semakin berkurangnya pepohonan ialah saat hujan tiba semakin banyak daerah yang akan terendam banjir. Anda bisa membantu menanggulangi dan mencegah semakin parahnya pemanasan global melalui diri Anda sebagai orang tua dan anak Anda. Anda bisa saja mencoba mengajarkan cara menanam tumbuhan kepada anak Anda. Agar anak-anak menjadi tertarik mengenai dunia tumbuhan, Anda perlu untuk menyimak tips-tips sebagai berikut.
Cara membuat anak mencintai tumbuhan di sekitarnya
Cara membuat anak mencintai tumbuhan di sekitarnya


1. Beri Ruang Khusus Untuk Anak Anda Berkebun

Jika Anda memiliki halaman yang luas, tentu mudah untuk memberikan ruang khusus untuk anak Anda  berkebun. Lalu jika Anda hanya memiliki halaman yang kecil bukan berarti anak Anda tidak dapat diberikan ruang khusus untuk berkebun. Anda bisa saja membuat rak yang tersusun secara vertikal, sehingga hanya membutuhkan ruang yang sempit untuk meletakkan pot–pot. Sebisa mungkin rak vertikal tersebut tingginya disesuaikan dengan tinggi anak Anda, sehingga mereka dapat meletakkan dengan mudah pot–pot berisi tumbuhan ke dalam rak tersebut.
2. Beri Mereka Tumbuhan Yang Menarik Untuk Ditanam

Tumbuhan yang menarik untuk ditanam misalnya saja bunga matahari, sayuran, melati, atau tumbuhan yang dapat menghasilkan buah. Mungkin Anda akan bertanya mengapa semua tumbuhan yang telah disebutkan tadi menarik bagi anak–anak.

Bunga matahari menarik, karena bunganya tergolong besar dan berwarna warni. Bunga matahari tidak hanya berwarna kuning, tetapi ada juga yang berwarna oranye, merah, maupun gradasi. Warna–warni itulah yang disukai oleh anak–anak. Selain itu bunga matahari cocok untuk ditanam di daerah tropis seperti Indonesia.

Sedangkan untuk tanaman sayuran disukai anak–anak, karena mereka dapat mengonsumsinya tanpa perlu Anda khawatir tentang kandungan bahan kimia. Sayuran yang ditanam sendiri oleh anak – anak dapat memicu mereka agar menyukai makan sayuran juga. Jadi Anda dapat tiga manfaat sekaligus, karena menanam sayuran.

Untuk tanaman melati, anak – anak menyukai baunya karena harum.

Terakhir ialah tanaman yang bisa menghasilkan buah, anak – anak akan sangat berharap agar dapat dengan segera mengonsumsi tanaman yang mereka tanam.
3. Beri Mereka Peralatan Berkebun Yang Menarik

Anak – anak selalu tidak dapat dipisahkan dari peralatan yang serba warna – warni dan berbagai bentuk yang lucu. Saat ini sudah banyak perindustrian pot yang memproduksi pot dengan berbagai warna tidak hanya oranye dan hitam saja. Jadi Anda bisa saja membelikan anak Anda pot plastik dengan warna merah muda, biru mudah, maupun hijau muda. Selain itu, peralatan lain yang harus disesuaikan dengan anak – anak ialah ukuran dari sarung tangan dan sekop bertanam yang ukuran kecil. Ukuran peralatan yang sesuai memudahkan anak – anak untuk berkebun, karena lebih nyaman untuk dipakai.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar