17 Tips Sederhana Meningkatkan Konsentrasi

17 Tips Sederhana Meningkatkan Konsentrasi

Anda sering dituntut untuk memiliki konsentrasi tinggi namun sulit melakukannya? Berkonsentrasi memang sangat penting untuk menunjang segala aktivitas sehari-hari. Belajar, bekerja, memasak, menyetir mobil, bahkan berjalan di tempat umum pun membutuhkan konsentrasi. Jika tidak fokus pada apa yang anda kerjakan, bisa-bisa terjadi masalah yang tidak diinginkan, bahkan anda bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Konsentrasi hanya dapat dilakukan ketika kita dapat memfokuskan diri terhadap apa yang akan kita kerjakan. Bagaimana caranya? Mari kita simak serangkaian tips Sederhana Meningkatkan Konsentrasi berikut ini!

[caption id="attachment_1439" align="aligncenter" width="635"]Tips meningkatkan konsentrasi Tips meningkatkan konsentrasi (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Mengatur napas


Jangan sepelekan kegiatan yang satu ini. Mengatur napas merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan konsentrasi dengan cara mudah. Luangkan waktu 2 - 3 menit untuk mengambil napas dari hidung dan membuangnya melalui mulut secara berulang-ulang dan perlahan. Dengan cara ini anda akan mendapatkan ketenangan sehingga dapat memulai sesuatu dengan lebih baik.

  1. Berdoa


Jadikan berdoa sebagai kebiasaan anda sebelum memulai aktivitas. Berdoa membantu anda agar dapat lebih fokus. Doa juga dapat menjadi sugesti positif bagi diri anda karena merasa lebih dekat dengan sang pencipta. Niat positif pada apa yang akan kita kerjakan, membantu otak untuk berpikir positif.


  1. Lakukan persiapan


Sebelum memulai kegiatan, sebaiknya lakukan persiapan terlebih dahulu. Misalnya ketika anda ingin belajar, luangkan waktu untuk mempersiapkan materi dan merapikan tempat belajar. Pilihlah tempat yang sesuai. Usahakan jangan di atas tempat tidur atau dalam posisi yang membungkuk. Jagalah sikap tubuh anda selama beraktivitas agar tidak mengalami masalah seperti pegal atau sakit pinggang yang dapat merusak konsentrasi.

  1. Hindari stres


Sebisa mungkin buatlah diri anda selalu tenang dalam menghadapi masalah. Jangan terlalu terbawa emosi yang justru hanya akan menyebabkan anda semakin stres. Rasa tertekan dan stres dapat menurunkan tingkat konsentrasi anda. Biasakan untuk tidak menunda pekerjaan, sehingga tidak menjadi menumpuk di kemudian hari.

  1. Olahraga


Olahraga sudah sewajarnya menjadi kebutuhan manusia. Berbagai manfaat bisa didapat dari kegiatan ini. Olahraga selain sebagai salah satu cara menjaga kebugaran tubuh, juga dapat berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu olahraga mampu membuang pikiran negatif di dalam diri anda.

  1. Refleksi


Sediakan waktu yang cukup untuk melakukan perenungan atau refleksi. Sesibuk apapun aktivitas yang dilakukan, anda perlu memikirkan keadaan diri sendiri. Dengan refleksi anda akan lebih mengenal diri anda sehingga dapat mengendalikannya.

  1. Mengunyah permen karet


Selain dapat meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian bagi sebagian orang, mengunyah permen karet dapat membantu anda untuk berkonsentrasi. Kunyahlah permen karet sebelum melakukan aktivitas. Namun pastikan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi permen karet.

  1. Mandi


Mandi bagi sebagian orang bukan hanya untuk membersihkan tubuh dari debu dan kuman, tetapi juga dapat menjadi sarana relaksasi. Jangan malas untuk mandi meski badan anda terasa lelah karena aktivitas sehari-hari. Selepas mandi anda akan merasakan tubuh yang segar dan konsentrasi yang lebih baik.

  1. Menemukan suasana yang sesuai


Jangan memaksakan diri untuk memulai mengerjakan sesuatu jika suasana tidak mendukung. Suasana bisa berupa perasaan maupun keadaan di sekitar anda. Usahakan untuk selalu menjaga perasaan agar tetap stabil. Mengenai keadaan sekitar, ajaklah orang-orang untuk bekerjasama menciptakan suasana yang kondusif. Namun jika anda terpaksa melakukan pekerjaan di tengah suasana yang tidak sesuai, cobalah untuk mengabaikan hal-hal tidak penting yang dapat mengganggu anda.

  1. Senam otak


Senam otak merupakan serangkaian gerakan yang banyak melibatkan jari dan tangan. Senam ini terbukti dapat membantu meningkatkan konsetrasi dan banyak dipakai sebagai metode untuk membantu proses belajar anak hingga dewasa. Anda dapat mempelajarinya dengan melihat video yang banyak tersedia di internet.

  1. Memperhatikan gizi makanan


Makanan merupakan sumber berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Sesibuk apapun anda, mulai sekarang sebaiknya tetap konsumsi makanan yang bergizi seimbang. Jenis makanan seperti ikan salmon, tuna, yoghurt, dan oatmeal merupakan makanan yang terbaik untuk otak.

  1. Tidur cukup


Anda terbiasa begadang? Sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk tersebut. Begadang dapat menurunkan daya kerja otak karena tubuh dipaksa untuk tidak beristirahat. Jika kurang tidur, anda tidak hanya sulit mendapatkan konsentrasi tetapi juga bisa terserang berbagai penyakit.

  1. Mendengarkan musik


Musik instrumental yang lembut dapat memanjakan telinga dan otak anda. Pastikan untuk menyalakan musik dengan volume yang tidak terlalu keras, apalagi jika anda menggunakan earphone. Musik yang disetel dalam volume keras justru akan merusak konsentrasi dan dapat menyebabkan gangguan telinga. Jika anda menghidupkan musik keras-keras dengan speaker, bisa-bisa orang di sekitar anda justru akan merasa terganggu.

  1. Hindari minuman beralk*hol


Minuman berbahan alk*hol dapat terbagi menjadi berbagai jenis. Apapun jenisnya, minuman tersebut sudah pasti akan merusak tubuh dan otak.  Hal ini karena alk*hol dapat menyerang sistem syaraf. Bahkan jika sistem syaraf telah rusak, bukan hanya konsentrasi saja yang terganggu tetapi juga kesehatan tubuh anda, bahkan dapat menyebabkan kematian.

  1. Hindari r*kok


Berbagai kampanye untuk memerangi kebiasaan mer*kok telah banyak dilakukan. Baik secara langsung maupun melalui media-media. Bukti-bukti mengenai berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh r*kok pun telah banyak diberitakan. Namun hal tersebut belum dapat membuat para per*kok jera. Kebiasaan tersebut akan sangat sulit dihilangkan jika pelakuknya sendiri tidak mau berniat untuk berhenti. R*kok bukan hanya berbahaya bagi pengisapnya saja, tetapi juga para per*kok pasif yang ikut terpapar asapnya tersebut. Jika anda merupakan salah satu pemilik kebiasaan ini, sebaiknya berhentilah mulai sekarang, karena dapat menurunkan daya kerja otak dan konsentrasi anda.

  1. Jangan bekerja tanpa istirahat


Sesibuk apapun anda, ingatlah bahwa tubuh anda perlu istirahat. Anda bukan robot yang tidak bisa merasa lelah. Selingi kegiatan anda dengan melakukan peregangan agar aliran darah dalam tubuh tetap lancar. Lakukan jalan-jalan santai selama satu atau dua jam sekali di sela-sela aktivitas anda. Jeda ini akan membantu anda menjaga kondisi tubuh dan otak sehingga tetap dapat berfungsi dengan baik. Mengobrol sejenak dengan rekan kerja atau menonton video lucu dapat menghindarkan anda dari ketegangan akan tekanan pekerjaan.

  1. Jangan menunda pekerjaan


Biasakan untuk memiliki sikap disiplin terhadap waktu. Buatlah jadwal rutinitas sehingga pekerjaan anda tidak menumpuk pada satu waktu yang sama. Jadwal pekerjaan yang tersusun rapi akan membantu anda terhindar dari stres. Lebih baik untuk menyicil pekerjaan daripada mengerjakannya ketika telah dekat dengan deadline. Pekerjaan yang dilakukan terburu-buru juga tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah berbagai tips untuk meningkatkan konsentrasi yang dapat anda terapkan di mana saja. Jangan ragu untuk mencoba mulai dari sekarang. Apakah anda sudah menemukan cara meningkatkan konsentrasi yang pas dengan diri anda? Sekian ulasan kali ini, semoga dapat memberi manfaat!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar