15 Tips Bertahan Hidup untuk Mahasiswa Rantau

15 Tips Bertahan Hidup untuk Mahasiswa Rantau

Masa-masa kuliah umumnya menjadi titik perjuangan seseorang. Di masa ini kita sudah mulai dipandang sebagai orang dewasa yang memiliki tanggung jawab terhadap hidup kita sendiri. Tidak jarang seorang mahasiswa harus mulai berjuang bertahan hidup tanpa selalu mengandalkan bantuan finansial dari orang tua. Terlebih untuk seorang mahasiswa rantau yang harus tinggal jauh dari rumah. Jika kamu termasuk salah satu di antaranya, tips bertahan hidup untuk Mahasiswa Rantau di bawah ini akan bisa kamu manfaatkan. Selamat menyimak!




[caption id="attachment_1443" align="aligncenter" width="500"]Tips bertahan hidup untuk mahasiswa rantau Tips bertahan hidup untuk mahasiswa rantau (Ilustrasi/flickr)[/caption]


  1. Hemat




Hemat merupakan salah satu prinsip yang harus kamu miliki untuk bisa bertahan di perantauan. Jika kamu berkuliah di kampus yang terletak di kota besar, kemungkinan untuk tergoda akan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu akan lebih besar. Mungkin di kota tersebut kamu akan menjumpai banyak tontonan seperti konser-konser yang memerlukan pengeluaran lebih. Inilah salah satu godaan yang harus kamu atasi sebagai seorang mahasiswa yang hidup mandiri di perantauan. Selain itu, film-film yang diputar di bioskop bisa membuat pengeluaranmu membengkak karena biasanya bioskop di kota besar akan menjual harga tiket lebih mahal dari kota-kota kecil lainnya.





  1. Cari Beasiswa




Berburu beasiswa sudah bukan menjadi hal yang asing untuk para mahasiswa. Baik dari dalam kampus maupun dari pihak luar, pasti banyak sekali tawaran beasiswa dengan berbagai syarat dan ketentuan. Kuncinya, rajin-rajinlah mencari informasi dari berbagai sumber, seperti website kampus atau pengumuman-pengumuman perusahaan. Biasanya perusahaan besar banyak memberikan penawaran beasiswa sebagai bentuk program tanggung jawab sosial mereka. Kamu juga bisa bertanya langsung pada bagian kemahasiswaan. Beasiswa yang masuk ke kampus sering menumpuk karena jarang ada mahasiswa yang mau berburu informasi. Tidak semua beasiswa mengharuskan syarat prestasi akademik. Jika kamu memiliki prestasi di bidang lain seperti olahraga atau seni, peluang untuk mendapatkan beasiswa juga sama besarnya.





  1. Atur Pengeluaran dengan Skala Prioritas




Kamu tidak perlu menjadi anak ekonomi untuk bisa mengatur pengeluaran dengan baik. Buatlah daftar skala prioritas mengenai pengeluaranmu akan kebutuhan dalam satu bulan. Jika kamu anak beasiswa yang mendapat uang saku setiap satu bulan sekali atau mendapat jatah dari orang tua setiap bulan, kamu bisa membuat daftar kebutuhanmu selama satu bulan ke depan. Pastikan bahwa kebutuhan besar seperti membayar sewa tempat tinggal dan makan sampai dengan kebutuhan kecil seperti pulsa dan fotokopi bahan kuliah masuk di dalamnya. Jika ternyata masih ada sisa dari uang sakumu setelah dibuat skala prioritas, kamu bisa menempatkannya menjadi dana cadangan atau tabungan. Jika tabunganmu sudah cukup banyak, kamu bisa melakukan investasi dengan membeli emas atau bahkan saham perusahaan. Uang itu bisa juga digunakan sebagai modal usaha.






  1. Selektif dalam Pergaulan




Satu hal penting yang harus kamu pertimbangkan ketika menjalani masa kuliah ialah pertemanan. Bertemanlah dengan orang-orang yang memang cocok denganmu. Jangan sampai hubungan pertemananmu akan menyulitkanmu. Misalnya, kamu berteman dengan orang-orang yang sering hang-out di tempat-tempat mahal, mau tidak mau kamu juga akan terpengaruh oleh mereka. Perilaku konsumtif orang-orang di sekitarmu dapat menular padamu. Kamu tidak perlu menderita hanya karena ingin dianggap eksis. Selain itu, dengan siapa kamu bergaul, bukan saja menentukan bagaimana gaya hidupmu, tetapi juga karirmu di masa depan. Masa kuliah merupakan masa terbaik untuk kamu membangun networking. Sebagian besar peluang pekerjaan bisa didapat dari jaringan pertemananmu. Maka, maksimalkanlah hal itu untuk menunjang masa depanmu.





  1. Ikut Ajang Kompetisi Berhadiah




Berbagai kompetisi dapat kamu ikuti ketika menjadi seorang mahasiswa. Ajang-ajang kompetisi banyak digelar baik dari level universitas, nasional, sampai internasional. Aneka lomba ini ada yang diperuntukkan bagi perorangan dan ada juga yang menghendaki peserta secara berkelompok. Maksimalkanlah potensi yang ada pada dirimu. Buang rasa malu dan jagalah semangatmu untuk selalu optimis. Ajang kompetisi tidak hanya bisa memberikan penghasilan tambahan untukmu. Dengan mengikuti berbagai kompetisi kamu juga akan mendapatkan pengalaman yang akan memperkaya curriculum vitae-mu.





  1. Bekerja Paruh Waktu




Jika kamu tidak terlalu sibuk menjalani perkuliahan, kamu bisa mencari pekerjaan sambilan. Kuncinya ialah jangan malu. Meski peluang pekerjaan paruh waktu tidak sebanyak di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Korea, dan Jepang, kamu sebagai mahasiswa Indonesia juga bisa mencari pekerjaan jenis ini dari berbagai sumber informasi. Beberapa jenis pekerjaan seperti mengajar, data entry, menjadi penulis artikel, atau menjadi tenaga survey bisa menjadi pilihan yang menggiurkan. Selain mendapat penghasilan tambahan, kamu juga akan mendapatkan pengalaman kerja bahkan sebelum kamu lulus kuliah.





  1. Magang




Banyak perusahaan yang membuka kesempatan magang bagi mahasiswa. Beberapa perusahaan bahkan memberikan gaji sesuai Upah Minimum Regional. Biasanya magang diperuntukkan bagi mahasiswa di tingkat akhir. Kamu bisa mencari tempat magang yang sesuai dengan ilmu yang kamu pelajari. Bahkan perusahaan sering memberi kesempatan bagi pegawai magangnya untuk menjadi karyawan tetap jika ternyata penilaian perusahaan terhadap kinerja selama kamu magang memuaskan.





  1. Ikut Proyek Dosen




Dosen-dosen sering memiliki proyek penelitian ataupun program kegiatan yang memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk bergabung. Ambillah kesempatan tersebut selagi kamu memiliki kemampuan. Tidak ada ruginya kamu bekerja sama dengan dosen. Kamu bisa menjadi lebih akrab dan bukan tidak mungkin kamu akan selalu dilibatkan pada proyek-proyek berikutnya jika kinerjamu memuaskan.





  1. Menjadi Partisipan Penelitian




Dunia kampus merupakan dunia penelitian. Penelitian merupakan salah satu bagian dari tridharma perguruan tinggi selain pendidikan dan pengabdian masyarakat. Berbagai penelitian biasanya membutuhkan partisipan. Tidak jarang di antaranya yang memberikan imbalan berupa uang tunai. Kamu bisa mempergunakan waktu luangmu untuk ikut serta dalam penelitian-penelitian tersebut. Meski tidak banyak, kamu bisa mendapatkan tambahan uang jajan sekaligus membantu orang lain dan mendapatkan pengalaman baru.





  1. Berbagi Tempat Tinggal




Kampus biasanya menyediakan asrama yang diutamakan bagi mahasiswa daerah. Asrama ini umumnya akan lebih murah biaya sewanya dari pada tempat kost lain. Jika terpaksa harus mencari tempat tinggal sendiri, kamu bisa menyiasatinya dengan berbagi tempat tinggal. Kamu bisa mengajak salah satu temanmu yang berasal dari satu daerah untuk tinggal di satu kamar kost sehingga bisa membagi biaya sewanya. Cara lainnya, kamu bisa menyewa atau mengontrak satu rumah untuk dipakai bersama beberapa teman. Pastikan kamu dan teman-temanmu memiliki kesepakatan bersama terkait pembayaran, pembagian tempat, dan pembagian tugas karena jika memilih mengontrak berarti harus mengurus rumah tersebut sendiri sehingga tidak terjadi perselisihan nantinya.





  1. Masak/Mencuci Sendiri




Menyelesaikan hal-hal yang bisa dilakukan sendiri seperti memasak dan mencuci akan sangat membantumu meminimalkan pengeluaran. Perlu kamu tahu bahwa kebutuhan makan merupakan kebutuhan yang menyerap anggaran paling besar selain sewa tempat tinggal. Jika kamu tidak bisa memasak makanan, kamu bisa memasak nasinya saja dan membeli lauk di luar. Selain itu, jangan malas mencuci pakaian sendiri. Memang jasa laundry banyak tersedia di sekitar tempat tinggalmu, tetapi membeli sabun dan mencuci sendiri akan menghemat biaya berkali-kali lipat.





  1. Ikut Berbagai Kegiatan/Seminar




Apa yang bisa kamu dapatkan dari berbagai kegiatan seperti seminar dan pelatihan? Pertama, kamu akan mendapatkan keterampilan atau pengetahuan baru. Kedua, kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru dan menambah jaringan pertemananmu agar menjadi lebih luas. Ketiga, kamu akan mendapatkan sertifikat untuk meningkatkan curriculum vitae. Keempat, kamu bisa mendapatkan berbagai seminar kit, makanan, atau bahkan uang tunai. Menyenangkan bukan?





  1. Memanfaatkan Wifi Kampus




Kamu banyak mengeluarkan uang untuk membeli paket internet? Memang jaringan internet sudah menjadi salah satu kebutuhan penting seorang mahasiswa. Internet sangat diperlukan untuk mengerjakan tugas dan lain sebagainya. Jika kamu merasa kebutuhan akan internetmu begitu besar, kamu bisa memanfaatkan wifi kampus. Manfaatkanlah fasilitas yang ada semaksimal mungkin. Kamu juga bisa pergi ke tempat-tempat umum yang menyediakan jaringan wifi gratis.





  1. Jualan




Berjualan meski menjadi seorang mahasiswa sudah menjadi hal yang umum dilakukan. Banyak sekali jenis produk yang bisa kamu jadikan barang jualan selama kuliah. Kamu bisa melihat peluang berjualan dari apa yang dibutuhkan oleh teman-teman sekitarmu. Misalnya kamu bisa berjualan pulsa, sepatu, tas, pakaian, makanan khas daerahmu, produk kerajinan, dan lain-lain. Kamu juga bisa ikut garage sale jika ada atau berjualan pakaian di pasar kaget yang biasanya dibuka pada hari minggu pagi.





  1. Menjadi Penonton di Program Televisi




Banyak program televisi yang membutuhkan penonton bayaran. Kamu dan teman-temanmu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk menambah penghasilan. Pastikan bahwa kegiatan itu tidak sampai mengganggu aktivitas utamamu sebagai seorang mahasiswa. Ingatlah selalu bahwa kamu memiliki tanggung jawab dengan studimu.


Itulah tips-tips yang bisa kamu terapkan selama menjalani masa perkuliahan sebagai mahasiswa rantau. Ketika kamu hidup di kota besar yang penuh dengan segala kemudahan, ingat selalu bahwa kemudahan-kemudahan yang bisa kamu dapatkan itu juga harus dibayar dengan harga yang tidak sedikit. Pintar-pintarlah untuk mengatur pengeluaran dan melihat peluang untuk menambah pendapatanmu. Sukses di usia muda bukanlah hal yang mustahil ketika kamu mau memaksimalkan potensi yang ada di dalam dirimu. Jangan takut untuk merantau dan memulai hidup mandiri saat kuliah. Teruslah menjaga semangat demi masa depan!

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar