7 Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan

7 Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan

Saat musim hujan tiba membawa kesegaran tertentu akan tetapi musim penghujan juga membawa sekian banyak masalah kesehatan terutama bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang belum berkembang atau lemah seperti anak-anak dan orang lanjut usia.

Selain itu, terdapat beberapa macam penyakit yang makin meningkat angka kejadiannya di musim hujan seperti demam berdarah, flu juga beberapa penyakit yang ditularkan melalui makanan seperti demam tifoid dan kolera.

[caption id="attachment_1388" align="aligncenter" width="635"]Tips menjaga kesehatan di musim hujan Tips menjaga kesehatan di musim hujan (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Berikut 7 tips untuk menjaga kesehatan di musim hujan.

  1. Sedia payung sebelum hujan


Peribahasa sedia payung sebelum hujan yang diteruskan turun temurun dari generasi ke generasi tampaknya juga merupakan kebijakan lokal dari para leluhur untuk menghadapi musim hujan. Saat musim hujan datang sediakan selalu payung atau jas hujan di dalam tas anda, jika perlu gunakan sepatu yang kedap air agar menjaga diri Anda tidak terbasahi air hujan.


  1. Minum vitamin C


Jika Anda merasa asupan vitamin C kurang dari diet sehari-hari ada baiknya untuk mengonsumsi suplemen vitamin C untuk membantu tubuh memerangi kuman yang masuk dengan cara mengaktivasi antibodi.

  1. Mandi air hangat setelah kehujanan


Kondisi pakaian yang basah karena tersiram air hujan akan membuat lingkungan badan lebih dingin apalagi jika ditambah diterpa angin kencang, hal ini bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan rentan terkena penyakit. Dengan menyiram seluruh tubuh dengan air bersih akan membersihkan kotoran yang melekat di kulit setelah beraktivitas seharian dan mengembalikan kesegaran tubuh.

  1. Minum minuman hangat


Musim hujan merupakan saat yang tepat untuk mengonsumsi berbagai minuman yang menghangatkan tubuh seperti air teh hangat, air rebusan jahe, susu hangat, bandrek hangat atau sup hangat. Minuman hangat akan meningkatkan temperatur tubuh dari cuaca dingin yang sempat menyergap.

  1. Lebih menjaga kebersihan


Berbagai mikroorganisme lebih banyak berkembang biak dan ditularkan di musim hujan. Virus flu misalnya sangat mudah ditularkan lewat udara atau lewat memegang hal-hal yang sudah terkontaminasi virus karena percikan ludah saat seseorang bersin, maka di musim hujan lebih seringlah mencuci tangan secara teratur juga melap lapisan keyboard, meja dan alat-alat tulis yang sering Anda pegang.

  1. Minum lebih banyak air


Saat hujan biasanya membawa suasana lingkungan yang dingin dan seringkali orang terutama wanita enggan banyak minum karena malas bolak-balik ke kamar kecil, padahal air sangat penting untuk metabolisme tubuh dan untuk melawan serangan kuman. Minum air putih (minimal 8 gelas setiap hari) akan membantu pengeluaran zat asing dan racun dari tubuh kita.

  1. Perhatikan makanan


Selama musim hujan lebih aman untuk menghindari menyantap makanan yang dijual terbuka di pinggir jalan karena kemungkinan kontaminasi lebih besar dengan banyak berkembang biaknya vektor penyakit seperti lalat dan nyamuk di musim hujan.




Sumber : http://www.euorhealth.com/blog/7-most-important-tips-that-keep-you-healthy-in-the-rainy-season/
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar