5 Tips agar mudah beradaptasi dengan lingkungan baru

5 Tips agar mudah beradaptasi dengan lingkungan baru

Anda sering berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lain? Atau anda baru pertama kalinya berpindah tempat tinggal? Namun, anda susah untuk beradaptasi di lingkungan baru?
Memang tak semua orang mudah untuk beradaptasi dan tak semua orang pula susah untuk beradaptasi, memang bagi orang yang mudah beradaptasi, akan sangat menyenangkan tinggal di suasana baru, teman baru, dan kisah baru. Namun bagaimana halnya dengan orang yang susah beradaptasi? Pastilah berpindah ke lingkungan baru merupakan momok menyeramkan untuknya. Karena harus adaptasi dengan lingkungan baru lagi, adaptasi dengan warga yang baru dikenal lagi, mesti menghapal nama orang – orang penting di sekitar anda lagi.

[caption id="attachment_1351" align="aligncenter" width="635"]Cara beradaptasi dengan lingkungan baru Cara beradaptasi dengan lingkungan baru (Ilustrasi/wikipedia)[/caption]

Namun tak perlu khawatir lagi untuk pindah ke lingkungan yang baru karena saya akan memberikan tipsnya untuk kalian

  1. Jadilah manusia yang ramah


Jika anda baru saja pindah ke lingkungan yang baru dan tentunya anda merupakan  warga baru, maka andalah yang harus menyapa dan mengajak orang berkenalan terlebih dahulu. Buang jauh – jauh dulu rasa cuek dan gengsi anda karena sekarang anda yang membutuhkan orang lain, bukan orang lain yang membutuhkan anda.






Baca juga:


2. Agar anda lebih nyaman tinggal di lingkungan baru, ikutlah kegiatan sosialisasi yang sering diadakan di sana, misalnya arisan ataupun gotong royong bersama.


Karena selain anda akan lebih banyak mengenal orang, anda juga akan terkesan sangat bersosialisasi sekali, dan orang di sekitar anda akan menyukai keberadaan anda. Atau misalnya lingkungan sekitar anda sering sekali membuat kerajinan tangan, selain anda akan mendapatkan ilmunya, anda juga sudah membantu orang di sekitar anda.

3. Jangan menyusahkan orang lain


Terkadang inilah yang membuat kita sulit beradaptasi, karena kita terlalu bergantung terhadap sesuatu dan sering merepotkan orang lain. Akibatnya orang lain tidak akan menyukai keberadaan kita dan kita juga akan semakin sulit beradaptasi. Karena saat kita baru pindah dan belum beradaptasi saja orang sudah tidak menyukai kita, apalagi kalau kita tinggal lebih lama. Maka jika terpaksa meminta bantuan orang lain, mintalah seperlunya saja.

4. Berperilakulah yang menyenangkan terhadap orang lain, misalnya memberikan sebagian dari masakan anda kepada orang lain, tak perduli makanan anda enak atau tidak.


Jika anda berbuat baik pasti orang akan menganggap masakan anda tidak buruk. Karena selain yang mereka rasakan bukan hanya rasa makanan anda, namun juga kebaikan anda.

5. Mulailah membuka diri kepada mereka


Ini bisa dilakukan dengan mengajak mereka berkumpul di rumah anda ataupun hanya sekedar mengajak mereka memasak sesuatu di rumah anda, dengan begitu selain merasa dihargai mereka juga akan sangat senang dengan kepribadian anda.

Jika orang lain senang terhadap anda, mulai dari perilaku anda yang baik, dan sangat melekat dengan warga di sekitar anda. Maka akan semakin mudah juga anda akan beradaptasi karena rasa kebersamaan, persatuan, dan rasa kenyamanan anda. Semoga bermanfaat
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar