10 Cara Mudah Ini Akan Membantu Meningkatkan Kreatifitas

10 Cara Mudah Ini Akan Membantu Meningkatkan Kreatifitas

Apakah Anda merasa jika diri anda adalah seseorang yang kreatif? atau malah sebaliknya, apakah anda merasa jika diri anda adalah seseorang yang sama sekali tak kreatif? Apapun jawaban anda sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan daya kreatifitas. Apapun profesi yang anda geluti saat ini, dengan cara mudah sebenarnya anda bisa meningkatkan kreatifitas melalui langkah-langkah yang sederhana.

[caption id="attachment_1368" align="aligncenter" width="635"]Cara mudah meningkatkan kreatifitas Cara mudah meningkatkan kreatifitas (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Mungkin bagi sebagian orang dan termasuk anda selalu berpikir bahwa kreatifitas itu hanyalah milik sebagian orang saja, misalnya saja seperti ilmuwan, seniman, penulis, hingga artis. Namun ketahuilah, sebenarnya daya kreatifitas merupakan suatu kemampuan alamiah yang dianugerahkan oleh sang Maha Pencipta pada makhluk ciptaannya yang sempurna bernama manusia, sama seperti ketika kita dianugerahi kemampuan bernafas.

Siapa saja bisa memiliki daya kreatifitas yang tinggi jika dia menginginkannya. Sebab, kreatifitas dapat dikembangkan dan juga ditingkatkan. Kreatifitas itu sangat mirip dengan otot yang anda miliki, jika tidak dilatih dan digunakan dengan baik dan benar maka dengan perlahan otot tersebut akan berangsur-angsur kehilangan kekuatannya. Nah, agar bisa menjadi seseorang yang kreatif, maka anda perlu melatih kreatifitas anda dan tak perlu harus mempunyai kecerdasan atau IQ yang tinggi. Pasalnya banyak juga orang yang memiliki IQ tinggi tapi tetap saja tidak bisa melakukan apapun agar hidupnya menjadi jauh lebih baik.

Hal tersebut terjadi lantaran mereka hanya bekerja di dalam pekerjaan yang sebenarnya tak mereka sukai, mereka hanya bekerja karena merasa terpaksa. Hasilnya, mereka bekerja semata-mata hanya untuk mendapatkan gaji dan secara tidak langsung mereka sebenarnya bekerja di level yang sangat jauh di bawah kemampuan atau potensi yang mereka miliki.  Sedangkan kecerdasan itu pada hakekatnya berhubungan dengan cara anda bergerak serta bertindak. Jika anda bertindak dengan cerdas, maka secara otomatis anda cerdas.

Anda bisa mengetahui kualitas kejeniusan maupun kecerdasan anda dengan mengukur 3 hal mendasar:

  • Open Minded-ness, karena dengan makin terbuka cara berpikir anda maka akan semakin terbuka juga anda akan berbagai ide baru maupun dalam mencari solusi untuk memecahkan suatu masalah.

  • Kemampuan konsentrasi serta fokus pada suatu masalah. Di mana anda harus memiliki kemampuan untuk konsentrasi dan fokus pada suatu masalah yang anda hadapi.

  • Kemampuan untuk memecahkan suatu masalah dengan sistematis.


Nah, itulah 3 hal mendasar yang dapat digunakan sebagai tolok ukur kecerdasan seseorang. Lalu bagaimanakah cara untuk bisa meningkatkan daya kreatifitas? Beberapa langkah yang sangat mudah seperti contoh berikut ini patut untuk anda coba demi meningkatkan kreatifitas anda dalam berbagai hal, termasuk untuk menyelesaikan masalah yang tengah mendera anda.

10 Cara Mudah untuk Meningkatkan Kreatifitas



  1. Ubah cara berpikir negatif ke positif


Dengan makin positif cara berpikir anda maka hal tersebut akan semakin membuat anda merasa percaya diri dan juga optimis dalam menghadapi beragam permasalahan. Selanjutnya anda juga akan makin kreatif untuk menemukan solusi untuk apapun permasalahan yang tengah anda hadapi. Biasakanlah untuk selalu berfikir bahwa masalah yang tengah anda hadapi adalah suatu kesempatan bagi anda untuk bisa menjadi jauh lebih baik.

  1. Tulis dengan sangat detail situasi kesulitan serta permasalahan yang tengah anda hadapi


Tulislah segala sesuatu yang ada kaitannya dengan kesulitan serta permasalahan yang tengah anda hadapi, Apa yang membuat anda tertekan? Apa yang anda kuatirkan? Dan apa yang membuat anda tak bahagia? Hal tersebut tak berarti anda harus berpikir negatif, akan tetapi dengan menulisnya maka untuk selanjutnya anda akan mulai berpikir untuk mencari solusi dari kesulitan maupun permasalahan yang tengah anda alami tersebut.

  1. Jangan segan untuk bertanya


Sebaiknya anda janganlah terlalu cepat puas dengan jawaban singkat terkait dengan permasalahan maupun kesulitan yang anda hadapi. Berlatihlah untuk menjawab sendiri kesulitan serta permasalahan anda, karena pertanyaan dari sudut pandang lain juga sangat diperlukan. Misalnya saja bisnis yang anda rintis sedang mengalami penurunan, pikirkan kenapa sampai bisa menurun? mengapa penjualannya sampai bisa menurun? apa akibat dari makin banyaknya kompetitor? atau karena produk anda sendiri yang kian menurun kualitasnya? Dengan makin banyak pertanyaan yang dapat anda buat, maka hal tersebut akan memacu anda untuk makin kreatif dalam mendapatkan solusinya.

  1. Definisikan Batasan serta Buatlah Solusi alternatif


Anda haruslah mampu untuk mengidentifikasikan apa saja yang menjadi penghambat dan menjadi batasan anda untuk bisa segera menyelesaikan permasalahan yang tengah anda alami. Kemudian yang harus anda lakukan selanjutnya ialah mencari alternatif solusi lain yang sesuai dengan batasan anda.

  1. Lakukan keputusan yang anda ambil


Segeralah melakukan atau menjalankan keputusan yang paling baik dari beragam alternatif solusi yang anda buat. Pilihlah keputusan yang menurut anda paling baik setelah  membandingkannya dengan beragam alternatif yang lainnya.

  1. Buat Planning cadangan


Buatlah suatu langkah yang dapat segera anda ambil jika nyatanya keputusan yang paling baik yang telah anda ambil tidak berjalan sesuai dengan apa yang anda harapkan. Anda harus menyiapkan planning atau rencana cadangan sebagai langkah antisipasi jika hasil dari evaluasi keputusan yang terbaik anda tak sesuai dengan apa yang telah menjadi tujuan awal anda.

  1. Tetapkan satuan pengukuran pada setiap keputusanmu


Anda juga harus menetapkan ukuran untuk bisa mengetahui perkembangan dari pencapaian tujuan awal yang telah anda tetapkan. Hal tersebut tentu sangat perlu untuk dilakukan karena jika tidak, lalu bagaimana cara anda untuk dapat mengetahui jika anda sebenarnya sudah sukses?

  1. Anda harus mau menerima konsekuensi dari keputusan yang telah dibuat


Anda harus mau dan berani menghadapi apapun risiko dan hasil yang anda dapatkan sebagai imbas dari keputusan yang telah anda buat. Untuk melakukan hal tersebut tentu saja diperlukan kedewasaan dalam menyikapi hasil dari suatu keputusan, sebab tak sedikit orang yang justru akan lari dari tanggung jawab, dan sebaiknya anda janganlah menjadi pribadi yang seperti itu.

  1. Tentukanlah deadline


Anda juga harus menentukan deadline dari masing-masing tujuan anda. Misalnya saja jika anda ingin agar di tahun depan sudah mempunyai penghasilan sebesar 100 juta per tahun. Maka yang harus anda lakukan ialah harus membreak-down semua yang anda lakukan tiap bulan, setiap hari, setiap jam, dan bahkan hingga tiap menit untuk dapat mencapai tujuan yang telah anda tetapkan tersebut.

  1. Anda harus Take Action


Ya, anda harus bertindak, sibukkanlah diri anda dan terus bergerak. Setelah menentukan prioritas tujuan anda. Makin cepat serta makin jelas tujuan anda, maka akan semakin kreatif diri anda dalam mencapai tujuan yang telah anda tetapkan

Anda juga akan mempunyai banyak energi serta waktu untuk belajar. Dengan semakin banyak belajar tentu saja akan makin cepat anda bisa mengembangkan kapabilitas diri anda untuk mencapai segala sesuatu yang jauh lebih baik untuk masa depan anda.

Seseorang yang ingin bisa meningkatkan kreatifitas di dalam dirinya memang perlu melakukan beberapa hal serta berani untuk mengerjakan berbagai hal yang bahkan sama sekali belum pernah ia lakukan. Tentu saja tidak sedikit yang menyangka jika kreatifitas itu hanya dibutuhkan di dalam bidang seni saja, padahal sebenarnya kreatifitas itu juga dibutuhkan di dalam setiap hal dalam kehidupan kita. Tak peduli siapapun anda, entah itu pebisnis, karyawan, pengrajin, pelajar, mahasiswa, seniman dan sebagainya, yang namanya kreatif tentu akan sangat dibutuhkan karena untuk menghasilkan sebuah ide akan sangat diperlukan kreatifitas.

Misalnya saja ketika seseorang tengah menghadapi suatu masalah, maka tak sedikit yang pada akhirnya justru merasa bingung dan tak tahu harus berbuat bagaimana karena dia tak dapat mencari solusi untuk masalah yang dialaminya tersebut karena dia tak kreatif. Jadi, apakah anda masih enggan untuk meningkatkan kreatifitas anda?
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar