Tips Memilih Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Tips Memilih Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Menurunkan kolesterol adalah bentuk dari upaya pencegahan penyakit berbahaya seperti jantung konorer, stroke, dan lain sebagainya. Kolesterol dapat terjadi akibat gaya hidup yang tidak baik dan pola makan yang kurang sehat. Jika banyak orang yang masih menganggap kolesterol sebagai hal yang sepele maka sangat disayangkan sekali jika anda terlambat untuk mengatasinya karena kolesterol rupanya dapat mengantarkan nyawa pada kematian. Oleh sebab itu anda harus mencegah dan mengatasi kolesterol tinggi sejak dini. Cara menurunkan kolesterol tinggi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara alami yang sangat aman dan juga cukup efektif. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol tinggi. Jika saat ini anda lebih sering mengonsumsi makanan berlemak dan berkolesterol maka kini saatnya anda mengganti asupan makan anda tersebut menjadi lebih sehat dengan beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Bagi anda yang ingin segera tahu dan penasaran maka langsung saja simak ulasan di bawah ini.

[caption id="attachment_1337" align="aligncenter" width="635"]Makanan penurun kolesterol tinggi Makanan penurun kolesterol tinggi[/caption]

Minyak Zaitun Dan Bawang Putih

Makanan penurun kolesterol tinggi minyak zaitun ini biasanya ada pada setiap kuliner mediterania. Di dalam zaitun terdapat kandungan asam jenuh tunggal yang begitu tinggi sehingga apabila zaitun ini dikonsumsi maka dapat menurunkan tingkat kolesterol dan mencegah terjadinya tekanan darah serta penumpukan LDL. Minyak zaitun ini dapat anda bubuhkan pada setiap olahan anda seperti salad saur atau salad buah dan lain sebagainya. Berikutnya ada bawang putih yang telah dipercaya khasiatnya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi serta melindungi tekanan darah. Bawang putih ini aman dikonsumsi secara langsung meski rasanya amatlah getir namun dapat juga dibubuhkan pada tiap masakan anda.

Oatmeal

Makanan penurun kolesterol tinggi yang rasanya sangat lezat ialah oatmeal. Hanya dengan mengonsumsi seporsi mangkuk oatmeal saja dapat menurunkan kadar lipoprotein di dalam tubuh atau yang lebih dikenal sebagai lemak jahat. Hal ini dikarenakan di dalam oatmeal terdapat kandungan serta lauk yang dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Kedelai

Kedelai juga merupakan makanan penurun kolesterol tinggi yang mudah ditemui dimana saja dan dapat diolah menjadi berbagai macam sajian makanan dan minuman. Telah diteliti bahwa bahan makanan yang bergizi ini memiliki kandungan isoflavon di dalamnya. Kandungan tersebutlah yang dapat membantu untuk menurunkan penyakit kolesterol hingga 10%. Kedelai ini biasanya diolah menjadi tempe dan tahu kemudian juga dapat diolah menjadi susu kedelai, sari kedelai, dan lain sebagainya.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan makanan penurun kolesterol tinggi yang cukup efektif untuk dikonsumsi. Di dalam kacang-kacangan terdapat kandungan protein yang cukup, kemudian ada serat dan vitamin serta kandungan lemak tak jenuh tunggal sehingga kacang-kacangan ini dapat dijadikan sebagai menu diet yang sangat rendah kolesterol. Telah diteliti bahwa kacang-kacangan dapat mencegah terjadinya penyakit jantung sebab makanan untuk kolesterol ini dapat menghambat terjadinya penyerapan di dalam darah dan juga dapat mencegah kadar trigliserida yang tinggi.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui mengenai makanan penurun kolesterol tinggi. Jadi apabila anda sedang mengalami hal yang serupa maka segera atasi dengan beberapa makanan yang sangat berguna untuk menurunkan kolesterol sehingga anda jauh dari penyakit berbahaya yang dapat mengancam keselamatan anda. Mulailah hidup sehat dengan mengonsumsi berbagai macam sayuran dan buah-buahan segar serta beberapa bahan makanan yang telah disampaikan diatas dan hindari jenis makanan berlemak yang banyak mengandung kolesterol.

Sumber Bacaan: http://lifestyle.okezone.com/read/2015/12/04/481/1261137/deretan-makanan-bantu-pangkas-kolesterol-jahat

 

 
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar