6 Tips untuk Anda Penulis Pemula

6 Tips untuk Anda Penulis Pemula

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Banyak orang mengira menulis merupakan bagian tersulit dari empat keterampilan berbahasa. Oleh karena itu menulis disimpan di bagian terkahir dalam jajaran keterampilan berbahasa. Apakah kalian sudah tahu apa itu menulis? Bagi anda yang belum tahu, atau yang sempat tahu tapi lupa, baik saya akan jelaskan bahwa menulis adalah suatu kegiatan menyampaikan berbagai macam informasi dalam bahasa tulis. Jadi informasi apapun yang kalian miliki bisa ditulis, dan mungkin saja akan bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Tapi bagaimanna dengan orang-orang yang menganggap bahwa menulis itu sulit? Sebenarnya menulis itu mudah kok, bagaimana cara agar menulis itu menjadi mudah khususnya bagi penulis pemula, ini dia beberapa hal yang perlu anda coba:

[caption id="attachment_1291" align="aligncenter" width="500"]Tips untuk penulis pemula Tips untuk penulis pemula (images by JohnONolan / www.flickr.com/people/johnonolan/)[/caption]

1. Mulailah menulis tentang pengalaman anda


Kalau menulis pengalaman itu mudah, karena kita akan menuliskan apa yang sudah dialami oleh kita sebagai penulis, sumbernya pun penulis sendiri karena penulis yang memiliki pengalaman. Menulis pengalaman biasanya anda lakukan ketika sedang menulis diary.

[Baca juga: Tips dan teknik dasar dalam menulis]

2. Kisah Kehidupan


Tahukah anda, banyak novel yang berisi kisah kehidupan, baik itu kisah penulisnya sendiri atau cerita yang diadopsi dari kehidupan orang lain. Menulis tentang kehidupan anda sebenarnya sama saja dengan menulis sebuah pengalaman. Anda sendiri yang mengalaminya tentu anda akan mudah untuk menuliskannya tanpa harus mencari referensi.

3. Menulis Pengetahuan


Menulis juga bisa dijadikan media untuk berbagi ilmu kepada orang lain. Dengan memiliki pengetahuan tentang suatu bidang, maka kita bisa menuliskannya kembali untuk dibagikan, setidaknya menulis menjadi suatu ajang berbagi yang tidak berupa harta melainkan berbagi pengetahuan. Perlu anda ketahui bahwa seorang penulis tidak akan bisa menulis hal yang tidak diketahuinya.

[Baca juga: 7 hal yang bisa dilakukan ketika kehabisan ide menulis artikel]

4. Menulis argumentasi/ tanggapan terhadap sebuah hal


Terdapat berbagai macam teks, salah satunya ialah teks eksposisi yang isinya berupa argumentasi yang di bagian akhirnya ditutup dengan penegasan dari argument tersebut. Apabila anda ingin mengomentari suatu permasalahan, atau berbagai hal lainnya anda bisa menulis argumentasi anda, tentunya harus disertai gagasan yang kuat dan tepat.

5. Mengikuti lomba


Sebagai penulis pemula, terkadang rasa malas untuk menulis sering muncul dalam diri. Agar anda termotivasi untuk menulis, salah satu caranya yaitu mengikuti lomba, atau event menulis yang diselenggarakan secara online maupun offline. Dengan sering mengupdate lomba-lomba menulis maka anda akan termotivasi untuk selalu menulis. Dengan berbagai banyak tema yang ditentukan dari panitia maka anda akan banyak belajar berbagai hal. Waaaaah menyenangkan bukan?

[Baca juga: 7 Tips menjadi penulis sukses]

6. Menulis berdasarkan genre yang anda sukai


Terdapat beberapa jenis bentuk tulisan yaitu fiksi, dan non fiksi. Jenis tulisan fiksi diantaranya puisi, cerpen, novel, naskah drama. Sedangkan non fiksi yaitu menulis artikel, makalah, dan sebagainya. Biasanya setiap orang masing-masing memiliki genre tulisan yang dia senangi, tetapi juga tidak jarang orang-orang menyukai berbagai genre.

Itulah beberapa ide yang dapat anda jadikan referensi untuk menulis. Dan juga kegiatan yang dapat anda lakukan untuk memotifasi anda untuk selalu menulis. Ingat, anda akan terampil menulis apabila anda sering berlatih. Semangat menulis.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar