6 Tips Memilih Jurusan IPA atau IPS

6 Tips Memilih Jurusan IPA atau IPS

IPA atau IPS? Bingung Memilih Jurusan Yang Tepat? Simak hal-hal Berikut .

Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Pengetahuan Sosial? Pertanyaan ini sering kali menjadi sebuah persimpangan jalan yang sulit untuk dipilih, khususnya bagi siswa-siswi yang sedang menduduki bangku SMA dan harus memilih Jurusan untuk tingkatan selanjutnya. Kedua jurusan ini terkadang menjadi patokan setiap pelajar SMA untuk melanjutkan masa depan dan hal ini justru membuat setiap pelajar semakin kebingungan. Jadi, agar kamu tidak kebingungan dan tidak salah memilih jurusan, Ini beberapa Tips untuk memilih jurusan yang tepat.

[caption id="attachment_1322" align="aligncenter" width="320"]Tips memilih jurusan IPA atau IPS Tips memilih jurusan IPA atau IPS (Gambar: sykonesia.blogspot.co.id)[/caption]

1. Kenali Bakat dan Potensi dirimu

Jangan memilih jurusan yang tidak sesuai dengan keahlian yang kamu miliki. Secara umum, Jurusan IPA biasanya mempelajari mengenai perhitungan, ilmu pasti dan logika. Sedangkan Jurusan IPS, cenderung mempelajari ilmu kemasyarakatan sesuai namanya, Ilmu Pengetahuan Sosial. Dan Jurusan IPS juga membahas hal-hal di luar logika dan penghafalan. Bila selama duduk di bangku sekolah kamu suka berhitung, maka pilihlah Jurusan IPA. Bila kamu lebih suka membahas hal-hal secara lebih luas, maka pilihlah Jurusan IPS






Baca juga:


2. Otak kiri atau Otak Kanan

Hal ini hampir sama dengan Mengetahui potensi diri. Berikut perbedaan antara orang-orang yang lebih sering menggunakan otak kiri atau otak kanan:

OTAK KIRI

  • Lebih suka berpikir keras dan berpikir menurut logika

  • Suka menganalisis sesuatu

  • Lebih suka melakukan soal perhitungan

  • Lebih teratur dalam keseharian

  • Melakukan kegiatan lebih detail dan teliti

  • Lebih mudah mengingat kata-kata dan simbol


OTAK KANAN

  • Lebih kreatif dan suka berimajinasi

  • Lebih mudah mengingat Warna dan gambar

  • Menyukai musik dan seni

  • Lebih ekspresif

  • Lebih fleksibel dan tidak kaku


Kira-kira kamu seorang yang cenderung menggunakan otak kanan atau kiri? Dari poin-poin di atas, kamu bisa mengetahui otak manakah dari dirimu yang lebih sering bekerja. Bila kamu merupakan seseorang yang cenderung menggunakan otak kanan, sebaiknya kamu memilih Jurusan IPS, dan sebaliknya, bila otak kirimu lebih bekerja, maka kamu bisa memilih Jurusan IPA.

3. Konsisten pada pilihan

Hal yang paling sering terjadi ialah, kebanyakan pelajar lebih memilih untuk mengikuti pilihan teman. Bila teman memilih Jurusan IPA, maka ia juga akan memilih Jurusan IPA. Hal ini tidak sebaiknya kamu lakukan bila benar-benar ingin tidak salah memilih. Yang menjalani kegiatan belajar di sekolah sehari-hari ialah diri kamu sendiri nantinya, itu sebabnya kamu harus benar-benar memilih Jurusan yang memang tepat bagi dirimu. Kalau memang belum yakin kamu lebih cocok ke Jurusan mana, Segeralah ambil kertas dan pulpen lalu tulis semua mata pelajaran dari kedua Jurusan secara terpisah, dan centang mata pelajaran mana saja yang lebih kamu kuasai dan bandingkan jumlahnya.

4. Ubah Perspektif Dirimu

Jangan terpengaruh dengan pandangan atau perkataan dari orang lain bahwa Pelajar IPA lebih pintar dari Pelajar IPS. Karena pandangan inilah, banyak siswa yang gengsi lalu memilih IPA, padahal mungkin saja keahliannya ada di mata pelajaran Jurusan IPS. Yakinlah bahwa Kedua Jurusan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Memang Jurusan IPA sedikit lebih unggul karena bisa lanjut ke jurusan apapun saat kamu Kuliah nanti. Sedangkan Jurusan IPS, pada umumnya tidak bisa melanjutkan ke Jurusan seperti Ilmu Kedokteran. Namun, itu semua tetap tergantung pada dirimu. Kalau kamu berusaha, Apapun impianmu pasti tercapai.

5. Sesuaikan dengan Cita-cita dan Impianmu

Sudah menentukan cita-cita? Apakah kamu ingin menjadi Seorang Fisikawan? Dokter? Ahli teknik? Atau bahkan menjadi seorang Arsitektur? Maka kamu bisa memilih Jurusan IPA. Bila kamu ingin mempunyai masa depan menjadi seorang Akuntan, Notaris atau ingin memiliki kedudukan di bidang hukum, maka kamu bisa memilih Jurusan IPS.

6. Pilihlah apa yang kamu sukai

Dari semua hal, ini merupakan hal terpenting dalam memilih Jurusan. Kamu sangat disarankan untuk memilih Jurusan dengan mata pelajaran yang kamu sukai. Karena, akan sangat sia-sia bila kamu menyukai pelajaran Ekonomi tetapi beralih ke Jurusan IPA. Pada umumnya juga, seseorang akan lebih mudah melakukan suatu kegiatan bila ia menyukai kegiatan tersebut.

Nah, itu beberapa Tips untuk memilih Jurusan IPA atau IPS. Tentukan masa depanmu mulai dari sekarang dan gali potensi diri sedalam-dalamnya agar Impian tercapai. Yang terpenting ialah, kamu mau berusaha.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar