3 Hal Yang Wajib Dipersiapkan Menyambut Gerhana Matahari Total (GMT)

3 Hal Yang Wajib Dipersiapkan Menyambut Gerhana Matahari Total (GMT)

Halo sahabat Igaligo.com, tinggal beberapa hari lagi kita akan disuguhkan dengan fenomena alam yang super langka, Gerhana Matahari Total ( GMT ) 9 Maret 2016. Tentu sahabat Igaligo.Com sudah mengetahuinya. Bukan hanya langka, Gerhana Matahari Total juga merupakan fenomena yang luar biasa Indah, yang bisa menarik wisatawan dari berbagai dunia hanya untuk menyaksikan momen beberapa detik ini, apalagi bagi anda yang berprofesi atau hobi fotografer, wajib hukumnya mengabadikan momen yang terjadi ratusan tahun sekali ini dalam jepretan kamera. Namun perlu diketahui, butuh persiapan untuk bisa menikmati Gerhana Matahari Total agar bisa mendapatkan kepuasan yang maksimal dan keamanan tentunya. Berikut 3 hal yang perlu anda persiapkan untuk menyambut Gerhana Matahari Total.

[caption id="attachment_1303" align="aligncenter" width="487"]Tips menyambut gerhana matahari total Tips menyambut gerhana matahari total (Foto gerhana matahari total di prancis 1999)[/caption]

1. Waktu dan Tempat.


Menurut kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Jamaluddin, Gerhana Matahari Total 9 Maret tidak terjadi di seluruh Indonesia. Daerah-daerah di Indonesia yang nantinya akan dilewati momen Gerhana Matahari Total ini diantaranya Sumatera, Bangka, Kalimantan dan Sulawesi. Waktunya diperkirakan mulai pukul 06.00 WIB.

Banyak pihak entah negeri maupun swasta yang berlomba-lomba mempersiapkan diri menyambut momen Gerhana Matahari Total. Hotel-hotel di Palu, Sulawesi Tengah misalnya, sudah jauh-jauh hari menyiapkan paket penginapan bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang hendak berkunjung demi menikmati momen Gerhana Matahari Total. Diperkirakan akan ada lebih dari 4000 wisatawan dari 12 negara yang akan berkunjung ke Sulawesi Tengah. Itu masih Sulawesi Tengah saja, belum daerah-daerah lain di Indonesia yang juga dilintasi momen Gerhana Matahari Total ini. So, anda harus buru-buru memilih tempat jika tidak mau kelihangan momen ratusan tahun sekali ini.

2. Alat Bantu Penglihatan


Karena gerhana matahari yang dilihat secara langsung dapat membakar retina mata, diperlukan alat bantu untuk menikmatinya. Biasanya momen Gerhana Matahari Total ini dinikmati dengan bantuan kacamata khusus yang terbuat dari kromium atau alumunium untuk memfilter pancaran radiasi pantulan sinar ultramerah. Banyak ahli yang menyarankan untuk menggunakan kacamata khusus dengan sertifikasi ‘CE-Approved’. Namun jika kacamata itu sulit didapatkan masih ada alternatif lainya, semisal teleskop, bejana air dan lubang jarum.

3. Kamera


Tentu untuk moment selangka dan seindah Gerhana Matahari Total ini, anda tidak hanya ingin menikmatinya, namun mengabadikannya juga. Apalagi di tengah budaya selfie saat ini. Ada beberapa tips dalam mengambil gambar Gerhana Matahari Total. Diantaranya anda harus tetap menggunakan kacamata ketika mengambil gambar, karena sinar Ulraviolet tetap akan membakar mata anda, ketika anda memotret dengan mata te*lan*jang. Jika anda ingin berselfie silahkan, namun syaratnya posisi selfie anda harus membelakangi matahari. Namun jangan lupakan satu hal, sama halnya dengan mata, lensa kamera juga membutuhkan perlindungan saat mengabadikan momen Gerhana Matahari Total.

Itulah beberapa hal yang perlu sahabat Igaligo.Com persiapkan dalam menyambut momen Gerhana Matahari Total tahun ini. Utamakan keselamatan di atas kepuasan dan kesenangan. Semoga tips yang singkat ini dapat membantu anda dalam memaksimalkan menikmati momen GMT ini.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

katanya bulan september diprediksi bakal terjadi gerhana lagi ya???

Balas