11 Langkah Mencapai Tujuan Hidup

11 Langkah Mencapai Tujuan Hidup

Setiap manusia di dunia ini tentu memiliki tujuan hidup masing-masing. Tujuan hidup manusia bisa jadi diartikan sebagai impian dan cita-cita yang ingin dicapai dalam kehidupan. Tujuan hidup manusia bisa juga berupa kesuksesan. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk mencapai tujuan hidup.

[caption id="attachment_1285" align="aligncenter" width="635"]Langkah mencapai tujuan hidup Langkah mencapai tujuan hidup (Ilustras/pixabay)[/caption]

1. Menerima diri apa adanya.


Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi fisik maupun dari segi kepribadian. Hampir sebagian besar manusia tidak bisa menerima diri apa adanya. Entah itu karena fisik ataupun dari kepribadian. Terkadang Anda tidak puas dengan diri Anda, bahkan Anda tidak mensyukuri pemberian Tuhan. Anda selalu merasa kekurangan, kurang cantik, kurang pintar, kurang segala-galanya. Padahal jika Anda mau melihat ke bawah, masih banyak orang yang lebih tidak beruntung dari Anda.

Ketika Anda mengeluh karena merasa diri kurang cantik atau kurang gagah sehingga itu membuat Anda minder, bayangkan dengan orang yang sama sekali tidak sempurna fisiknya. Bukankah Anda lebih beruntung dari mereka. Ketika Anda mengeluh dengan kepribadian Anda yang kurang percaya diri, bukankah seharusnya Anda tidak mengeluh. Anda hanya perlu mencari penyebab kurang percaya diri itu dan mengatasinya. Anda tidak perlu mengeluh. Terima diri apa adanya, terima segala kekurangan dan kelebihan yang Tuhan berikan, maka tujuan hidup berupa kesuksesan akan mudah dicapai.

2. Menghargai Diri


Setelah Anda bisa menerima diri apa adanya, tentu saja Anda akan lebih menghargai diri Anda. Menghargai diri pada dasarnya merupakan perasaan kepuasan terhadap diri sendiri yang terbentuk dari sikap menerima diri apa adanya. Ketika Anda menghargai diri Anda secara positif, tentu saja energi positif untuk bergerak maju akan muncul dari dalam diri, sehingga hal tersebut dapat memudahkan Anda untuk mencapai tujuan hidup dan cita-cita Anda.

3. Kesadaran Untuk Berubah


Untuk mencapai cita-cita dan kesuksesan hidup, Anda harus memiliki kesadaran untuk berubah ke arah yang lebih baik. Jika Anda terus menerus terpuruk dengan keadaan yang menghimpit Anda tentu saja itu menjadi penghambat bagi Anda untuk meraih cita-cita. Tanamkan kesadaran dalam diri Anda untuk berubah ke arah yang lebih baik, tinggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk, dan mulailah untuk bersikap lebih postif dan bangkit dari keterpurukan.

Anda harus sadar bahwa Tuhan memberikan Anda berbagai potensi dan kekuatan yang tidak terbatas untuk Anda gunakan. Akan ada banyak tantangan dan rintangan yang akan Anda hadapi untuk meraih cita-cita itu, namun, dengan kesadaran untuk berubah, Anda akan belajar untuk bisa terbiasa menghadapi tantangan dan rintangan itu.

4. Bersikap Optimis


Sikap optimis sangat penting sebagai langkah untuk mencapai tujuan hidup. Sikap optimis akan memacu Anda untuk terus bergerak maju dan memberi energi kepada Anda untuk pantang menyerah. Optimis dalam meraih tujuan hidup, maka Anda akan meraih tujuan hidup itu. Jika Anda optimis mendapatkan sesuatu, maka percayalah Anda pasti akan mendapatkannya.

5. Bergeraklah Untuk Maju


Sekaranglah saatnya Anda bergerak untuk maju. Jangan menundanya sebab sekaranglah waktunya. Anda harus memahami bahwa ada kekuatan tidak terbatas yang ada di dalam diri Anda. Jangan mendengarkan kata-kata orang lain bahwa Anda tidak memiliki kemampuan untuk meraih apa yang Anda cita-citakan. Sesungguhnya kekuatan tidak terbatas yang Tuhan berikan kepada Anda membuat Anda lebih mampu, lebih kuat, lebih besar, dan lebih hebat dari apa yang Anda bayangkan. Fokuslah pada tujuan hidup Anda dan mulailah bergerak untuk maju.

6. Buatlah Keputusan


Mulai sekarang buatlah keputusan untuk hidup Anda. Keputusan dan pilihan Anda akan menentukan kemana arah perjalanan hidup Anda selanjutnya. Anda harus berani mengambil keputusan. Setelah Anda mengambil keputusan itu maka bertanggung jawablah atas pilihan dan langkah yang akan Anda tempuh. Anda sendirilah yang harus bertanggung jawab atas hidup Anda.

7. Belajar dari Pengalaman


Tentu saja Anda memiliki berbagai pengalaman, baik itu pengalaman positif ataupun pengalaman negatif. Hal yang perlu Anda lakukan ialah belajar dari pengalaman tersebut. Anda tentu memiliki lebih banyak pengalaman negatif yang membuat Anda sulit untuk maju. Sekarang, tinggalkan pengalaman negatif tersebut dan ambil manfaatnya agar pengalaman negatif itu tidak terulang kembali.

8. Menata Pikiran dan Prioritas


Tentu saja pikiran Anda memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mencapai tujuan hidup Anda. Jika Anda berpikiran positif maka tentu tindakan Anda juga ikut positif sehingga hasil yang didapatkan pun akan positif. Begitu pula sebaliknya, ketika pikiran negatif menguasai Anda maka Anda akan sulit untuk maju dan melakukan hal-hal positif, dan hal yang Anda dapatkan ialah kegagalan. Anda perlu menata kembali pikiran Anda dan buatlah lebih positif. Setelah itu tentukan prioritas hidup Anda, kemudian berusahalah untuk mencapainya, maka Anda akan dapat menata masa depan Anda.

9. Persiapan Penuh


Untuk maju ke medan perang, seorang prajurit tentu harus memiliki persiapan penuh dari berbagai hal, begitu pula dengan Anda. Untuk terus maju dalam mencapai cita-cita dan tujuan hidup, Anda harus memiliki persiapan penuh baik dari segi fisik, mental, maupun intelektualitas.

Anda harus memiliki fisik yang kuat untuk terus bergerak maju. Fisik yang kuat bukan berarti fisik yang sempurna. Fisik yang kuat bisa terbentuk jika tekad dalam diri untuk maju juga kuat.

Persiapan mental juga sangat penting. Ketika mental Anda lemah, maka Anda akan mudah terpuruk. Untuk menggapai tujuan hidup tentu saja Anda akan menghadapi tantangan dan rintangan yang berat. Jika mental Anda lemah, maka Anda akan mudah menyerah pada keadaan dan berhenti untuk bergerak maju. Untuk itu persiapan mental sangat diperlukan.

Sekarang, persiapkan intelektual Anda. Persiapan ini mengharuskan adanya pengetahuan, sebab pengetahuan merupakan sebuah kekuatan. Jika Anda mempunyai pengetahuan maka Anda akan mudah membangkitkan kekuatan-kekuatan yang ada dalam diri Anda sehingga Anda bisa terus bergerak maju. Dengan pengetahuan, Anda bisa memperoleh kesadaran, sehingga keinginan untuk terus maju berkobar dalam diri Anda. Keterpurukan tidak akan menjadi penghambat bagi Anda untuk meraih apa yang Anda cita-citakan.

10. Bersabar


Setiap sesuatu yang Anda ingin raih tentu memiliki proses yang panjang untuk meraihnya. Proses itulah yang membuat apa yang ingin diraih semakin bermakna. Bersabarlah jika Anda memang harus melewati proses yang panjang itu. Ingatlah, bahwa sesuatu yang besar akan diperoleh melalui proses panjang dan berliku. Anda membutuhkan kesabaran ekstra untuk mendapatkannya. Ingatlah juga bahwa sesuatu yang diperoleh secara instan hanya bersifat semu dan tidak akan bertahan lama.

11. Bersyukurlah


Setelah Anda berusaha mencapai tujuan hidup Anda, maka bersyukurlah atas apa saja yang Anda peroleh. Tentu saja tidak semua yang Anda cita-citakan akan tercapai dengan mudah. Teruslah berusaha dan bersyukurlah atas pencapaian Anda, sebab Anda telah melakukan yang terbaik untuk diri Anda dan tidak akan ada penyesalan di kemudian hari. Ingatlah selalu bahwa Tuhan memberikan apa yang Anda butuhkan, bukan hanya apa yang Anda inginkan. Maka bersyukurlah atas apa saja yang Anda raih, maka Tuhan akan membukakan jalan yang lebih mudah untuk mencapai tujuan dan cita-cita hidup Anda.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar