10 Tips Penting Membesarkan Anak bagi Orang Tua Pekerja

10 Tips Penting Membesarkan Anak bagi Orang Tua Pekerja

Membesarkan anak bagi orang tua pekerja tidaklah mudah, kemajuan zaman serta kebutuhan yang semakin banyak memaksa agar banyak orang tua harus bekerja. Selain itu kegiatan orang tua di luar rumahpun juga meningkat. Akhirnya banyak waktu orang tua tersita di luar rumah dan makin banyak meninggalkan anak. Anak jadi lebih banyak menghabiskan waktunya bermain sendirian dan mungkin menghabiskan waktu dengan pengasuh. Hal ini akan menimbulkan dampak sosial yang serius apabila si anak tidak dibekali kepemimpinan yang kuat dari orang tua. Berikut ada beberapa tips membesarkan anak yang bisa dijalankan oleh orang tua pekerja :

[caption id="attachment_1296" align="aligncenter" width="422"]Tips membesarkan anak Tips membesarkan anak (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

1. Waktu


Waktu merupakan tonggak penyangga pengasuhan yang baik. Siapkanlah waktu yang memungkinkan untuk berkumpul secara fisik. Tidak perlu berjam-jam, yang diperlukan ialah komitmen orang tua untuk setiap hari menyediakan waktu untuk anak dan konsentrasikan perhatian kita kepada anak saat bersamanya.

2. Jadilah pendengar yang baik


Jadilah orang tua yang bisa menjadi pendengar yang baik dan mengkritik seperlunya saja. Bila anak mengetahui kita mendengarkan semua cerita dan keluh kesahnya, maka mereka akan bersemangat berbagi perasaan dan pikiran mereka dan akan lebih terbuka dan menerima kita sebagai orang tua untuk memecahkan masalahnya.

3. Tentukan Harapan yang jelas


Ajaklah anak untuk mau bergabung dalam urusan rumah tangga atau pekerjaan sehari-hari di rumah bersama. Dengan begitu akan tumbuh etika kerja dan umumnya ia lebih merasa menjadi bagian keluarga.

4. Jangan membiarkan rasa bersalah


Banyak orang tua merasa bersalah karena bekerja seharian di luar rumah, dan berakibat terlalu memberi kebebasan pada anak. Hilangkanlah perasaan itu, jadilah pribadi yang tegas dan tetap disiplin terhadap anak.

5. Jangan menggantikan kasih sayang atau waktu dengan uang atau hadiah


Jangan buat hadiah atau uang sebagai pengganti waktu dan kasih sayang kita. Tanamkanlah bahwa hadiah atau uang didapat karena hasil kerja yang baik, dengan begitu anak akan berusaha menjadi lebih baik dan membuat hadiah lebih bernilai.

6. Jangan terlalu sering mengganti pengasuh


Kebutuhan psikologis yang penting pada anak ialah bahwa anak terasuh dengan baik dan penuh kasih sayang secara berkelanjutan. Jangan sering mengganti pengasuh karena dapat membahayakan anak. Jalinlah kedekatan akrab antara anak dan pengasuh, pilihlah pengasuh yang tepat baik dari kinerjanya dan perilakunya.

7. Kuncinya pengawasan


Pentingnya pengawasan di kala orang tua bekerja, kita perlu mengecek sehari-hari anak sedang berada dimana, bersama siapa, dan apa yang sedang dikerjakannya. Memang anak akan mengeluh jika diawasi ketat , namun akan merasa tidak dipedulikan jika orang tua terlalu cuek.

8. Beri perhatian lebih saat ia baik


Terkadang kita memperhatikan anak pada saat menjengkelkan, namun cobalah untuk perhatikan anak di saat baik.

9. Hukuman untuk mendidik


Sebagai orang tua yang telah seharian bekerja, kadang kita mudah dihinggapi kelelahan, emosi dan rasa jengkel. Hal ini mengakibatkan kehilangan kontrol pada anak. Jangan menghukum anak di saat kita tidak dapat mengkontrol diri. Gunakanlah hukuman untuk mendidik dan bukan pelampiasan emosi.

10. Berikan teladan dalam relasi


Anak belajar relasi berawal dari orang tua. Oleh sebab itu perlunya relasi yang baik, rukun dan saling menyayangi antar pasangan, karena hal ini membuat anak merasa aman dan nyaman ketika bersama orang tua.

Itulah 10 tips membesarkan anak bagi orang tua pekerja, semua tips ini bisa menjadikan relasi yang berkualitas antara anak dan orang tua pekerja. Semoga artikel ini bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar