10 Tips Menjadi Seorang Jurnalis

10 Tips Menjadi Seorang Jurnalis

Anda masyarakat biasa? Yang tidak memiliki latar belakang pendidikan jurnalistik? Jangan khawatir, anda masih memiliki kesempatan untuk menjadi seorang jurnalis. Kenalkah anda dengan istilah citizen journalist. Makhluk dari planet manakah itu? Oke akan saya jelaskan agar anda paham. Citizen journalist secara sederhana dapat diartikan sebagai masyarakat biasa yang melakukan kegiatan jurnalistik. Jadi kegiatan memburu berita tidak hanya bisa dilakukan oleh para wartawan atau jurnalis yang sudah resmi bekerja di media massa. Akan tetapi juga bisa dilakukan oleh siapapun, baik itu yang profesinya pedagang, ibu rumah tangga, mahasiswa, dan sebagainya.

[caption id="attachment_1307" align="aligncenter" width="635"]Tips menjadi seorang jurnalis Tips menjadi seorang jurnalis (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Tahukah anda bahwa peran citizen journalist sudah cukup popular saat ini. Banyak media elektorik atau media cetak menerima berita hasil buruan dari para citizen journalist. Dikutip dari buku Menjadi Jurnalis Itu Gampang karya Imam FR Kusumaningati, dituliskan bahwa pada saat terjadi ledakan bom di hotel J.W Marriot dan Ritz Carlton ada seorang pengunjung hotel Ritz Carlton memposting tweet di akun twitter-nya tentang ledakan bom tersebut, dan tweet tersebut dianggap sebagai informasi pertama tentang ledakan tersebut yang diketahui oleh publik. Sehingga akhirnya dia mendapatkan undangan wawancara di beberapa media internasional seperti CNN dan BBC.

Hanya dengan menulis sebuah postingan di twitter anda sudah bisa berbagi informasi kepada masyarakat luas. Dan secara tidak disadari anda telah menjadi seorang citizen journalist. Agar anda bisa praktik maka saya akan membagi tips kepada anda semua untuk menjadi seorang citizen journalist diantaranya yaitu:

1. Selalu membawa alat tulis ke manapun anda pergi


Sebagai seorang jurnalis atau citizen journalist. Anda dianjurkan untuk selalu membawa alat tulis, seperti buku kecil, dan pulpen. Agar anda bisa langsung menuliskan fakta-fakta yang terjadi di lapangan

2. Membawa alat perekam


Jika kemampuan menyimak anda kurang, anda bisa menyiasatinya dengan merekam suara dari narasumber. Melalui hasil rekaman kita bisa mendapatkan informasi yang lebih mendetail dan tiada satupun informasi yang terlewatkan.

3. Membawa kamera


Pekerjaan citizen journalist sebenarnya sederhana, ketika anda melihat pristiwa, maka anda bisa langsung mengambil gambarnya dengan kamera anda baik itu berupa foto atau video. Apabila anda tidak memilki kamera jangan khawatir anda bisa menggunakan kamera dari ponsel, yang penting gambar terlihat jelas. Perlu anda ketahui bahwa gambar yang bagus bukan tergantung dari jenis kamera yang digunakan melainkan gambar yang bagus ialah gambar yang bercerita atau memuat pesan di dalamnya.

4. Aktif di media sosial


Media sosial dapat digunakan sebagai jembatan untuk membagikan informasi anda kepada masyarakat umum. Media sosial yang bisa anda gunakan diantaranya facebook, twitter, youtube, blog, dan sebagainya.

5. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi


Perlu anda ketahui bahwa sebagai jurnalis atau citizen journalist anda harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dengan memiliki itu anda akan selalu berusaha untuk menggali berita secara lengkap.

6. Mampu membedakan informasi yang disebut berita dan bukan berita


Berita merupakan sebuah informasi yang dianggap penting oleh masyarakat, apabila informasi itu tidak penting maka itu bukanlah berita bagi masyarakat. Di dalam sebuah buku dijelaskan bahwa anjing menggigit manusia itu bukanlah berita, tetapi manusia menggigit anjing itu baru disebut berita. Dari ungkapan tersebut dapat kita tarik pemahaman bahwa sebuah berita itu harus sesuatu yang menarik, dan dianggap penting oleh masyarakat.

7. Mampu menulis berita


Tahukah anda bahwa berita yang ditulis oleh seorang citizen journalist sekarang sudah banyak dimuat oleh media cetak, sehingga bagi anda yang ingin mengirimkan berita pada media cetak, maka anda harus memerhatikan tatacara menulis sebuah berita. Sampai sekarang struktur penulisan berita yang baik diibaratkan seperti piramida terbalik, dimana pada bagian awal dituliskan bagian informasi yang penting, dan semakin ke bawah memuat berita yang kurang penting.

8. Memahami dan mengaplikasikan rumus 5W+1H


Rumus 5W+1H pasti sudah anda pelajari di sekolah pada materi menulis berita, dan memang pada dasarnya rumus 5W+1H ini dapat merangkum isi dari berita yang disampaikan. Perlu anda ketahui bahwa 5W+1H ini merupakan singkatan dari What (Apa yang terjadi), Who (Siapa pelaku dalam peristiwa tersebut), Where (di mana peristiwa itu terjadi), When (Kapan peristiwa itu terjadi), Why (Mengapa peristiwa itu terjadi), dan How (Bagaimana peristiwa itu bisa terjadi).

9. Mampu mengedit sebuah video


Seperti yang saya bilang di awal karya para citizen journalist sudah mulai masuk ke media elektronik seperti televisi, tidak hanya di media sosial dan media cetak. Biasanya para citizen journalist yang mengirim berita ke media elektronik harus menyertakan video peliputan oleh karena itu agar hasil video lebih baik maka anda harus belajar untuk mengedit video.

10. Mengetahui dan memahami kode etik


Menurut saya, sekalipun anda seorang citizen journalist, anda harus tetap memerhatikan kode etik jurnalistik. Karena setiap propesi memiliki kode etik atau aturan-aturan tersendiri.

Itu dia 10 tips untuk menjadi seorang jurnalis, yang pada dasarnya untuk siapapun yang ingin menjadi seorang jurnalis akan tetapi tidak memiliki latar belakang pendidikan jurnalistik, atau biasa disebut sebagai citizen journalist, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar