8 Tips meningkatkan kesempatan lulus Ujian SBMPTN dan Ujian Mandiri

8 Tips meningkatkan kesempatan lulus Ujian SBMPTN dan Ujian Mandiri

Bagi teman-teman sekalian yang saat ini duduk di bangku kelas 3 SMA/SMK/sederajat, dan sebentar lagi akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Banyak siswa SMA/sederajat yang berusaha untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) karena biaya yang lebih murah, fasilitas yang lebih memadai dan lainnya. Jalur masuknya pun beragam, ada jalur Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Seleksi Bersama PTN (SBMPTN), dan Ujian Mandiri (UM). Kali ini ada beberapa tips untuk teman-teman sekalian yang ingin meningkatkan kesempatan lulus Ujian SBMPTN dan Ujian Mandiri.

[caption id="attachment_1249" align="aligncenter" width="224"]Tips meningkatkan kesempatan lulus Ujian SBMPTN dan Ujian Mandiri Tips meningkatkan kesempatan lulus Ujian SBMPTN dan Ujian Mandiri[/caption]

1. Belajar jauh-jauh hari


Tips yang pertama ini harus dilakukan, mengapa? karena waktu pelaksanaan Ujian Nasional atau UN dan Ujian SBMPTN begitu berdekatan maka dari itu teman-teman harus belajar jauh-jauh hari agar waktu belajar anda untuk SBMPTN dan UN tidak bentrok.

2. Menyicil


Apa maksudnya menyicil? Menyicil maksudnya anda dituntut untuk belajar sedikit-sedikit namun dilakukan secara rutin dan teratur. Andai jika anda belajar untuk SBMPTN dan UN secara sekaligus, hanya membuat Anda pusing.

3. Jangan percaya buku


Maksud jangan percaya buku ialah anda tidak boleh begitu percaya dengan buku yang mengatakan bisa membuat anda lulus SBMPTN. Buku hanya menyajikan soal-soal prediksi dan juga menyediakan trik dan juga pembahasan dari soal-soal ujian SBMPTN.

4. Mengutamakan mata pelajaran yang anda kuasai


Nah ini dia yang biasa siswa abaikan. Mengapa ? Kebanyakan para siswa beranggapan bahwa dengan mempelajari semuanya maka bisa lulus SBMPTN, justru itu keliru. Bila anda ngotot mempelajari semuanya yang ada hanyalah pusing dan jenuh, cukup pelajari mata pelajaran yang sangat anda kuasai, anda juga boleh mempelajari mata pelajaran lain namun jangan terlalu dalam karena itu akan membuat kacau pikiran, apalagi Ujian SBMPTN memiliki penilaian jika soal terjawab benar maka bernilai 4, bila terjawab salah maka bernilai -1, namun bila tidak terjawab maka bernilai 0. Maka bila kita ragu atau tidak tahu dengan maksud salah satu soal ujian SBMPTN lebih baik tidak dijawab untuk cari aman.

5. Berguru pada senior


Bila anda punya teman atau saudara atau kakak kelas yang pernah mengikuti atau lulus Ujian SBMPTN, mintalah ilmu dan pengalamannya karena itu berguna.

6. Strategi dalam memilih PTN


Dalam memilih PTN pun anda tidak boleh sembarangan, anda harus tahu passing grade, kuota, peminat dan lainnya.

7. Optimis dan percaya dengan kemampuan sendiri


Jika anda ingin lulus SBMPTN, anda harus yakin dan optimis karena sikap seperti itu akan memberikan motivasi dan dorongan untuk berusaha lebih keras lagi.

8. Doa dan restu orang tua


Dan tips yang terakhir tidak boleh kita lupakan, Berdoa !! karena doa merupakan jalan untuk melancarkan usaha, dan juga tidak lupa kita meminta restu pada orang tua, karena restu dan doa orang tua sangatlah mujarab.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar