7 Tips menjadi penulis sukses

7 Tips menjadi penulis sukses

Menjadi penulis sukses merupakan sesuatu hal yang tidak mustahil. Memang tidak terlalu banyak orang yang ingin menjadi penulis oleh sebab itu ini bisa menjadi peluang bagi anda. Untuk menjadi penulis biasanya berawal dari hobi yang dikembangkan dan ditekuni, bahkan bisa menjadi cara untuk mencari penghasilan.

[caption id="attachment_1189" align="aligncenter" width="635"]Tips menjadi penulis sukses Tips menjadi penulis sukses (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Menulis bisa dijadikan peluang untuk mencari uang dan bisa membuat anda terkenal. Hah ?.....mengapa tidak, apabila tulisan anda original, menarik, enak dibaca dan bisa menjadi trendsetter, tentulah anda bisa menjadi terkenal. Contohnya saja Raditya Dika yang awalnya menulis hanyalah untuk menyalurkan hobi melalui blog, cerpen, buku dan lainnya. Menulis bisa menjadi kesempatan emas apabila anda bisa mempergunakannya dengan baik. Berikut ini beberapa tips yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penulis, entah bagi anda yang ingin menjadi penulis profesional ataupun hanya ingin sekedar mahir penulis. Bagi anda pemula agar bisa menjadi sekelas penulis profesional. Lakukanlah tips berikut ini :

1. Banyak membaca


Membaca merupakan hobi yang sangat berguna. Apabila kita mendengar untuk belajar berbicara, kini banyak membaca untuk belajar menulis. Dengan banyak membaca kita mendapat input dan banyak informasi. Hal ini bisa kita jadikan referensi dan inspirasi kita dalam menulis. Bacaan merupakan modal awal dalam menulis. Apapun yang anda baca akan menjadi database bagi anda sebagai penulis. Tips membaca untuk para penulis ialah membaca sebanyak-banyaknya materi dan informasi dengan cara cepat dan efisien. Ambillah kesimpulan dan point penting dari tiap bacaan yang anda baca. Kalau perlu catatlah informasi yang anda butuhkan.

2. Tentukan jenis tulisan (Genre fiksi atau non fiksi)


Dalam menulis kita harus menentukan untuk membuat jenis tulisan apa, apakah artikel, cerpen, novel, berita ataupun puisi. Itu semua berdasarkan minat dan kemampuan kita. Karena dengan begitu kita akan mudah dalam menulis, semua kalimat akan mengalir begitu saja. Untuk membuat bentuk karangan fiksi harus membuat semenarik mungkin, kita bisa mengembangkan kreatifitas dan imaginasi kita. Itulah kekuatan dari cerita fiksi.

3. Sisihkan waktu setiap hari untuk menulis


Untuk menjadi penulis handal, kita harus meluangkan waktu perhari untuk menulis. Bagi para pemula sisihkanlah 1,5 jam waktu anda perhari untuk menulis. Bisa anda coba membuat diary di buku, komputer, media social, blog ataupun membuat karangan yang anda kembangkan tiap harinya. Cara ini memang masih dilakukan oleh penulis terkenal sekalipun yang setiap harinya menyisihkan waktu untuk menulis.

4. Cari Mentor menulis


Untuk anda penulis pemula ada baiknya mencari mentor menulis yang bisa anda jadikan contoh / guru. Anda bisa mengikuti seminar atau training menulis dan berbagai kursus menulis lainnya yang mampu meningkatkan keahlian menulis ini.

5. Kolaborasi dengan penulis lain


Dalam membuat karya tulisan yang ingin dibukukan bisa anda coba berkolaborasi dengan penulis lain. Buatlah konsep tulisan dan bagilah tugas. Pekerjaan menulis menjadi mudah dan lebih ringan. Anda pun akan menjadi lebih semangat untuk mempublikasikan tulisan anda.

6. Tentukan deadline


Dalam menulis buatlah deadline dan target anda. Misalnya jika anda berencana menulis buku yang akan diterbitkan buatlah batasan waktu 4-5 bulan, untuk tulisan surat kabar buatlah batasan waktu 3 hari. Ataupun untuk ragam tulisan lainnya. Buatlah standar waktu untuk kinerja menulis anda.

7. Buat Timeline


Dalam menulis buatlah timeline dan bagilah menjadi sub materi. Tentukanlah batasan waktu lama mengerjakan dan mungkin juga memerlukan riset. Dengan begini tulisan anda menjadi terorganisir dengan rapi dan baik.

[Baca juga: Tips sukses menulis novel]

Itulah beberapa tips menulis bagi anda pemula yang ingin mencoba menulis. Tuangkanlah ide anda dan ekspresikan tulisan sesukanya sesuai bidang anda. Betapa menyenangkan apabila tulisan anda bisa dibaca orang banyak. Semoga artikel ini bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar