7 Tips Belajar Sebelum Menghadapi Ujian Akhir Semester

7 Tips Belajar Sebelum Menghadapi Ujian Akhir Semester

Belajar merupakan kegiatan yang terkadang siswa merasa malas untuk menjalaninya. Berbagai alasan bisa mereka lontarkan untuk menunda belajar. Lalu bagaimana agar mereka tidak malas belajar? Caranya mudah, munculkanlah rasa butuh pada diri mereka, dan mintalah mereka untuk membayangkan apa yang akan terjadi apabila mereka tidak belajar. Sehingga mereka akan beranggapan bahwa belajar sangat diperlukan.

[caption id="attachment_1261" align="aligncenter" width="635"]Tips belajar menghadapi ujian akhir sekolah Tips belajar menghadapi ujian akhir sekolah (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Ujian akhir semester atau UAS merupakan bagian menegangkan bagi setiap siswa, karena saat itulah hasil belajar mereka akan diuji dengan soal-soal yang disajikan oleh guru. Ada beberapa tips untuk mempersiapkan UAS sebaik mungkin.

1. Menyusun jadwal belajar


Membuat jadwal belajar menjadikan waktu belajar kita lebih teratur. Dalam satu hari kita bisa mempelajari dua sampai tiga mata pelajaran. Akan tetapi kita harus ingat dalam satu hari usahakan mempelajari materi yang dianggap sukar, dengan yang mudah, agar tidak terlalu pusing mempelajarinya. Kita mempelajari 2-3 pelajaran agar dapat memaksimalkan waktu dengan baik, akan tetapi di sisi lain jangan lupakan istirahat.

2. Memaksimalkan waktu dengan baik


Setelah menentukan materi, kita membaginya pada dua waktu yaitu siang dan malam hari. Misalnya hari Sabtu kita akan memepelajari 3 mata pelajaran yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan PPKN. Pada siang hari pukul 09.00-10.00 kita mempelajari matematika, dari mulai teori dengan latihan-latihannya. Jangan terlalu lama, cukup satu jam saja. Kemudian istirahat secukupnya kemudian sekitar pukul 14.00-15.00 WIB kita pelajari bahasa Indonesia. Setelah itu pada malam hari kita mempelajari mata pelajaran PPKN misalnya dari pukul 20.00-21.30 WIB.

Lamanya waktu belajar bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi dalam satu hari kita dapat mempelajari beberapa mata pelajaran. Jadwal ini dapat digunakan bagi siapapun yang diberi libur sebelum UAS. Kalau teman-teman tidak mendapatkan libur dari sekolah. Ayo persiapkan semuanya atau praktekkan yang saya tulis ini jauh hari sehingga tidak ada istilah SKS alias sistem kebut semalam yang membuat kepala terasa akan pecah.

3. Berawal dari membaca saja


Sebelum bahas tips yang ketiga ini saya ingin mengulang kembali apa yang dijelaskan di atas. Persiapkanlah Ujian Akhir Semester dari jauh-jauh hari, maksimal dua minggu sebelum UAS dilaksanakan. Kalau dipersiapkan dari jauh-jauh hari maka belajar akan terasa santai namun mudah diserap oleh memori kita.

Banyak orang yang bilang kalau belajar dari jauh-jauh hari akan mudah lupa nantinya. Kita harus tahu bahwa belajar bukan menghafal tetapi memahami konsep. Kalau kita menghafal maka akan mudah lupa, akan tetapi apabila kita memahami konsep maka kita akan selalu memahami materi yang telah kita pelajari. Akan tetapi menurut saya menghafal sambil memahami konsep itu lebih baik.

Tips yang ke tiga, cukup membaca saja, dari membaca akan memberikan gambaran awal tentang materi yang akan dipelajari.

4. Tandai bagian materi yang dianggap penting


Apabila kita sedang belajar, jangan lupa siapkan stabilo di tangan. Kertika hendak membaca, coba tandai materi yang dianggap penting. Sehingga nantinya akan mudah menentukan bagian materi mana saja yang harus benar-benar dipahami.

5. Tidak malas untuk selalu mengulang


Banyak orang mengeluh bahwa mengulang mata pelajaran yang dipelajari itu membosankan. Padahal itu penting untuk memperkuat pemahaman kita terhadap suatu mata pelajaran. Begitupun saat mempersiapkan UAS. Pastikan selalu mengulang. Ingat, satu kali membaca suatu pelajaran itu tidaklah cukup.

6. Tuliskan hasil belajar anda


Setelah mempelajari suatu materi, maka kita harus menguji diri sendiri. Caranya yaitu siapkan kertas kosong, dan alat tulis lainnya, anggap saja saat itu kita sedang ujian. Lalu tuangkan dalam tulisan hasil belajar kita. Setelah ditulis coba cek, apabila ada yang salah atau lupa tidak tertuliskan maka kita harus kembali mempelajari bagian tersebut.

7. Berdoa


Ternyata belajar sungguh-sungguh saja untuk menghadapi ujian itu tidak cukup, melainkan harus dilengkapi dengan berdoa. Mintalah kepada Tuhan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Ingat usaha tanpa doa itu tidak cukup, begitupun sebaliknya.

Itu dia 7 tips untuk menghadapi ujian akhir sekolah, cukup sederhana bukan? Apabila dibaca saja artikel ini tidak akan memiliki manfaat yang berarti, oleh karena itu selain baca ayo praktekkan apa yang sudah disampaikan, selamat mencoba.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar