5 Tips Memotret Bayi

5 Tips Memotret Bayi

Sebagai orang tua, melihat proses tumbuh kembang sang buah hati merupakan moment yang luar biasa dan tidak terlupakan dalam hidup. Biasanya, para orang tua juga senang untuk mendokumentasikan proses tumbuh kembang anaknya ini mulai dari mereka bayi melalui media foto. Media foto memang banyak digunakan oleh semua orang untuk mengabadikan moment-moment berharga dalam hidup mereka. Salah satu moment berharga itu ialah saat orang-orang memiliki bayi. Tingkah lucu dan ekspresi menggemaskan dari para anak bayi memang sangat menarik untuk diabadikan dalam sebuah foto. Foto bayi juga bisa menjadi kenang-kenangan yang bisa selalu dilihat kembali sampai ketika bayi itu beranjak dewasa. Namun, memotret anak yang masih bayi tentunya memiliki tantangan tersendiri daripada memotret model orang dewasa. Nah, bagi anda para orang tua yang ingin mengabadikan bayi anda dalam sebuah foto, ada beberapa tips memotret bayi berikut ini yang bisa anda praktekkan.

[caption id="attachment_1194" align="aligncenter" width="635"]Tips memotret bayi Tips memotret bayi (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

1. Sabar menunggu moment yang tepat


Seorang bayi belum bisa diarahkan untuk dipotret. Bisa jadi si bayi justru cemberut atau menangis ketika anda memintanya tersenyum. Jadi, anda sebagai sang fotograferlah yang harus peka untuk menangkap moment-moment yang tepat. Kesabaran anda juga akan diuji ketika melakukan hal ini. Namun, jika anda jeli, anda pasti bisa mendapatkan ekspresi terbaik dari si bayi.

2. Jangan menggunakan flash


Flash atau lampu kilat biasanya digunakan untuk menambah pencahayaan saat memotret. Namun, jangan gunakan lampu flash ini ketika anda ingin memotret bayi. Mata bayi masih sangat sensitif terhadap cahaya seperti flash ini. Menggunakan flash justru akan membahayakan bagi si bayi. Jadi, cobalah cari cara lain untuk mendapatkan cahaya yang baik tanpa harus menggunakan flash

3. Pastikan si bayi sudah mengenal orang yang memotretnya


Apabila anda memang orang tua dari si bayi, tentu akan lebih mudah untuk memotret mereka karena mereka telah akrab dengan anda. Namun, jika anda meminta orang lain untuk memotret bayi anda, sebaiknya carilah orang-orang terdekat yang sudah dikenal oleh si bayi. Mungkin ayahnya, kakaknya, atau saudara-saudara dekatnya. Biasanya bayi akan merasa ketakutan apabila dipotret oleh orang baru yang tidak dikenalnya. Sebaliknya, apabila si bayi sudah akrab dengan orang yang memotretnya, dia akan lebih mudah untuk berekspresi lepas.

4. Gunakan properti-properti yang berwarna-warni


Foto bayi anda akan lebih bagus apabila anda berani untuk menggunakan properti-properti yang menarik. Untuk mendapatkan kesan ceria dalam foto, anda sebaiknya memilih properti dengan warna–warna yang cerah. Dengan menggunakan warna-warni ini, ekspresi keceriaan bayi anda akan semakin terlihat dalam foto yang anda ambil.

5. Memotret secara candid


Apabila bayi anda tidak terbiasa dengan kamera, cobalah memotret mereka secara candid. Memotret candid yaitu memotret dengan sembunyi-sembunyi tanpa diketahui oleh model yang dipotretnya. Memotret bayi secara candid juga bisa membuat anda mendapat ekspresi asli dan polos dari si bayi.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar