46 tips karir yang bisa anda pelajari dalam 3 detik

46 tips karir yang bisa anda pelajari dalam 3 detik

Saya tahu anda menginginkan tips karir yang luar biasa, tapi kadang-kadang, anda tidak memiliki waktu untuk membaca artikel yang panjang atau sebuah buku yang tebal. Tapi hari ini, anda sedang beruntung: saya merangkum beberapa tips karir terbaik dalam kalimat-kalimat pendek yang bisa anda pelajari dalam hitungan detik.

[caption id="attachment_1214" align="aligncenter" width="635"]Tips pengembangan karir Tips pengembangan karir (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Tips karir secara umum



  1. Kesan pertama dibuat dalam kurang dari 30 detik. Tampillah dengan percaya diri.

  2. Ingin meningkatkan kharisma? Fokuslah kepada energi dan optimisme.

  3. Anda seorang karyawan, anda merepresentasikan perusahaan anda, dan anda merepresentasikan diri anda sendiri. Tunjukkan yang terbaik.

  4. Tidak peduli apa yang menyebabkan anda stres, ia tidak mendatangkan hasil positif sampai anda belajar untuk mengelolanya.

  5. Jika anda melihat lebih dekat lagi, kebanyakan sukses di tempat kerja membutuhkan waktu panjang. Bersabarlah.

  6. Sebuah pekerjaan, sebagus apapun, tidak selalu memberi hidup anda makna yang sebenarnya. Carilah pekerjaan yang betul-betul memberi makna penting dalam hidup anda.


Tips Hubungan kerja



  1. Untuk bisa mempengaruhi orang lain, jadilah pendengar yang baik.

  2. Setiap orang yang anda temui adalah pintu potensial menuju peluang baru, secara personal atau profesional.

  3. Seseorang yang berada dalam posisi pendukung (asisten atau bawahan lainnya) bisa menjadi sumber informasi terbaik. Hargai mereka.

  4. Soft skill anda, seperti kemampuan bergaul dengan anggota tim atau menjadi orang yang menyenangkan di kantor, adalah skill yang perlu anda miliki.

  5. Agar bisa dilihat sebagai seorang pemimpin, anda harus tahu bagaimana cara menyikapi perubahan situasi.


Tips Mencari pekerjaan



  1. Orang yang sukses dalam pencarian kerja adalah orang yang mengembangkan kemampuan psikologis yang istimewa dalam hal melewati proses yang terkadang menyakitkan hati.

  2. Langkah pertama setelah terkena PHK adalah: ratapi nasib kemudian cepatlah move on.

  3. Anda cinta dengan pekerjaan anda? Bagus. Tapi tetaplah berusaha mencari pekerjaan lain. Tidak ada yang abadi, sewaktu-waktu anda bisa terkena PHK. Tidak ada salahnya bersiap-siap.

  4. Mengirimkan lamaran kerja pada hari senin bisa menambah peluang anda dalam mendapatkan pekerjaan.


Tips Resume/Melamar kerja



  1. Wahai para pencari kerja: jangan tuliskan tentang hobi aneh anda di dalam resume. Anda sedang mencari kerja, bukan mencari teman untuk melakukan hobi aneh bersama-sama.

  2. Resume anda haruslah sangat spesifik saat membicarakan soal pencapaian yang telah anda lakukan. Katakan tentang angka, fakta, dan nilainya.

  3. Jika anda ingin mengatakan kepada seseorang siapa diri anda yang sebenarnya, ruang di resume anda tidak akan pernah cukup. Katakan yang penting saja.

  4. Saat akan mengirimkan resume, hindari salah ejaan dan pikirkan tentang pesan secara umum yang ingin anda sampaikan.

  5. Dengan ruang yang begitu sedikit dan begitu banyak hal untuk diungkapkan, sangat penting untuk memilih kata-kata terbaik untuk anda gunakan dalam resume.

  6. Cerita tentang kenapa anda orang yang sempurna untuk posisi yang anda lamar adalah jauh lebih penting daripada panjang resume anda.


Tips Wawancara



  1. Hal pertama yang penting sebelum melakukan wawancara: apa yang membuat anda merasa spesial dibandingkan kompetitor.

  2. Baca dan pahami deskripsi pekerjaan yang anda lamar. Anda akan lebih bisa mendapatkan sesuatu yang sebelumnya telah anda pahami.

  3. Lakukan latihan. Duduklah di depan kaca. Bicaralah seakan-akan anda sedang berbicara kepada pewawancara. Lihatlah bagaimana anda bersikap. Apakah sikap anda sudah sopan dan mengesankan?

  4. Jangan menghindari kontak mata dengan pewawancara. Itu menunjukkan kelemahan.

  5. Kirim email ucapan terima kasih atau kartu yang anda tulis tangan kepada orang yang menerima anda bekerja. Tidak ada yang salah dengan mengungkapkan rasa terima kasih.


Tips Posisi Manajemen



  1. Perusahaan yang peduli tentang kultur mereka dalam bekerja, memiliki tingkat kesuksesan yang lebih besar dibanding perusahaan yang tidak mempedulikan kultur perusahaan. Apakah kultur perusahaan yang anda tangani?

  2. Banyak uang dihamburkan untuk rapat yang tidak diperlukan. Jangan adakan rapat untuk masalah yang tidak sangat penting.

  3. Sebagian karyawan baru menginginkan proyek besar segera setelah mereka bekerja. Bagaimana anda memperlakukan karyawan baru?

  4. Tips penting saat mewawancarai calon karyawan potensial: setelah kandidat menjawab pertanyaan, ambillah jeda. Jangan langsung memberinya pertanyaan berikutnya.

  5. Sebelum anda memutuskan untuk mendelegasikan suatu tugas, pastikan anda memahami apa yang anda delegasikan.

  6. Ingin menjadi seorang manajer yang lebih efektif? Pastikan anda tidak membuat janji-janji yang tidak bisa anda tepati. Siapa sih yang suka dengan orang yang suka ingkar janji?

  7. Tidak tahu bagaimana cara menangani feedback dari karyawan? Ambillah napas, telan ego anda, dan dengarkan mereka. Mungkin mereka tahu sesuatu yang anda tidak tahu.

  8. Jadilah atasan yang terbuka, jujur, dan adil kepada para karyawan anda. Anda membutuhkan kerja sama maksimal dari mereka, maka dari itu, hargailah mereka.


Tips Produktivitas



  1. Orang-orang yang paling produktif di dunia adalah orang-orang yang mampu mengelola energi mereka, bukan hanya waktu mereka.

  2. Desain kantor yang buruk bisa menghancurkan kreativitas dan produktivitas anda. Tata ruangan dan meja kerja anda secara rapih sehingga anda mudah mencari apa yang anda butuhkan.

  3. Waktu tidak akan kembali jika anda telah menyia-nyiakannya. Manfaatkan setiap detiknya. Akan selalu ada waktu untuk bersantai, tapi tidak saat bekerja.

  4. Katakan tidak kepada hal-hal yang tidak penting. Misalnya ajakan bercanda pada jam kerja. Itu bisa anda lakukan pada saat waktu istirahat.

  5. Matikan notifikasi dari sosial media saat sedang bekerja. Jika perlu, matikan saja smartphone anda yang fungsinya atau isinya tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Kalau memang sangat penting, teman atau keluarga anda akan menghubungi lewat panggilan telepon, bukan lewat sosial media atau ruang chating.


Tips Komunikasi



  1. Berurusan dengan customer yang marah? Hanya dengan menyebut namanya saat anda memberi tanggapan bisa membuat perubahan dalam sikapnya. Tapi yang lebih penting, jangan menanggapinya dengan nada yang juga emosional. Ingatlah bahwa customer adalah raja.

  2. Berlatihlah untuk meningkatkan skill public speaking anda. Anda membutuhkannya agar karir semakin meningkat. Posisi yang tinggi membutuhkan skill berkomunikasi yang juga tinggi.

  3. Mengakui kekurangan dan meminta bantuan bukanlah hal yang jelek. Bahkan bisa menjadi sarana bagi anda untuk meningkatkan kualitas diri, untuk belajar dari orang lain sesuatu yang sebelumnya tidak bisa anda lakukan sendiri. Tidak ada orang yang bisa segalanya.

  4. Berbicara kepada atasan berbeda dengan berbicara kepada rekan kerja. Jangan samakan gaya bahasa dan nada bicara anda saat berbicara kepada atasan dengan saat berbicara kepada rekan kerja atau bawahan.


Tips Sosial media dan blog



  1. Tidak peduli apa bidang pekerjaan anda, sosial media adalah alat yang bagus untuk menemukan kreativitas dan inspirasi. Bergabunglah bersama grup yang mempunyai bidang yang sama dengan bidang pekerjaan anda.

  2. Walau anda sudah memiliki pekerjaan, ikutilah akun Twitter atau Facebook perusahaan lain. Siapa tahu mereka membuka lowongan pekerjaan yang lebih baik dibanding pekerjaan anda sekarang.

  3. Buatlah sebuah blog tempat anda menuangkan ide-ide dalam bidang pekerjaan anda. Ini akan memberi nilai plus dan kesan bahwa anda sangat menguasai bidang keahlian anda.

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar