4 Tips Menghilangkan Kebiasaan Malas Beribadah

4 Tips Menghilangkan Kebiasaan Malas Beribadah

Menjadi pribadi yang rajin beribadah, sudah pasti menjadi dambaan bagi setiap manusia. Namun pada kenyataanya menjadi manusia yang rajin beribadah, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Selalu saja ada alasan yang menjadikan diri kita malas beribadah.

[caption id="attachment_1281" align="aligncenter" width="635"]Kiat menghilangkan kebiasaan malas beribadah Kiat menghilangkan kebiasaan malas beribadah Ilustrasi/wikipedia)[/caption]

Jika anda termasuk orang yang masih sering malas beribadah, tenang, tetap brusaha, dan jangan menyerah. Selalu ada solusi di balik setiap permasalahan. Berikut ini saya bagikan kiat menghilangkan kebiasaan malas beribadah.

  1. Menjadikan ibadah sebagai kebutuhan


Faktor pertama yang menjadikan kita malas beribadah ialah cara pandang kita terhadap ibadah itu sendiri. Kita sering beranggapan bahwa ibadah itu sebuah tuntutan atau kewajiban. Padahal pada prinsipnya, Tuhan menciptakan ibadah bukan untuk diri-Nya sendiri, akan tetapi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Terbukti dengan segala bentuk kebaikan ibadah yang kembali pada manusia. Meyakini ibadah sebagai kewajiban hanya akan menanamkan kenyakinan pada diri kita bahwa ibadah merupakan suatu beban. Maka dari itu hal pertama yang mesti kita lakukan untuk mengatasi masalah kemalasan beribadah ialah dengan menyakini bahwasanya ibadah merupakan sebuah kebutuhan, bukan lagi tuntutan ataupun kewajiban. Dengan demikian anda akan dengan suka rela beribadah atau bahkan semangat melakukan ibadah.

  1. Mengurangi kebiasaan menunda ibadah.


Hal kedua yang perlu kita lakukan untuk mengatasi kemalasan beribadah ialah mengurangi kebiasaan menunda ibadah. Semakin sering kita menunda ibadah, maka akan semakin bertambah pula kemalasan kita melakukannya di waktu berikutnya. Selanjutnya, perlu kita ketahui bahwasanya setan menggunakan kebiasaan kita menunda ibadah ini, sebagai cara mereka untuk melatih kita meninggalkan ibadah. Awalnya setan hanya menggoda kita untuk menunda ibadah, setelah kita terbiasa menunda ibadah, setan akan membujuk kita untuk meninggalkan ibadah, menakutkan bukan?

  1. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi.


Makanan merupakan sumber utama energi manusia. Dalam islam dikenal istilah keberkahan makanan. Makanan yang berkah ialah makan yang menghasilkan energi yang mudah untuk digunakan melakukan kegiatan positif atau kegiatan yang bersifat ibadah. Makanan yang berkah ini hanya terdapat pada makanan yang diperoleh secara baik dan benar (halal), dan tentunya tidak terdapat pada makanan yang diperoleh dengan cara tidak benar (haram). Maka dari itu, perhatikan betul apa yang anda makan, agar energi yang dihasilkan dari makanan yang anda makan mudah untuk digunakan beribadah.

  1. Mengingat tuhan.


Hal terakhir yang perlu kita lakukan untuk mengatasi masalah kemalasan beribadah ialah dengan sesering mungkin mengingat Tuhan. Dengan semakin sering kita mengingat Tuhan maka semangat kita untuk melakukan ibadah juga bertambah. Ada beberapa cara mudah agar kita senantiasa mengingat Tuhan. Salah satunya ialah mengingat kematian. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat kenyataan bahwa orang tua, lebih rajin dalam urusan beribadah ketimbang kaum muda. Hal itu dikarenakan dalam usia tua, seseorang akan lebih menyadari bahwa kehidupan manusia ada batasnya. Menyadari batas usia merupakan bagian dari mengingat Tuhan. Meski begitu kita tidak perlu menunggu sampai tua untuk sekedar mengingat Tuhan, Sesuatu yang baik, seperti mengingat Tuhan sangat dianjurkan untuk segera dilaksanakan (di usia muda).

Itulah kiat-kiat mengatasi masalah kemalasan beribadah, semoga bermanfaat untuk sahabat-sahabat semuanya.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar