4 Langkah Mudah Membuat pola atau tulisan pada kaca

4 Langkah Mudah Membuat pola atau tulisan pada kaca

Tanggal merah atau liburan menjadi waktu yang ditunggu bagi kebanyakan orang, banyak rencana yang akan dilakukan pada waktu libur, bahkan sudah direncanakan jauh sebelum libur tiba, masing-masing pekerja atau pelajar punya jawaban menyenangkan ketika ditanya tentang berlibur. Ada yang memilih pulang kampung, mengunjungi tempat wisata, pantai dan tempat-tempat lainnya yang membuat mereka sejenak meninggalkan kepenatan serta kejenuhan dari aktivitas mereka sehari-hari.
Langkah membuat tulisan pada kaca
Langkah membuat tulisan pada kaca


Berlibur memang menyenangkan, tapi bagaimana jika hari libur tiba tapi kita tidak punya rencana untuk pergi? Atau punya rencana tapi tidak terlaksana. Entah itu karena biaya, bingung harus pergi kemana, atau anda termasuk orang yang lebih senang menghabiskan libur bersama keluarga di rumah.

Rumahku adalah surgaku mungkin ini kata yang pas bagi anda yang lebih senang di rumah. Kita bisa memanfaatkan waktu libur dengan mempercantik rumah dengan mengubah ruangan supaya tidak jenuh, mengecat, menghias taman, mengganti bunga-bunga dengan yang baru, atau kita bisa juga mengunakan waktu libur dengan olahraga, karena tidak jarang orang malas berolah raga ketika jadwal pekerjaan padat, waktu libur menjadi waktu yang pas untuk anda yang belum sempat punya waktu berolah raga.

Dari semua kegiatan yang disebutkan ternyata Berlibur di rumah tidak akan membuat anda merasa jenuh jika kita memanfaatkannya dengan baik. Selain itu kita juga bisa berkreasi di rumah, kita bisa menggunakan barang bekas apa saja yang ada di rumah, seperti botol air mineral yang bisa digunakan untuk membuat bunga, membuat baju untuk boneka kesayangan dari perca-perca kain yang tidak terpakai, atau membuat pola serta tulisan cantik dari kaca.

Kaca mungkin salah satu benda yang rawan dipelihara, kita lantas membuangnya begitu saja. Kita sering berpikir bahwa kaca bisa melukai jika ada di sekitar rumah, memang kita perlu berhati-hati terutama ada si kecil di dalam rumah. Tetapi ternyata kaca, terutama yang tembus pandang bisa dijadikan kreasi saat kita liburan di rumah.

Kita bisa menghias kaca dengan aneka pola gambar atau tulisan yang cantik jika kita bisa mengkreasikannya dengan baik, selain mudah dibuat hiasan, kita juga tidak perlu banyak biaya yang dikeluarkan. Bahan-bahannya pun tidak sulit untuk dicari, tidak juga menunggu waktu yang lama dalam membuatnya, hasilnya pun bagus bila kita pintar dalam menghiasnya. Ini bisa dilakukan bersama adik, teman atau bahkan sendiri di waktu santai anda.

Berikut tips yang bisa anda coba di rumah ketika anda menemukan kaca tembus pandang yang tidak terpakai.

Bahan-bahan yang perlu anda di sediakan :

  1. Kertas

  2. Pensil

  3. Spidol

  4. Cat

  5. Kuas kecil

  6. Minyak cat

  7. Kaca tembus pandang

Setelah bahan-bahan disediakan, maka langkah selanjutnya yaitu:
1. Menentukan Pola atau Tulisan

Kita siapkan kertas dan pensil. Kertas yang kita gunakan pastikan ukurannya sama dengan kaca yang tersedia, tujuannya untuk mengukur gambar pola atau menentukan tulisan yang akan kita buat. Kita bisa menggunakan pola bunga, binatang, gambar alam dan sebagainya sesuai dengan apa yang kita inginkan. Bisa juga kita menulis kaligrafi, grafiti, dan apa saja yang ada dalam imajinasi kita.

Setelah kita menentukan gambar apa yang akan kita buat, contoh kita akan membuat kaligrafi, tulisan kaligrafi yang sudah rapih bisa kita pertebal dengan spidol.
2. Menyiapkan Cat

Cat akan memperindah tulisan yang kita buat, menambah warna pada gambar yang akan mempercantik karya kita. Tambahkan Cat dan tinner (Minyak cat) secukupnya, kita aduk sampai kekentalannya terasa cukup bila digunakan. Akan lebih indah jika kita menyediakan cat berbagai macam warna.
3. Membuat Pola atau Tulisan Pada Kaca

Kaca yang kita gunakan ialah kaca tembus pandang yang bertujuan agar tulisan dapat terlihat, kaca tembus pandang bisa kita dapatkan dari potongan kaca jendela yang tidak terpakai.

Tulisan kaligrafi yang sudah kita buat pada kertas, kita taruh di bawah kaca yang berukuran sama dengan kertas, setelah itu kita mulai menggambar kaligrafi yang terlihat pada kaca tersebut dengan menggunakan kuas dan cat sesuai pilihan kita, kita ikuti tulisanya dengan hati-hati jangan sampai keluar dari tulisan kaligrafi tersebut agar menghasilkan tulisan yang tampak rapih dan indah.
4. Menghias dengan Indah

Terakhir, kaca yang kini sudah berbentuk kaligrafi, sebelum kita memberikan hiasan pada kaligrafi tersebut, alangkah lebih baik diamkan sejenak sampai kering. Setelah beberapa menit menunggu dan hasil kaligrafi itu sudah mengering, kita bisa memulai menghiasnya sesuai keinginan kita. Kaligrafi yang indah itu bisa kita simpan dalam kamar atau sebagai pajangan di ruang tamu sesuai keinginan anda.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar