3 Tips Cara Berpikir Positif

3 Tips Cara Berpikir Positif

Banyak kita jumpai kalimat “Be Poitive!” yang menyuruh kita untuk berpikir positif. Banyak pula kita temukan orang-orang yang mengatakan bahwa sangat penting untuk berpikir positif. Sebenarnya, kenapa harus berpikir positif? Memang sepenting itukah?

[caption id="attachment_1198" align="aligncenter" width="635"]Cara berpikir positif Cara berpikir positif (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Willie Nelson mengatakan bahwa saat anda mengganti pikiran anda dari negatif ke positif, anda pun akan mendapatkan hasil yang positif. Selain itu, dengan berpikir positif jiwa anda dapat merasa lebih tenang karena pikiran negatif hanya akan membuyarkan fokus anda dalam menggapai mimpi yang ingin anda capai.

Ketika anda berkata “tidak bisa” maka anda tidak akan mencoba atau mungkin anda hanya diam lalu menyerah begitu saja. Ya, kata “tidak bisa” alias pikiran negatif hanya akan membuat anda menyerah. Jika saja anda mengatakan “saya bisa” bukannya “saya tidak bisa”, anda pasti akan terus berusaha mencoba atau meraih sesuatu hingga anda menggapainya.

Nah, agar anda dapat menyingkirkan berbagai pikiran negatif dan menggantinya dengan pikiran yang positif, anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini :

  1. Sugesti Diri Anda dengan yang Positif


Anda bisa mengawalinya di pagi hari ketika bangun dari tidur. Ketika bangun tidur, berdirilah di depan cermin, pandangi diri anda baik-baik, dan mulai lontarkan berbagai pikiran positif seperti “saya sangat bersemangat menyambut hari ini”, “presentasi saya akan berjalan lancar hari ini”, atau “Tuhan akan memberikan rezeki untuk tiap-tiap makhluknya”.

Selain di pagi hari ketika anda bangun dari tidur, anda juga dapat menyugesti diri anda dengan pikiran positif setiap waktu. Ketika anda sedang berusaha mengerjakan sesuatu, yakinlah bahwa anda bisa.

  1. Jangan Mengeluh dan Bersyukurlah


Di saat anda menghadapi situasi yang menjemukan dan dapat membuat anda stres berat, anda bisa mensyukuri situasi tersebut. Ya, kalau bisa mengganti dengan kata syukur mengapa harus mengeluh, kan?

Misalnya ketika anda gagal dalam ujian, anda dapat mengambil hikmah dan sisi positifnya. “Mungkin tidak sekarang tapi nanti”, “ujian saya memang gagal, tapi saya bukan orang gagal,” dan kalimat motivasi-motivasi lainnya untuk diri anda sendiri.

Contoh lainnya, jika anda punya kekurangan anda juga dapat mensyukuri kekurangan anda tersebut seperti “Terima kasih Tuhan, walaupun saya seperti ini tapi saya masih merasa lebih baik daripada orang-orang di luar sana yang mempunyai kekurangan lebih parah dari saya”

  1. Bayangkan


Membayangkan sebuah mimpi memang menyenangkan. Cobalah membayangkan mimpi anda tersebut. Misalnya anda ingin membeli mobil baru. Bayangkanlah warna mobil anda, bayangkan juga bagaimana suara derum mobil tersebut ketika anda menaikinya. Ketika anda membayangkan mimpi anda tersebut, tubuh anda akan jadi lebih rileks dan anda akan merasa sedikit bahagia. Ya, ketika anda merasa rileks dan bahagia anda dapat mengusir pikiran-pikiran negatif nan jahat yang ada dalam kepala anda.

Meski begitu anda harus tetap tidak boleh terlena oleh mimpi anda. Sah-sah saja untuk bermimpi, namun itu juga harus disertai usaha agar mimpi anda tercapai.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar