12 Tips agar menjadi orang yang selalu berpikir positif

12 Tips agar menjadi orang yang selalu berpikir positif

Ada banyak cara untuk menjadi orang yang selalu berpikir positif, bahkan ketika anda sedang mengalami kesedihan, kemarahan, atau kesulitan. Riset membuktikan bahwa kita memiliki kekuatan untuk memilih emosi positif dan cara kita dalam berpikir. Banyak dari pengalaman kita dalam kehidupan merupakan hasil dari bagaimana kita menginterpretasi dan merespon keadaan sekitar. Anda akan menyadari bahwa dengan beberapa latihan, kesabaran, dan keteguhan hati, anda bisa menjadi orang yang lebih positif.

[caption id="attachment_1254" align="aligncenter" width="635"]Tips agar selalu berpikir positif Tips agar selalu berpikir positif (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Terima diri anda sendiri


Anda tidak akan bisa mengubah cara anda berpikir jika tidak bisa (tidak mau) mengidentifikasi masalahnya. Menerima bahwa anda memiliki pemikiran dan perasaan negatif, dan bahwa anda tidak merasa senang dengan bagaimana anda merespon terhadapnya, bisa membantu anda dalam memulai proses perubahan.

Usahakan untuk tidak menghakimi diri sendiri mengenai pemikiran dan perasaan anda. Ingatlah bahwa pemikiran yang keluar dari kepala atau perasaan yang anda alami bukanlah sesuatu yang baik atau buruk, itu hanyalah pemikiran dan perasaan. Apa yang bisa anda kendalikan ialah bagaimana cara menginterpretasikan dan meresponnya.

Terimalah hal-hal mengenai anda yang tidak bisa anda ubah. Anda kemudian bisa mengembangkan karakter unik tersebut ke arah yang lebih positif. Berusaha untuk mengubahnya hanya akan menghasilkan kegagalan. Terima saja apa adanya.

  1. Buatlah suatu tujuan


Tujuan akan memberi kita pandangan yang lebih positif terhadap kehidupan. Riset menunjukkan bahwa memiliki tujuan bisa membuat anda merasa lebih percaya diri dan berpengharapan, bahkan meskipun anda tidak mencapai tujuan tersebut segera. Menentukan tujuan yang secara personal sangat bernilai bagi anda dan sesuai dengan nilai diri anda akan membantu anda dalam mencapainya.

Mulailah membuat suatu tujuan yang kecil dan mudah anda capai. Jangan langsung membuat tujuan yang terlalu besar karena akan membuat anda merasa lelah sebelum itu tercapai. Dan buat tujuan tersebut menjadi sangat spesifik.

  1. Praktekkan kebiasaan bersyukur


Bersyukur lebih dari sekedar perasaan, itu adalah perbuatan. Memiliki kebiasaan bersyukur akan sangat bagus untuk anda. Ia akan mengubah perspektif anda, dan hasilnya akan terus bertumbuh dengan semakin banyaknya anda melatih kebiasaan tersebut. Bersyukur akan membantu anda untuk lebih positif, meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain, mendorong perasaan kasih sayang, dan meningkatkan perasaan bahagia.

Berusahalah untuk mengenali semua hal kecil yang positif yang terjadi sepanjang hari. Misalnya, jika anda mendapatkan bantuan dari seorang teman untuk mengantarkan anda ke suatu tempat, atau jika anda tidak terjebak kemacetan saat pulang kerja, atau saat anak anda menyambut kepulangan anda dari kantor.

[Baca juga: 3 Tips Cara Berpikir positif]

  1. Memelihara optimisme


Optimisme akan meningkatkan harga diri, perasaan nyaman, dan hubungan dengan orang lain. Optimisme merupakan suatu cara untuk menginterpretasi dunia. Karena otak manusia sangat dinamis, maka anda dapat mempelajari cara yang berbeda dalam memberi interpretasi terhadap sesuatu. Sementara pemikiran yang pesimis cenderung melihat dunia dalam cara yang tidak bisa diubah.

Tapi optimisme juga harus tetap masuk akal. Sangat tidak realistis apabila anda baru pertama kali memegang gitar lalu seminggu kemudian berharap bisa mengadakan konser sendiri. Ekspektasi yang tidak realistis seperti itu hanya akan membuat anda kecewa. Optimisme yang benar ialah dengan mengenali realita dari situasi anda dan mengijinkan anda untuk mempersiapkan diri dalam menghadapinya.

  1. Belajarlah untuk membingkai kembali pengalaman-pengalaman negatif


Salah satu kesalahan yang seringkali dibuat oleh orang-orang ialah mencoba untuk menghindari atau mengabaikan pengalaman-pengalaman negatif. Ini bisa dimaklumi, karena pada level tertentu, itu sangat menyakitkan. Tapi, mencoba untuk menekan atau mengabaikan pengalaman-pengalaman ini hanya akan merusak kemampuan anda untuk berinteraksi dengannya. Sebagai gantinya, pertimbangkan bagaimana anda bisa membingkai kembali pengalaman-pengalaman negatif tersebut. Bisakah anda belajar darinya? Bisakah anda melihatnya dari sudut pandang berbeda?

  1. Gunakan tubuh anda


Tubuh dan pikiran terhubung satu sama lain. Jika anda merasa kesulitan untuk merasakan perasaan positif, itu bisa dikarenakan tubuh anda melawan diri anda. Cobalah untuk berdiri tegak. Tarik bahu ke belakang dan dorong dada ke depan. Hal ini benar-benar bisa membantu anda untuk merasa percaya diri dan optimis.

Tersenyum. Riset menyatakan bahwa saat anda tersenyum, apakah anda sedang merasa senang atau tidak, otak akan meningkatkan mood anda.

  1. Berolahraga


Berolahraga bisa membantu dalam melawan perasaan cemas dan depresi. Oleh karena itu, lakukan kegiatan olahraga setiap hari selama 15 – 30 menit. Anda tidak memerlukan seorang pelatih untuk membimbing anda, karena anda hanya perlu melakukan olahraga sederhana semacam berlari-lari kecil mengelilingi rumah, atau sekedar membersihkan sampah di pekarangan rumah bisa membantu anda untuk merasa lebih positif.

  1. Ciptakan kehidupan dari dalam diri


Jika anda ingin lebih sukses, fokuskan pada jalan yang telah memberi anda kesuksesan. Jika anda ingin menjadi lebih sehat, fokuskan kepada kebiasaan yang telah membuat anda sehat. Dan lain-lain.

  1. Lakukan hal-hal yang anda suka


Kedengarannya sederhana, tapi kadang sangat sulit untuk dilakukan. Anda mungkin sangat sibuk, jadi lakukan beberapa hal setiap hari yang secara konsisten membuat anda bahagia. Misalnya mendengarkan musik yang anda suka, membaca buku dari penulis favorit anda, berolahraga, melakukan hobi, atau menonton film kesukaan anda.

  1. Hindari pengaruh negatif


Pilihlah teman secara hati-hati. Teman-teman yang kita pilih untuk berada di sekeliling kita bisa memiliki efek besar terhadap cara pandang kita. Jika teman-teman anda selalu bersikap atau berkata negatif, maka anda pun akan terpengaruh untuk menjadi orang yang negatif. Maka lebih baik anda segera menghindari mereka dan mencari teman-teman lain yang lebih positif dalam menyikapi kehidupan.

Lakukan sesuatu yang bisa membuat anda merasa nyaman. Jika anda tidak merasa nyaman dalam melakukan sesuatu, kemungkinan besar anda akan merasa buruk atau merasa bersalah. Itu tidak akan membawa pengalaman yang positif. Belajar untuk berkata “tidak” terhadap sesuatu yang tidak ingin anda lakukan bisa membantu anda merasa lebih kuat dan lebih nyaman dengan diri sendiri.

  1. Berdamai dengan trauma masa lalu


Jika anda merasa selalu tidak bahagia, marah, atau negatif, anda mungkin memiliki beberapa masalah penting yang perlu ditangani segera. Carilah bantuan profesional dalam berinteraksi dengan trauma, seperti kekerasan emosional pada masa lampau, tekanan batin, kekecewaan, atau kehilangan sesuatu atau seseorang yang anda sayangi.

  1. Jangan takut dengan kegagalan


Satu-satunya hal yang perlu kita takuti ialah rasa takut itu sendiri. Ya, kita akan membuat kesalahan dan terjatuh. Tapi bukan itu yang perlu diperhatikan, melainkan bagaimana cara kita untuk bangkit kembali. Jika kita memiliki ekspektasi untuk sukses, dan kita tidak merasa takut dengan kegagalan, kita memiliki kesempatan terbaik untuk terus bersikap dan berpikir positif sepanjang perjalanannya.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar