12 Cara untuk menjadi orang yang lebih disukai di tempat kerja

12 Cara untuk menjadi orang yang lebih disukai di tempat kerja

Akan selalu ada orang di dalam kehidupan anda yang sangat anda kagumi, misalnya rekan kerja yang lucu tapi juga pintar, bos yang sangat pantas dihormati karena memiliki etos kerja yang luar biasa, atau bahkan seorang office boy yang sanggup membuat siapa saja orang di dalam kantor untuk tersenyum (bahkan dalam hari buruk sekalipun).

[caption id="attachment_1227" align="aligncenter" width="361"]Agar disukai di tempat kerja Agar disukai di tempat kerja (Ilustrasi/soft9000)[/caption]

Bisa juga orang itu diri anda sendiri. Semua orang di kantor merasa senang dengan kehadiran anda. Menjadi orang yang disukai oleh orang lain tidak selalu membutuhkan hal-hal yang luar biasa di dalam diri kita. Memperoleh respek di tempat kerja, atau memiliki banyak teman tidak hanya untuk orang-orang yang spesial. Itu merupakan suatu skill yang bisa dimiliki oleh semua orang, jika memiliki kemauan untuk mengasahnya.

Jadi, bagaimana caranya menjadi orang yang seperti itu? 12 perilaku individu yang disukai oleh banyak orang berikut ini akan mengubah perspektif anda:

  1. Orang yang disukai itu tidak takut untuk mengajukan pertanyaan, seperti misalnya “Bagaimana saya bisa bantu?” atau “Bagaimana menurut anda?”

  2. Orang yang disukai adalah inklusif; tidak peduli mereka berada dimana atau apa yang sedang mereka lakukan, mereka selalu bisa melibatkan diri dengan orang lain.

  3. Orang yang disukai tahu kapan, dan kapan tidak, untuk bicara saat rapat, khususnya saat mereka bicara hanya untuk mengeluarkan suara saja.

  4. Orang yang disukai itu mau membantu para pemula, bahkan bos baru yang sedang beradaptasi di tempat kerjanya.

  5. Orang yang disukai itu menerapkan keahlian umum mereka dalam pekerjaan bahkan meskipun keahlian itu tampak tidak berkaitan sama sekali.

  6. Orang yang disukai itu tahu apa yang harus dikatakan pada waktu yang tepat (frase yang terpenting ialah “Terima kasih!”)

  7. Orang yang disukai itu melakukan hal-hal baik setiap hari (meskipun kecil dan remeh), seperti misalnya mencuci gelas sendiri di dapur kantor.

  8. Orang yang disukai itu pada dasarnya pintar secara emosional, yang artinya mereka bukan hanya jeli terhadap emosi mereka sendiri, tapi juga sensitif terhadap emosi orang lain.

  9. Orang yang disukai itu memiliki hal lain yang lebih baik untuk dikatakan selain daripada kata-kata “Jangan khawatir” saat orang lain sedang gelisah. Misalnya dengan memberi nasehat dan dukungan moril yang lebih bernilai.

  10. Orang yang disukai itu tahu cara yang sopan untuk “mematikan” orang negatif.

  11. Orang yang disukai itu juga tahu cara untuk memberi kritik tanpa terdengar merendahkan.

  12. Yang terakhir, orang yang disukai itu tahu kapan saat yang tepat untuk menjadi orang yang kalem dan menyenangkan, dan kapan saatnya untuk menjadi seseorang yang tegas dan kuat.

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar