10 Tips Tinggal di Pesantren

10 Tips Tinggal di Pesantren

Pesantren merupakan salah satu tempat untuk menuntut ilmu yang di masa sekarang banyak dipilih oleh para orang tua. Kebanyakan orang tua sangat bangga apabila anak-anaknya bersedia untuk tinggal dan menuntut ilmu di pesantren, karena di masa modern ini sulit rasanya untuk memperkenalkan anak-anak pada pengetahuan tentang agama. Bahkan sekarang di wilayah Indonesia sudah bertebaran sekolah-sekolah yang berbasis pesantren.
Tips tinggal di pesantren
Tips tinggal di pesantren (Ilustrasi/Salah satu pesantren di Indonesia/wikipedia)


Tinggal di pesantren tidak seperti di rumah, oleh karena itu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan bagi siapapun yang akan menuntut ilmu di pesantren diantaranya:
1. Memiliki Niat

Apapun yang akan dilakukan semuanya harus diawali dengan niat. Begitupun ketika tinggal di pesantren, tentu niat yang paling utamanya ialah menuntut ilmu. Memiliki niat itu penting, karena akan membantu siapapun yang mulai tergoda oleh rasa bosan dalam melakukan suatu kegiatan. Sehingga nantinya niat ini akan berubah menjadi sebuah motivasi diri.
2. Mempersiapkan Mental

Niat dalam diri seseorang akan lebih kokoh apabila disertai mental yang kuat. Tinggal di pesantren tidak senyaman tinggal di rumah loh. Sebagai santri dianjurkan memiliki pribadi yang mandiri, tidak manja, dan sederhana. Berbagai macam godaan akan ditemukan, biasanya oleh santri-santri baru, misalnya tidur yang tidak nyaman karena yang biasanya satu kamar sendiri, sedangkan di pesantren satu kamar bisa dihuni oleh lima sampai sepuluh santri. Berbagai antrian yang harus dilalui seperti mengantri mandi, makan, nyetrika, dan antrian lainnya yang memerlukan kesabaran.
3. Mengikuti peraturan yang berlaku

Setiap lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal biasanya masing-masing memiliki aturan yang berlaku, begitupun dengan pesantren. Aturan di pesantren biasanya terdengar berat oleh para santri tetapi itu diaplikasikan agar menumbuhkan pribadi yang disiplin serta hidup berdasarkan pada syariat islam. Adapun aturan yang biasanya diberlakukan di pesantren yaitu dilarang berhubungan akrab dengan lawan jenis, dilarang membawa telepon genggam, tidak memakai pakaian ketat, berkata kasar, dan sebagainya. Barang siapa yang melanggar peraturan maka akan dikenakan tajir (hukuman) yang disesuaikan dengan seberapa besar kesalahan yang dilakukan oleh santri tersebut.
4. Pintar bersosialisasi

Sebagai santri yang pertama kali masuk ke pesantren, pastinya akan merasa asing dengan suasana pesantren yang berbeda dengan dunia di luar sana. Akan tetapi kita tidak perlu khawatir, dengan kemampuan beradaptasi dan bersosialisasi yang baik dengan lingkungan tersebut, maka akan mudah bagi para santri baru untuk merasa nyaman tinggal di pesantren. Memiliki teman yang banyak merupakan salah satu cara untuk merasa nyaman tinggal di pesantren. Berbeda dengan mereka yang pendiam sehingga sulit bersosialisasi, biasanya akan tidak merasa nyaman tinggal di pesantren.
5. Jaga barang-barang pribadi sewaspada mungkin

Bukan maksud berprasangka buruk dengan orang-orang yang ada di pesantren, tetapi kalau kita waspada terhadap barang pribadi apalagi yang berharga seperti uang tidak ada salahnya kan? Ingat manusia itu tidak sama.
6. Biasakan bangun pagi bahkan dini hari

Kenapa harus bangun dini hari? karena bukan pesantren kalau bangunnya di siang bolong, biasanya di sebuah pesantren selalu dikenal kegiatan shalat malam, kemudian karena budaya mengantrinya kita harus berlomba-lomba paling cepat dalam melakukan apapun baik itu mandi, mengambil makan, agar tidak terkena antrian yang terlalu panjang dan menghambat kegiatan lainnya.
7. Bersikaplah sebagaimana santri yang soleh dan solehah

Ini merupakan bagian yang wajib diaplikasikan ketika tinggal di pesantren salah satu caranya yaitu, dengan berpakaian yang rapi seperti menutup aurat bagi para santri perempuan, bertutur kata yang baik, bagi santri perempuan menundukkan kepalanya ketika berpapasan dengan santri laki-laki, menjunjung tinggi nilai sopan santun, dan sebagainya.
8. Hormati guru

Menghormati guru merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki oleh santri, karena mereka sudah begitu baik dan sabar mengajarkan agama kepada para santrinya.
9. Saling menyayangi satu sama lain dengan teman

Di pesantren para santri jauh dari orang tua, maka apabila sakit atau dalam kesulitan, temanlah yang dapat memberikan bantuan pertama kepada kita. Oleh karena itu kepada sesama teman yang sedang sama-sama berjuang menuntut ilmu kita harus saling menyayangi.
10. Bersikap Mandiri

Di pesantren kita dituntut untuk bersikap mandiri, semua dilakukan oleh diri kita sendiri, bisa saja dibantu orang lain, tapi apakah kita harus selalu bergantung kepada orang lain? Tentu jawabannya tidak. Selain itu di pesantren kita sebagai para santri diajarkan untuk hidup sederhana dan tidak berfoya-foya, ingat tujuan utama kita ke pesantren ialah menuntut ilmu.

Itulah beberapa tips bagi siapapun yang ingin tinggal di pesantren. Mungkin itu hanya beberapa, karena bisa saja masih banyak lagi tips-tips lainnya yang berhubungan dengan pesantren, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar