Tips dan Teknik Dasar Dalam Menulis

Tips dan Teknik Dasar Dalam Menulis

Saat ini banyak orang yang mencari pekerjaan freelance untuk menambah penghasilan. Salah satu pekerjaan freelance yang banyak diminati oleh mereka ialah menjadi penulis freelance. Karena mereka menganggap pekerjaan menulis ini sangatlah mudah, tidak diperlukan keahlian khusus. Menulis merupakan kegiatan yang hampir setiap hari dari semua orang di dunia ini melakukannya.

[caption id="attachment_1127" align="aligncenter" width="635"]Tips dan teknik dasar menulis Tips dan teknik dasar menulis (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Tapi, sebenarnya menulis bukanlah pekerjaan yang mudah seperti yang mereka pikir. Walaupun dalam seni tulis menulis ini tidak diperlukan keahlian khusus seperti pekerjaan freelance lainnya, namun ada beberapa hal dalam teknik menulis yang perlu diperhatikan. Memang yang perlu diperhatikan dalam tulis menulis ini ialah hal yang sangat sederhana, tapi banyak dari mereka yang tidak menyadari hal tersebut, dan mengabaikannya. Ini yang sangat memprihatinkan, kebiasaan dari kita ialah menganggap sepele hal yang terlihat kecil dan sederhana, namun memiliki peranan yang cukup penting dalam seni tulis menulis. Apa lagi jika kita ingin menjadikan seni tulis menulis tersebut sebagai pekerjaan, maka hal ini harus diperhatikan.

Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam tulis menulis?


Sebelum kita mulai menekuni pekerjaan sebagai penulis, ada baiknya memperhatikan teknik dasar dalam menulis. Di bawah ini teknik dasar dalam tulis menulis yang harus diperhatikan :

  1. Penggunaan kalimat dan kata-kata yang baik sesuai dengan EYD. Kata-kata baku namun mudah dicerna oleh pembaca.

  2. Penempatan tanda baca harus sesuai dengan kalimat yang disampaikan, seperti tanda koma (,), tanda titik (.), tanda seru (!) dan tanda tanya (?).

  3. Penggunaan huruf kapital atau biasa disebut huruf besar. Huruf kapital atau huruf besar biasa digunakan saat awal kalimat, menulis nama depan seseorang, menulis nama tempat ataupun gelar. Contoh kalimat : Besok acara pelantikan dilaksanakan di Puncak, Bogor. Acara pelantikan dipimpin oleh Bapak Dedi S.E.

  4. Penggunaan (di) . Memang benar, dalam penggunaan (di) jika salah, tidak mengubah pesan pada sebuah artikel, namun terkesan penulis tersebut tidak profesional. Dalam penggunaan (di) ada dua cara. Yang pertama (di) sebagai kata depan, yang kedua (di) sebagai kata awalan. Kata (di) sebagai kata depan penggunaannya dipisah dan diikuti kata benda yang menunjukkan sebuah tempat. Contoh : di rumah, di kebun, di Surabaya. Kemudian (di) yang kedua sebagai kata awalan. Penulisannya disambung dengan kata yang mengikutinya. Seperti kata kerja, kata sifat, yang tidak menunjuk aspek lokasi atau menunjukan sebuah tempat. Contoh : dibutuhkan, dimiliki, disampaikan.


Itulah sedikit teknik-teknik dasar dalam menulis yang dapat saya berikan dan perlu diperhatikan dalam menulis sebuah artikel. Memang, menulis itu mudah dan siapa saja dapat melakukannya, tapi tidak semudah dalam penerapannya. Ada yang harus diperhatikan, baik dalam teknik menulis maupun dalam penyampaiannya, baik setting dan alur semua harus sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dan, yang paling penting adalah karya tulis tersebut keasliannya terjamin milik kita bukan hasil copy paste karya tulis orang lain.

Pekerjaan menjadi seorang penulis lepas atau freelance writer sekarang ini bukan lagi hal yang sulit. Ruang untuk memulai menjadi penulis lepas semakin banyak, terutama penulis lepas online. Semakin berkembangnya internet di negara ini, membuka banyak kesempatan untuk menjadi penulis lepas dengan menulis pada sebuah blog atau halaman pada sebuah website. Semua tergantung dengan diri kita sendiri, untuk dapat membaca peluang tersebut.

Latih kemampuan menulis kamu, dengan membiasakan diri menulis minimal 400 kata setiap hari. Dengan begitu, kemampuan menulis kamu akan lebih terasah dan kosakata yang kamu punya pun meningkat. Semakin kamu sering menulis, maka kamu akan menemukan banyak hal yang ingin kamu tulis. Kamu bisa memulai melatih kemampuan menulis kamu dengan menulis puisi, cerpen, dan masih banyak lagi yang bisa kamu tulis.

Mulailah menjadi penulis yang baik, sekalipun penulis pemula ataupun penulis lepas, tapi kamu memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi penulis profesional, dengan menunjukkan kualitas karya tulis kamu. Terus gali kemampuan kamu dalam menulis, jangan pernah bosan untuk belajar. Perbanyak membaca untuk mendapatkan ide-ide baru atau referensi untuk menulis sebuah artikel atau jenis karya tulis lainnya. Sekali lagi, perhatikan teknik-teknik dasar dalam menulis dan jangan pernah sekalipun kamu mencontek karya tulis orang lain.

Menulislah dengan hatimu, karena dengan begitu kamu akan menemukan dirimu dalam karya tulis yang kamu buat. Saya memang bukan penulis profesional, tapi setidaknya tulisan yang saya buat ini, semoga dapat bermanfaat untuk yang membacanya. Apapun yang kamu tulis, tulislah dengan jujur dan jadi diri sendiri, jangan takut untuk mencobanya. Kalau kamu tidak mencoba untuk membuat karyamu sendiri, bagaimana kamu akan tau kemampuan menulis kamu?

Selamat menulis...!!!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 komentar

Artikel yg menarik...makasih buat ilmunya, saya jd tau apa aja yg hrs diperhatikan dlm menulis.

Balas

Artikel yg membantu, thanks...

Balas

Bagus...

Balas