Cara Membuat Es Krim yang Mudah, Praktis, dan Lezat

Cara Membuat Es Krim yang Mudah, Praktis, dan Lezat

Siapa sih yang gak suka dengan kelezatan makanan yang satu ini? Semua orang pasti menyukai makanan yang satu ini. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa pun suka dengan kelezatannya yang memiliki varian rasa yang banyak. Mungkin semua orang sudah tidak asing lagi dengan makanan yang biasa disebut es krim ini bukan?

[caption id="attachment_1150" align="aligncenter" width="635"]Cara Membuat Es Krim yang Mudah, Praktis, dan Lezat Cara Membuat Es Krim yang Mudah, Praktis, dan Lezat (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Seiring berkembangnya teknologi, kini es krim sudah memiliki banyak varian rasa dan banyak jenisnya sehingga membuat semua orang tidak akan bosan untuk mencobanya. Biasanya kita akan menemukan jajanan es krim ini mulai dari pinggiran jalan hingga ke super market, bahkan biasanya sudah ada tempat makan atau cafe gitu yang hanya menjual es krim saja. Tempat untuk esnya saja sekarang sudah bevariasi dan beraneka macam bentuk.

Biasanya orang-orang akan lebih banyak membeli es krim ketika di siang hari di saat cuacanya panas terik. Cocok banget pokoknya kalau cuacanya panas terik langsung makan es krim tuh rasanya udah gak bakalan kebayang lagi deh. Kadang-kadang orang yang lagi pengen ngilangin stres aja sembuhnya dengan minum es krim saja langsung normal lagi tuh kondisi tubuh.

Mendapatkan es krim yang lezat itu ternyata tidak selamanya kita harus pergi ke tempat yang jauh dengan harga yang mahal yah. Bahkan kalo kita mau mencobanya sebenarnya es krim yang lezat itu kita bisa bikin sendiri loh di rumah. Apabila kita ingin mencobanya di rumah kita bisa mendapatkan beberapa keuntungan juga dibanding dengan membeli di tukang es krim. Selain menghemat ongkos kita juga bisa memilih rasa sesuai selera, cara membuatnya juga mudah dan praktis, bahan-bahan yang digunakan juga mudah dicari kok. Jadi mulai sekarang kita gak usah repot-repot pergi keluar rumah untuk menyantap kelezatan dari es krim.

Mungkin beberapa orang berpikiran kalau membuat es krim itu susah. Selain itu bahan-bahan yang digunakan akan sulit dicari dan peralatan yang digunakan juga harus peralatan yang canggih. Buanglah jauh-jauh pikiran seperti itu dari diri Anda karena disini akan diberikan resep jitu untuk membuat es krim yang lezat, mudah dan praktis. Cukup dengan memakai bahan-bahan yang mudah ditemukan dan peralatan yang sederhana kita bisa membuat es krim yang lezat sesuai dengan rasa yang kita inginkan.

Berikut resep yang bisa dicoba di rumah oleh kalian semua. Jika selama ini kita selalu membeli es krim dari luar, maka mulai sekarang kita bisa mempraktekannya sendiri untuk membuat es krim di rumah. Kelezatan es krim yang dibuat sendiri tentunya akan menyesuaikan porsi yang kita inginkan. Sehingga bisa dibuat untuk dikonsumsi sendiri, disantap bareng keluarga tercinta, maupun sebagai jamuan tamu ataupun teman yang berkunjung ke rumah. Jika Anda tertarik untuk membuatnya, yuk dibaca dulu resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan:

  1. Susu kental manis (full cream lebih baik) sebanyak 1 kaleng.

  2. Putih telur sebanyak 1 butir.

  3. Tepung maizena sebanyak 1 sendok makan.

  4. Air secukupnya.

  5. Susu cair sebanyak 2 kaleng.

  6. Pewarna makanan secukupnya (sesuai selera)

  7. Vanilli bubuk sebanyak 2 sendok teh.

  8. Gula pasir sebanyak 100 gram.

  9. Bahan campuran sesuai keinginan atau selera (durian, jeruk, strawberry, keju, cokelat, dan lain-lain).


Cara membuat:

  1. Gunakan satu buah wadah dan mixer untuk mengocok gula, vanilli, dan putih telur sampai berwarna putih (apabila tidak punya mixer bisa menggunakan kocokan secara manual asalkan kecepatan tangan untuk mengocoknya konstan supaya hasil kocokannya bagus).

  2. Panaskan susu kental manis dengan susu cair dengan api sedang (jangan sampai susu pecah-pecah) dan diaduk hingga mendidih.

  3. Cairkan tepung maizena dengan mencampurnya dengan air secukupnya di mangkuk atau gelas kemudian tambahkan ke adonan susu yang sedang dipanaskan sambil terus diaduk-aduk hingga rata.

  4. Masukan adonan gula, vanilli, dan putih telur yang sudah dimixer ke dalam adonan susu dan aduk-aduk hingga adonan tercampur rata semuanya.

  5. Setelah mendidih dan semua adonan tercampur dengan rata maka kompor dimatikan dan adonan diangkat.

  6. Sambil menunggu dingin, adonan terus diaduk supaya tidak menggumpal.

  7. Setelah adonan dingin, masukkan campuran yang diinginkan untuk menambah kelezatan rasa sesuai selera.

  8. Tuang adonan ke dalam wadah atau cetakan es krim.

  9. Masukkan adonan ke dalam freezer sampai membeku.

  10. Es krim siap untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.


Kreasikan sendiri untuk rasanya sesuai keinginan sendiri. Komposisi bahan bisa saja diubah tergantung selera dan banyaknya porsi yang akan kita buat. Jangan pernah malas ataupun takut untuk mencobanya untuk membuat es krim lezat yang kita inginkan.
Selamat mencoba semoga bisa mendapatkan es krim sesuai yang diinginkan...
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar